Roy Suryo: Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia

Dialog terbuka antara Blogger dan Roy Suryo akhirnya digelar di ruang teater Budi Luhur dengan kapasitas 250 orang penuh. Kebanyakan penonton rupanya dari kalangan mahasiswa BL sendiri. Tidak banyak wajah wajah familiar yang bisa saya kenali.

Salah satunya adalah Wazeen dan Caplang yang pernah komen di Blog saya. Semula saya pikir Caplang itu nama minyak angin tapi ternyata memang kupingnya caplang… hehe.. hush.

AbimanyuRiyogartaAbimanyu Panca Kusuma seorang praktisi IT dan juga Blogger bertindak sebagai moderator. Riyogarta sebagai pembicara Blogger sejak awal memberitahu bahwa dia hanya mewakili pribadi dirinya dan tidak mengatasnamakan komunitas Blogger. Setuju.

Sebelum acara dibuka panitia mempersilakan Rektor Universitas Budi Luhur, Prof Ronny Nitibaskara, untuk memberi sambutan yang panjang dan membosankan. Maklum Pak Rektor ini Guru Besar Kriminologi Universitas Indonesia, jadi sambutannya panjang lebar seperti kuliah saja.

Beliau juga menyampaikan pesan salah satu mahasiswa bimbinganya yang katanya musuhnya Roy Suryo dan sedang menyelesaikan program doktornya untuk bidang Cyber Crime. Roy bilang kenal betul siapa Petrus dan mereka katanya berteman sekaligus bermusuhan (kok bisa yah?)

Setelah Pak Rektor selesai memberi sambutan, kemudian moderator Abimanyu memulai acara dengan perkenalan yang bertele-tele. Memang ada humor sedikit disana sini yang membuat penonton tertawa tapi sesunguhnya kami sudah tidak sabar menunggu acara dialog dimulai.

Roy Suryo dipersilahkan oleh moderator untuk memulai dan Roy menceritakan kenapa ia bersedia hadir, tak usah saya ceritakan detailnya karena rada retorik, terkecuali cerita tentang peran Mas Wicaksono sebagai penghubung diawal awal antara dirinya dan Riyogarta.

Dia juga maunya Mas Wicak ini yang jadi moderator tapi rupanya Ndoro Kakung ini jam 9 pagi belum bangun katanya. Roy bilang Mas Wicak itu guyon, tapi kalo orang yang gak ngerti guyonnya maka akan dibilang sombong, “kok untuk acara penting gini jam 9 belum bangun”, ungkap Roy memberi contoh ekspresi orang yang gak ngerti guyonnya Mas Wicak. Mungkin Roy mau protes sama Mas Wicak tapi dengan cara seperti itu.

Kemudian dialog dimulai dengan penjelasan dari Riyogarta tentang topik dialog semula bukanlah “Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia”, judul topik tersebut adalah pilihan dari Roy Suryo. Kemudian Riyo melanjutkan dengan membuka slide situs detikINET yang memuat:

Siapa ‘mereka‘ yang dimaksud Roy? “Kelompok blogger dan hacker yang selalu bertindak negatif adalah pelakunya. Hal ini membuktikan, yang namanya blogger dan hacker Indonesia belum bisa mencerminkan citra positif,” tegas Roy kepada detikINET, Kamis (27/3/2008).

Riyo kemudian mempertanyakan apa masuk dari pernyataan tersebut, siapa yang dimaksud dengan “mereka”, kata Riyo.

Dimulai dengan cengar cengir yang khas, Roy kemudian menjawab bahwa sebuah media sering kali membutuhkan headline yang Eye Catching. Sehingga apa yang dia lakukan itu semata mata adalah sebuah teknik komunikasi. Itu intinya, kemudian ia melanjutkan dengan penjelasan yang panjang lebar dan berputar putar tentang hal hal yang menurut saya tidak terlalu berhubungan dengan pertanyaanya.

Demikian seterusnya pertanyaan demi pertanyaan diajukan dan dijawab dengan teknik yang sama, berputar putar yang sering kali diakhir putaran tidak menjawab pertanyaannya. Saya jadi geretan. Diperparah lagi oleh moderator yang menurut saya terlalu banyak mengambil waktu untuk menjelaskan sejarah media di Internet. Mohon maaf Mas Abim tapi ini suatu perasaan subyektif saja, siapa tahu yang lain malah seneng :-)

Ada satu poin penting yang disampaikan oleh Abimanyu disini yaitu ketika paparannya sampai pada Blog dimana Abimanyu mempertanyakan seberapa besar jumlah Blogger Negatif tersebut. Tapi itu bukan untuk dijawab Roy. Abim melanjutkan kembali paparannya hingga selesai.

Diskusi berlanjut lagi. Secara umum argumentasi dasar Roy adalah pers yang salah dalam mengutip pernyataanya. Salah satu contohnya pernyataan tentang Blogger tukang tipu. Penjelasan Roy sebenarnya panjang lebar tentang Blogger dan tidak semuanya jelek, cuma diakhir pernyataan dia memang bilang ada Blogger yang jadi tukang tipu. Nah lantas media mengutip hanya bagian akhirnya saja, sehingga mengundang reaksi dari para Blogger.

Ketika disanggah oleh Riyo bahwa wartawan sekelas Kompas dan Tempo kecil kemungkinannya untuk salah mengutip. Roy mengatakan bahwa ia orang yang apa adanya, jika A dia katakan A, jika B dia katakan B, dan dia bertanggung jawab dengan semua pernyataanya itu.

Riyo menyanggah lagi dengan mengatakan, aneh kalau salah kutip terjadi secara massal, biasanya kalau cuma satu media salah dan yang lain benar ada kemungkinan salah kutip yang satu itu.

Seperti biasa Roy melanjutkan dengan panjang lebar tentang sulitnya membuat pernyataan didepan wartawan agar mudah dikutip dan jelas. Dia tak bisa berbuat apa apa kalau memang wartawannya salah mengutip, contohnya dia diwawancara tentang teknik Flagging yang oleh wartawan keliru di kutip menjadi tenik Flaring. Kalau sudah begitu salah siapa katanya?

Dalam penjelasannya yang panjang lebar tersebut kemudian Roy sampai pada pembahasan mengenai keberadaan Blogger Negatif. Roy mengatakan adalah benar Blog itu sebuah media yang sangat bermanfaat tapi juga bisa berbahaya bila penulis Blognya tidak bertanggung jawab dengan tulisannya yang menjelek jelekan orang lain.

Kemudian Riyo mempertanyakan apakah Roy alergi dengan yang namanya Anonymous. Roy tersenyum manis lantas bilang itu kan menurut Mas Riyo saja. Seperti biasa Roy tak menjawab pertanyaan itu.

Sebelum sesi tanya jawab Riyo mempersembahkan hadiah berupa sebuah account blog dengan domain roy.suryo.info. Riyo kemudian membujuk Roy untuk mau menggunakan account blog itu untuk nulis bagaimana menjadi Blogger Positif atau paling tidak membuat klarifikasi atas semua pelintiran media atas dirinya.

Roy yang sejak tadi sudah memberi wejangan falsafah tentang menghargai pilihan orang lain dalam memilih media, kini berdiplomasi dengan mengatakan bahwa bagaimana dia memutuskan, itu soal pilihan tanpa mengatakan ya atau tidak.

Riyo kemudian menyergah dengan mengatakan Roy tidak usah banyak alasan, Roy telah memberi label Blogger Negatif sekarang tolong beri kami contoh bagaimana menjadi Blogger yang Positif. Diskusi menjadi memanas yang ujung ujungnya dilerai oleh moderator.

Kemudian sesi dilanjutkan dengan pertanyaan dari penonton. Pertanyaan demi pertanyaan dari anak Binus yang teleconference dan dari anak Budi Luhur. Kemudian ada satu pertanyaan yang membuat Roy mulai bernada suara agak tinggi.

BannerPertanyaan dari seorang Blogger bernama Syam yang mempertanyakan sikap Roy yang seolah olah kini mengkambing hitamkan PERS. Disaat yang sama Riyo membuka slide yang berisi postingan Blognya Ndoro Kakung yang ada Banner dengan tulisan “Jangan Kutip Roy Suryo Daripada Dibilang Salah Kutip“.

Roy mengatakan no problem buat dia wartawan gak mau ngutip dia. Roy malah bilang kalau memang begitu para wartawan sebaiknya mengutip Blog. Saya gak usah dikutip gak papa katanya. “Biarlah masyarakat yang mengakreditasi Blog Blog itu mana yang layak dikutip dan mana yang tidak”, lanjut Roy.

Menanggapi pertanyaan JaFF seorang wartawan yang menyampaikan keluhan Mas Koencoro di pertemuan Depkominfo kemarin bahwa label Blog itu negatif telah merusak citra Blogger sehingga ketika Mas Koen masuk kede desa, dipesantren pesantren mereka menolak materi Blogging karena menurut Roy Suryo, Blog itu adalah hal yang negatif.

Roy kemudian menjawab bahwa itu tergantung dari bagaimana cara kita memperkenalkan IT kepada para penduduk di desa desa, seperti biasa dia kemudian cerita panjang lebar tentang pengalamannya masuk pesantren, gereja dan wihara memperkenalkan IT.

***

Pertanyaan demi pertanyaan oleh penonton, jawaban demi jawaban oleh Roy, celetukan demi celetukan oleh Riyo dan paparan tentang Blog adalah sebuah pohon dari Abimanyu membuat saya mulai bosan dan merasa dialog ini tidak mengraha ke arahyang diinginkan semula.

Waktu mulai mendekati setengah dua belas, mau jumatan tapi Roy bilang mau sampai Adzan jug agak papa katanay dia mau ladeni terus dan senang bisa bertemu seperti sekarang ini. Dia juga cerita bahwa pernah bac di Blog ada orang yang rela potong kepala kalau Roy mau hadir dicara ini. Dengan bangga Roy bilang buktinya sekarang saya hadir.

Dialog Terbuka

Kemudian acara selesai, Riyo dam Roy bersalaman, penonton berfoto foto ria, wartawan mewawancarai. Roy keluar ruangan dengan senyum lebar diwajah, Riyo terlihat agak murung walaupun banyak yang memberi selamat atas terselenggaranya acara itu. Kata kunci yang sempat dilontarkan Roy adalah marilah sama sama kita mencerdaskan masyarakat.

Saya ingin sekali mengajukan pertanyaan sendiri tapi tidak ada kesempatan. Beruntung setelah sholat jumat saya diajak Riyo untuk makan siang di Rektorat. Ternyata Roy Suryo juga ikut makan disana sebelum berangkat ke KPPU.

Karena makan satu meja saya mengambil kesempatan itu untuk mengajukan pertanyaan pertanyaan yang tadi ingin saya sampaikan. Tapi memang momentnya tidak tepat karena kami semua sedang menyantap makan siang.

Tapi kelihatannya Roy mau meladeni setiap ada pertanyaan yang diajukan kepada dirinya oleh siapa saja yang hadir sambil makan. Disela sela itulah saya coba mengklarifikasi beberapa persoalan, antara lain:

Apakah Mas Roy akan menggunakan account dari Riyo untuk menjadikan Blog sebagai media klarifikasi pada media yang suka memelintir atau salah kutip?

Roy menjawab bahwa itu adalah pilihan, dia telah menyediakan media lain yaitu email dan sms. Roy bilang bahwa ia senantiasa membalas sms dari berbagai pihak yang ingin klarifikasi.

Apakah Mas Roy tidak merasa repot harus menjawab berkali kali suatu permasalahan yang sama dengan cara itu, sebab jika Mas Roy punya Blog maka itu cukup dilakukan sekali saja.

Kembali lagi ini soal pilihan, kemudian Roy menyantap nasinya dengan lahap.

Pada saat digedung tadi Roy sempat cerita tentang Blogger Negatif sebagai reaksi dari postingan di Blog yang mencerca dirinya sedemikian hingga para komentator ikut mencerca dengan kata kata kasar. Kemudian Roy mengatakan semua itu berawal dari dua orang Blogger yang tidak ia ketahui sebabnya selalu saja menyerang dirinya secara pribadi, dua orang Blogger tersebut adalah Priyadi dan Eko Juniarto.

Tapi saya tidak ingin frontal dan ingin memulai dari soal cerita Mas Koen yang mengalami kesulitan memasyarakatkan Blog karena ada stigma negatif yang disebarluaskan oleh Roy. Roy menjawab singkat bahwa itu aneh.

Kemudian saya ajukan pertanyaan:

Apakah Mas Roy menganggap cerita dari Mas Koen sebagai suatu yang tidak akurat, artinya Mas Roy mempertanyakan akurasi dari cerita Mas Koen itu?

Roy lalu menelan nasi yang sedang dikunyahnya lalu menerangkanb bahwa tidak demikian maksudnya dan menjawab yang persis sama seperti digedung tadi yang mengatakan bahwa itu tergantung dari bagaimana cara kita menjelaskan soal IT. Saya pikir permasalahan yang dialami oleh Mas Koen agak beda, yaitu soal stigma negatif Blogger dan bukan soal IT. Lantas saya kejar dengan pertanyaan,

…tapi kan citra Blog adalah negatif itu datang dari Mas Roy…

Belum selesai saya tanya, sudah dijawab, tapi itu kan pelintiran media. Kemudian Roy menjelaskan tentang kalau media memang tidak mau kutip dia yah gak papa, silahkan kutip yang lain. Lantas saya jawab:

Wah itu kok kesannya ingin menunjukan power bahwa bagaimanapun media nanti pasti akan balik kepada Mas Roy lagi…

Roy cuma tersenyum lalu bilang, ” itu kan menurut Mas aja toh?”.

Saya ingin sekali masuk ke pembahasan Priyadi dan Eko tapi ada wartawan yang kebetulan sedang ikut makan di ruang itu dan mengajuakn pertanyaan. Roy sambil makan menjawab pertanyaan wartawan itu.

Ada hal menarik dari Roy yang dikemukakan oleh Prof Ronny yang guru besar Kriminologi itu sebelum meninggalkan ruangan. Beliau mengatakan suatu fenomena dengan bahasa akademis, “Labeling Theori: Stigmanisasi”, (bener gak sih nulisnya?)

Teori itu punya premis bahwa seseorang yang terstigma dimata masyarakat akan cenderung menjadi begitu seterusnya. Jadi kadung sudah kepalang basah maka itu akan diteruskan. Saya gak tahu soal itu tapi ini menarik.

Semua kekisruhan ini berawal dari perseteruan antara Roy dengan (Eko dan Priyadi). Karena Eko dan Priyadi adalah Blogger dan dalam komunitas Blogger ada pengikut maka tercipta sebuah komunitas yang sepaham. Kesaksian Roy yang bilang bahwa banyak Blogger lantas ikut ikutan mencerca dirinya tanpa tahu bahwa apa yang dibacanya itu belum tentu benar, karena perlu klarifikasi.

Karena itulah Roy menuduh Priyadi dan Eko sebagai biang Blogger Negatif, karena menyebarkan paham yang mencerca dirinya. Kalau demikian maka persoalannya mulai bisa diisolasi. Akarnya adalah Blogger yang dianggap mencerca dirinya yang lantas diikuti oleh yang lain yang tidak minta klarifikasi tentang kebenarannya kepada dirinya.

Roy lantas mengangkat isu Blogger Negatif ini ke permukaan, tak sadar akan dampaknya secara luas. Jadi ini persoalan dirinya dengan beberapa orang Blogger yang tidak sepaham dengan dirinya. Dengan memilih judul topik “Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia“, dapat dengan mudah dibaca.

Judul itu ingin mengesankan ada apa dengan Blogger Indonesia sehinga perlu dibuat menjadi Positif. Saya rasa Roy Suryo harus memaparkan data yang lebih masuk akal untuk dapat meyakinkan publik bahwa Blogger Indonesia sudah sedemikian negatifnya sehingga memang harus dibuat Positif. Memang ada Blog yang tidak berkualitas dan hanya omong kosong tapi apa perlu dibuat dikotomi Positif Negatif.

Terus terang cara cara seperti ini adalah metode politik yang dalam sejarahnya terbukti dipakai untuk melakukan pembersihan lawan politik. Dulu ada cap PKI untuk memberantas orang orang yang tidak bersesuaian dengan Orde Baru, orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan PKI bisa saja diberi cap PKI untuk dapat punya alasan menyingkirkannya.

Mungkin Roy tidak sadar telah melakukannya, karena itu saya meminta kepada Mas Roy untuk tidak lagi melakukan dikotomi Positif Negatif. Juga buat teman teman PERS untuk tidak mengutip istilah istilah yang membuat dikotomi itu menjadi termasyarakatkan.

Saya berpandangan akar masalahnya adalah perseteruan antara Roy vs Priyadi dan Eko. Karena itu dialog yang baru saja terjadi itu seperti tidak efektif untuk waktu yang lama. Nanti dikemudian hari akan ada friksi lagi, karena akar permasalahnya tidak dituntaskan.

Karena akar permasalahan adalah Roy vs Priyadi dan Eko maka saya mengusulkan untuk diadakan dialog yang diantara mereka. Riyogarta telah melakukan perannya semaksimal mungkin yang bisa ia lakukan. Tapi karena Riyo bukan bagian dari akar masalah maka sasaran yang bisa dicapai masih dipermukaan.

Klarifikasi tentang Blogger=Hacker, Blogger Negatif, Pelintiran Media dll, itu semua hanyalah akibat, bukan sebab. Mungkin dengan dialog hari ini bisa sedikit diredam tapi lain waktu akan muncul lagi masalah yang lain. Kalau bisa terselenggara dialog diantara mereka (Roy vs Priyadi dan Eko) maka saya rasa banyak masalah yang bisa terselesaikan.

Saya yakin Roy bersedia membuka diri untuk berdialog dengan Priyadi dan Eko. Saya yakin itu setelah bertemu dengannya. Saya juga yakin banyak pihak yang ingin melihat itu terjadi dan bersedia membantu.

Setelah menyelesaikan makan siangnya dengan lahap Roy Suryo lantas berangkat dengan senyum lebar diwajahnya. Tinggal saya, Riyo dan Mas Abimanyu yang melanjutkan obrolan seputar e-Commerce.

About these ads

254 Komentar

Filed under sosial, tokoh

254 responses to “Roy Suryo: Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia

  1. pertamax euy ….

    kasi comment dulu ah … baca kemudian. asik asik … bisa pertamax.

  2. wah ternyata saya memang tidak salah dengar tadi malam kalau dialognya memang kurang berbobot. pertanyaannya kurang mengena, jawabannya jauh lebih ngawur lagi.

    menurut saya pribadi, mas pri cuman mengungkapkan fakta bahwa roy itu sering ngomong seenaknya saja. contohnya, 68% data friendster itu palsu. dapat darimana dia data 68% persen itu? masih banyak juga kok yang menyangkal pendapat roy ini. mas yohanes nugroho pun sudah sudah membantah pendapat dia dan mengemukakan paparan secara teknis di blognya. tapi sepertinya si roy ini orang yang tidak suka dikritik sih. seperti halnya pemerintah orde baru …

  3. Ceritanya bagus banget. Makasih ya.
    Sangat mendetail, walaupun gak hadir secara langsung, tapi baca ini seperti hadi dalam acara tersebut :D
    Pengen juga sih dengerin dialognya secara langsung, tapi yg ada video, blom ketemu mp3nya :((

    Soal seleb blog yg terakhir itu wimar ya?

  4. Amal

    Walaupun saya faham bahwa perseteruan yang disebut pribadi di atas terjadi secara terbuka beberapa kali, namun menurut saya yang lebih penting adalah esensi materi yang diperdebatkan. Priyadi dan Eko menggabungkan bukti-bukti teknis yang memadai dengan bahasa penyampaian yang mudah diterima publik, sehingga seperti hanya keduanya yang berhadapan langsung dengan pendapat Roy (setidaknya demikian yang dirasakan oleh dia).

    Mendudukkan ketiganya di sebuah acara dalam konteks apa? Apakah Roy bersedia berdiskusi teknis dan membahas materi perdebatan yang sudah seperti melegenda tersebut?

    Selama Roy lebih sibuk dengan menyebut orang lain (bukan pendapatnya) dan menempatkan diri seperti pihak yang diserang, bagaimana dialog akan berlangsung?

  5. gak ada yang muterin rekaman wwcr dia dengan elshinta ya?

  6. Ben

    sip laporannya! ada transkripnya gak? :)

  7. Pada beberapa paragraph terakhir, menarik dan saya setuju :)

  8. Hmm, lebih baik Eko dan Priyadi pakai jalur pengadilan aja deh… Malas melihat Roy selalu main kambing hitam sana-sini, sekarang mulai lagi dia melontarkan tuduhan kepada dua orang spesifik. Masih banyak yang menulis soal negativitasnya Roy tanpa mengacu pada Eko dan Priyadi.

    Tuntut aja lah, capek melihat akrobat sang pakar gadungan satu ini…

  9. seperti biasa dia menyalahkan orang lain. ibarat peribahasa, buruk rupa cermin dibelah, salah ngomong pers yang disalahkan. jarang sekali dia mau bersikap straight to the point dan bilang, “ya saya keliru.”

    silakan ke blogger dan hacker untuk melihat berbagai analisis tentang beliau. dan alasannya dari beliau agar bisa eye catching dan jadi headline, pakai akal sehat seharusnya mengerti itu hanya mencari sensasi yang tidak bertanggung-jawab, ketika dimintai pertanggung-jawaban dia bilang wartawan salah kutip lah, wartawannya mau dia tuntut lah, dan seterusnya.

    dan soal diskusi dengan beliau, coba saja dipikirkan dengan akal sehat, jadwal diubah-ubah, selalu memilih hari yang singkat (jumat) dan pagi-pagi (priyadi tidak tahu perubahan jadwal yang mendadak dipindah dari siang ke pagi sehingga dia tidak bisa datang), menganggap semua orang harus menyesuaikan dengan jadwal dia.

    kalau memang berniat mengajak saya diskusi, silakan beliau buat janji, nanti saya sesuaikan dengan jadwal saya. kalau dia memang punya alasan kuat bahwa saya cuma ingin cari gara-gara dengan beliau, ada pasal perbuatan tidak menyenangkan, silakan tarik ke ranah hukum. paling dia tidak berani, karena dia sudah duluan menyebar informasi pribadi saya ke mana-mana tanpa ijin dari saya, bisa senjata makan tuan buat dia. semuanya bisa dibaca di blog blogger dan hacker.

    dan yang paling menarik adalah dia sudah membuat pernyataan blogger itu tidak dianggap oleh beliau, namun hebatnya dia tetap tahu ada yang menulis mau potong kepala kalau dia datang ke acara ini… ucapannya selalu dihiasi kontradiksi antar pernyataannya sendiri.

    akhir kata, cuma satu himbauan saya, jangan biarkan mr. charlatan menguasai indonesia. baca blog kuncoro tentang hal ini.

  10. Yan Walando

    aduh… seandainya saya bisa hadir di sana, saat si RS jawab muter2 dan yg lain mendengar, saya ketawa saja keras2 dan walk out. HA HA HA. KELUAR DEH JURUSNYA. dasar roy katro! :p

  11. maaf, oot dikit. sudah ada videonya ato belum ya?

  12. @winyo:

    Kita semua tahu itu tapi tak sempat dibahas dengan tuntas tadi. Riyopun tentu ada batasan untuk fokus pada isu terakhir yaitu seputar rusaknya citra Blogger. Banyak hal yang tidak sempat dibahas.

    @Amal:

    Kalau seandainya mereka dipertemukan yang saya ingin lihat, Bung Roy menjawab semua pertanyaan yang sudah melegenda itu, klarifikasi.

    Saya juga heran Pak, kenapa dia kok defensif sekali. Dia bilang tidak tahu alasan kenapa Priyadi dan Eko menyerang dia, saya jadi geregetan ingin mengkonfrontir langsung.

    Kalo Pri dan Eko gak usah ditanya mereka pasti bersedia tapi Bung Roy ini yang masih perlu dikonfirmasi kesediaannya.

    Saya bilang saya yakin dia mau dialog karena tadi saya lihat dia sangat PD akan posisinya. Semoga itu tidak berubah ketika ada tawaran dialog lagi.

    @ndoro kakung:

    gak ada Mas… gak ada pemutaran siaran itu, ada apa toh dalam wawancara itu?

    @riyogarta:

    Bro… lo udah berbuat yang terbaik, gak bisa lebih dari itu, dia gak mau buka diri. Kalau dipaksakan bisa terlihat tak elegan dan bisa berbalik menjadi kesan dia teraniaya. Thats the best we can do.

    @avianto:

    Apa gak sebaiknya dialog dulu?

    @ryosaeba:

    salah ngomong pers yang disalahkan. jarang sekali dia mau bersikap straight to the point dan bilang, “ya saya keliru.”

    Saya mau dia bilang begitu sebagai suatu rasa tanggung jawab telah membuat kegaduhan dengan ucapan hacker=blogger yang merusak menkominfo, tapi saya sama sekali tidak menduga jawaban bahwa itu memang dia sengaja untuk eye catching, gak dia pikirkan kali konsekuensi dari ucapannya itu?

    Saya sudah baca sebgaian “blogger dan hacker”, kelihatannya dari dulu dia lebih suak pakai sms ketimbang email apalagi Blog.

    kalau memang berniat mengajak saya diskusi, silakan beliau buat janji, nanti saya sesuaikan dengan jadwal saya.

    Nah ini saya dukung penuh, lebih baik begini, saya ingin tahu apa reaksi dia, sebab tadi itu dia bener bener sumringah dan bangga mengatakan lebih baik begini, ketemu langsung dari pada diskusi di dunia maya.

    Sekarang saya benar benar ingin tahu apa reaksi dia terhadap tantangan ini?

    @ Yan Walando:

    Mas, tolong diredam sedikit amarahnya, supaya gak dijadikan alasan bahwa saya telah membuat postingan yang mengakibatkan sampeyan menjadi blogger negatif :-) ok

    • Roy Suryo

      @yan walando ..

      Jika masih ingin hidup di udara bebas tolong diperbaiki perilaku anda .. sangat se-mena-mena, anda warga negara yang baik bukan ?

  13. kayaknya pertemuan di depkominfo dan di UBL ini berakhir dengan banyak pertanyaan yg menggantung.
    Mungkin benar apa yang dikatakan oleh Boy untuk mencoba dipikirkan apakah ini perlu di bawa di jalur hukum :D
    Bukti-bukti teknis telah ada…..UU ITE sudah ada….dan sedikit banyak sudah bisa digolongkan mencemarkan nama baik bagi Priyadi dan Eko.

  14. Sudah kuduga tidak seru..
    Tadi siang selesai sholat Jumat sempat baca di Kompas.

    Sudah lah.. bawa aja ke pengadilan :p
    Dan jujur aja, kita semua kan sudah dewasa. Tidak perlu lah main caci maki. Kan ada cara mendukung yang lebih dewasa. Kalau yang satu emosi, yang lain harusnya membantu menenangkan emosi tetapi tetap memberikan dukungan :p

    (padahal kemarin aku juga sempat emosi di blog-ku.. hihihihi)

  15. Gyl

    Hmm… backgroundnya Roy Suryo kan dari FISIP. Makanya dia pinter dalam komunikasi massa.

    Kalo saya sich benernya gak dendam sama Roy Suryo… hmm… biasa aja.

    Btw, menarik laporan dialognya. Saya nunggu ini semenjak ada undangan untuk Roy Suryo itu. Karena saya di sisi lain pulau, jadi gak bisa ke sana.

  16. Sepakat…!! temuin aja mereka bertiga. Kalau tempatnya di solo, aku bakal hadir.

  17. Ping-balik: Ketika Wartawan Salah Kutip | Rosyidi.com

  18. Thanks laporan pandangan matanya.
    Banyak hal yang masih harus ditindaklanjuti, salah satunya adalah bagaimana agar bang RS mau mulai menuliskan pandangannya, bila tak mau di blog mungkin di media cetak.

    Dengan demikian akan terjadi dialog….dan kalaupun ada polemik, pasti akan mendapat tanggapan juga dari redaksi media tsb. Yang penting adalah bukan membuat situasi lebih panas, tapi adalah bagaimana saling memahami.

  19. Wah, antiklimaks jadinya :P

  20. haiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    salam kenal buat yang punya blog ini

  21. Pakar ngelesmatika….ntar kalo ditanya “mas kok ngeles mulu seh..??” ntar pasti jawabannya ngeles juga…
    Tapeeee deehhh…

  22. rizkivmaster

    Jadi artinya yg dberitakan media itu gak spenuhnya dari cakap mas roy? Ok, saia stuju kalo harapannya blogger positif. Mas roy tampaknya terbuka atas msalahnya. Saia salut. Thanx informasinya. Salam kenal.

  23. Roy Suryo merupakan salah satu pakar IT. Ucapannya selalu menjadi topik pembicaraan. Mohon agar memberikan statement tentang blogger dipikirkan dampaknya biar nggak ribut kayak sekarang. Ini menjadi perkara besar apabila mas Roy tidak melakukan “konferensi pers” di ruang theater Budi Luhur tersebut. Berbicara yang bijak mencermikan jati diri seorang pemimpin…

  24. >>>Ada hal menarik dari Roy yang dikemukakan oleh Prof Ronny yang guru besar Kriminologi itu sebelum meninggalkan ruangan. Beliau mengatakan suatu fenomena dengan bahasa akademis, “Labeling Theori: Stigmanisasi”, (bener gak sih nulisnya?)>>>>

    Labelling Theory, mas. ^_^ Misalnya ada anak yang mencuri atau melakukan kesalahan, tapi sama orang-orang di sekitarnya dia dicap jelek. Nah terus kalau ada pencurian lagi, dia dianggap malingnya. Pokoknya semua kesalahan dianggap dia pelakunya karena dia dianggap buruk. Lama-lama kalau dicap jelek terus menerus (padahal bukan salah dia), dia bisa jadi kriminal beneran.

    Mungkin kamsutnya Pak Roni kalau blogger dicap jelek terus lama-lama bisa jadi hacker/cracker beneran. ^_^

  25. @gyl
    menurutku hal-hal yang dia lakukan itu sama sekali tidak termasuk dalam kepiawaian berkomunikasi massa. kalo terampil menjadi provokator, baru benar. karena segala yang dia ucapkan, selalu membuat orang (yang lebih mengerti dan paham dan punya landasan berpendapat yang kuat) jadi kesal dan cenderung naik pitam. kenapa? karena semuanya ngawur.

    kengawurannya sudah sampai di tahap kronis.
    menurutku sih, dia harus diberantas. jangan dibiarkan pendapatnya diamini orang lagi. bisa rusak satu generasi yang membaca pendapat-pendapatnya di media massa.

    satu lagi, menurutku… praktisi IT yang pakar asli (bukan yang gadungan seperti Roy Suryo) harus mau juga diganggu media dan meluruskan hal-hal yang selama ini sudah salah kaprah gara-gara semua pernyataan Roy Suryo yang ngawur.

  26. ah ternyata ndak ada hasilnya
    dengerin rekaman vidionya saja jadi ndak greget dengar jawaban roy, pertanyaan dan jawaban entah kemana :))

  27. Mungkin sebaiknya kita (blogger) ignore saja Roy Suryo dan berfokus membuat blog yang bermutu. Karena kalau saya lihat segala diskusi dengannya tidak pernah membawa hasil. Roy akan berkelit terus dengan jawaban-jawaban yang tidak membangun.

  28. Reportase yang menarik, Bung.
    Berasa nonton tinju. Pertandingan yang cukup sengit hingga ronde terakhir.
    menarik sekali soal stigmatisasi itu. kadang massa memang kejam dalam memberikan stigma.

  29. Ping-balik: Blogger adalah Blogger

  30. ‘Semudah’ itu ternyata Oom Roy menyelesaikannya ya,

  31. Barusan gw denger di radio elshinta…
    si you know who bilang gini kurang lebih ” kemarin saya ada diskusi dengan blogger, sangat disayangkan ada beberapa blogger yg diundang tapi tidak datang, padahal mereka yang ngundang saya, bukan saya yg ngundang mereka”
    ck…ck…ck…ck..ck…
    tapee dehhh….

  32. seenggaknya dia tahu lawannya bukan orang-orang yang berani ngumpet di balik anonimitas saja.

    Gw yakin habis ini dia ga berani lagi sembarang bikin pernyataan, hihihi.

  33. Ping-balik: | Laporan Dialog Terbuka | Catatan

  34. edy

    Semula saya pikir Caplang itu nama minyak angin tapi ternyata memang kupingnya caplang…

    ah itu pasti hasil pelintiran™ :lol:

  35. Jadi Harry nggak dikasih makan nih akhirnya? Wah, bisa kambuh donk maagnya :).
    Makasih laporannya ya :). Aku lebih suka yang mode teks gini daripada harus dengerin lagi selama 2 jam :).

  36. bersalah tapi bermuka inosen dan terus memanfaatkan kondisi keruh ini: PERS

    Roy Suryo vs Blogger adalah bahasan yang nggak penting sama sekali.

  37. mau dibilang sebagai pakar IT kok kunooo, ketinggalan jaman bisanya cuman pake sms ama email, gimana mau mencerdaskan masyarakat kalo pakarnya aja gak ngerti perkembangan layanan2 website. memakai media sms itu bukan pilihan, kalau dia merasa orang IT, maka gunakanlah media yang praktis yakni weblog. sama aja kaya desainer baju, tapi menutup mata pada trend masa kini hehehehe….. udah gitu pake nyalahin orang lain korban mode lagi…. kekekeke…

  38. sibozz

    hemmmmm…..seru yah….(liat pelawak yang demen banget ma ngeles)….
    harusnya klo pakar mah tau bedaya hacker ma cracker.
    moso hacker dibilang jahat ?????
    bener tuh kata mas riyogarta kemaren dikampuz ane….
    tanpa hacker kita gak mungkin bisa ngerasain komputer, Hacker adalah orang yang memiliki kreatifitas dalam mengembangkan suatu device atau aplikasi dengan merubah source code ataupun reverse enginering. Hacker adalah yang melakukan hack untuk kebaikan banyak orang, contoh : Linus Trovalds.
    nah klo yang jahat mah namanya Cracker….
    DASAR PELAWAK TELEMATIKA…….

  39. yang jelas sudah ada pertemuan di kedua belah pihak :D

  40. menurut aku sih mending ke pengadilan aja. dialog sudah coba kita lakukan, pasal2 jg uda ada UU ITE, saksi dan bukti tampaknya juga banyak sekali, tinggal gmn caranya mengumpulkannya.
    Untuk masalah pencemaran nama baik bisa dijerat kayaknya. Tapi klo pemberian informasi menyesatkan bisa gak y?

  41. sahatmrt

    buat saya :

    1. soal itu dialog tidak menghasilkan apa apa sih sebetulnya wajar saja mengingat siapa “sang pakar” (yang anda bisa nilai sendiri) ini. rasanya sih gak ada/minim sekali hal positif yang bisa diharapkan darinya. what do you expect from him anyway? :)

    2. yang merisaukan, stigma/label yang telah terucapkan dari “sang pakar” ini dan beredar di masyarakat, bahwa blog / blogger itu negatif bla…bla..bla… membawa dampak yang merugikan baik buat blogger itu sendiri maupun buat masyarakat mengingat manfaat positif yang bisa diperoleh dari blog. Stigma jelek begini sulit/tidak mudah dihapus dan dipulihkan walaupun para blogger indonesia mampus mampusan bikin blog yang bermanfaat, positif, dsb.

    3. juga menyusahkan dan merisaukan, tanggung jawab moral media cetak dan elektronik yang terus terusan mengutip “sang pakar” dengan segala pernyataannya, jangan jangan semata demi hits, oplah dan popularitas medianya. bukankah media cetak dan elektronik juga punya tanggung jawab moral untuk mencerdaskan bangsa bla…bla…bla…?

    4. bah!!!! nasib sial!!! bencana!!!!! musibah!!!

  42. mantep deh paparannya. vote untuk mengadakan diskusi mengikutsertakan Mas Pri sama Eko

  43. wah asyik ya mas roy dapat blog gratis, dibuatin lagi, tinggal ngisi (kalau pilihannya mau begitu). aku mau juga dong dibuatin blog, hehehe.. Tapi menurut saya blog untuk mas Roy bukan roy.suryo.info melainkan kakang.demalung.info

  44. @Koen:

    hihihihi… tahu dari mana?

    @edy aka Caplang:

    hahaha…. pelintiran lagu ngetrend sekarang

    @westnu:

    Blogger secara umum mungkin sudah, tapi belum menyinggung akar permasalahan.

    @ rd Limosin:

    yup… ini yang mau ditindak lanjuti.

  45. oon

    kok blom ada yang komeng “hai roy™”…pahadal si roy hobby juga mbaca blog lho..buktinya tau ada yang komeng mo potong kepalanya…

  46. ‘Ing Ngarso sung Tulodho’,
    didepan memberikan Suri-tauladan. itulah konsekuensi sebagai Pemimpin, sebagai Panutan sebagai Narasumber. dapat dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat.

  47. Hi Roy™! :lol:

    Selama dia nggak mau nulis dan nyoba bikin blog, dia nggak akan pernah mengetahui perasaan para bloger.

    Atau… dia nggak tahu cara nulis yang bagus?
    (satirr… satirr… :mrgreen: )

  48. yuzibiyan

    ehm…….ehm……ehm…….

  49. Semoga saja ada wartawan ada yang mau ngangkat latar belakangnya itu gak ya?
    :)

  50. O-S

    sayang….hasilnya ga maksimal…lepas dari target. panitia kurang persiapan (keplintir sana sini) ato dia memang berbakat jd diplomat ulung ? :D kekekekek

  51. Ping-balik: Riyogarta Soal Dialog Terbuka dengan Roy Suryo » Benny Chandra dot com

  52. Wib, kalo kita lanjutkan istilah blogger positif dan negatif ini, sama dengan si Roy sudah berhasil mempolitisasi komunitas blogger Indonesia.

    Ini kan yang di mau, memecah belah kita.
    (aku suudzon yah? )
    saran ku kita drop aja. kita semua blogger warna warni, tiap saat bisa beda. kaya kata mas Enda.

  53. jbbasuki

    good chats and positive ones

  54. Numpang komentar…
    Thx pembahasannya. Cukup membantu saya memahami masalah aktual. :P

    Cuma mau komentar sedikit… kutipan dari Godfather,

    “Never hate your enemies. It affects your judgement.” ~ Michale Corleone, Godfather Part III

  55. @mulia:

    Wib, kalo kita lanjutkan istilah blogger positif dan negatif ini, sama dengan si Roy sudah berhasil mempolitisasi komunitas blogger Indonesia.

    Persis, eh.. neng Lia, tumben nongol, kemana ajah..?

    @ Xaliber von Reginhild:

    We never hate him, we love him anyway :-)
    What we are trying to do is to help him from shrinking more deep.

  56. @wibi: yah dari kemarenan juga nongol. komen ku gak kebaca aja tuh, kelewat. gak pernah dikomenin balik. tapi emang berkunjung setelah baca komen mu di mas fatih “Mas, ngomongin cewek terus”..LOL, persis yang pengen gue bilang..hahaha

  57. triatmono

    Mending dari pada berdebat panjang lebar… toh hasilnya masih menyisakan banyak big question.. konkrit nyata aza… yang bisa nulis tentang sesuatu yang manfaat langsung tuliz.. biar masyarakat aza yang menilai… dan time will tell the truth…!!! :D

  58. Riza

    nice work! menurut saya RS sendiri terjebak dalam jeratan struktur yang dibuat sendiri, terjebak dalam lobang yang digalinya sendiri. Dia menampik fakta bahwa dia sendiri berperan dalam menciptakan oposisi ganda blogger, dan mengalihkannya pada media dan interpretasi subjektif. Ini seperti buruk muka cermin dibelah. Media selalu merupakan cermin, genap dengan segala distorsi dan noise nya, tetapi media tidak bisa memanipulasi dua hal, motivation dan desire.

    Dari cerita anda, terlihat sekali motivasi RS ketika merespon pertanyaan anda:

    “Wah itu kok kesannya ingin menunjukan power bahwa bagaimanapun media nanti pasti akan balik kepada Mas Roy lagi…

    Roy cuma tersenyum lalu bilang, ” itu kan menurut Mas aja toh?”.”

    Arogan. Dia senang karena anda sudah berpikir seperti apa yang dia inginkan anda pikir.

  59. Betapa indahnya kalau para wartawan ngebales SMS “breaking-news” dari tante Coy dengan kalimat “ah, itu kan pendapat mas Roy saja”.

  60. Ping-balik: Scrapyard of mine :: Dialog Blogger dengan Roy :: April :: 2008

  61. Ping-balik: Rangkuman Laporan Hasil dari Dialog Blogger dengan Roy Suryo | Ayo ngeBlog!

  62. Okta Sihotang

    AMIN….

  63. Saya kagum sama Roy Suryo. Harusnya kita bangga punya seorang komedian IT dan pakar pornomatika di Indonesia yang berani unjuk kekonyolan diri sendiri di depan publik plus komentar-komentar yang bikin senyum (sedikit banyak mirip Tukul Arwana). Kebetulan kemaren saya dapet rekamannya bincang2 bareng Roy Suryo di salah satu radio, dan saya masukkan file itu ke sebuah folder khusus barengan file2 *.mp3 dari Warkop-Prambors, Kartolo CS, Dagelan Mataram, dan CURANMOR (Curahan Perasaan dan Humor)

    *halah.. opoo tooh*

  64. rizasaputra

    wow, makasi ceritanya… terbukti sudah tong kosong nyaring bunyinya. dasar roy suryo cupu <_<

  65. ir

    biar gimana pun ya, Lihat aja di Kaskus, coba klik

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=736164

    Roy Suryo dihina dan direndahkan seperti binatang. Kalian mesti sadar donk, Kaum intelek itu kok ngurusin/gosipin orang aja sih, apa kerjaan di kantor kurang banyak, jadi sempet2nya tulis blog yg ngomongin Roy Suryo aja…..

    dan mengenai Priyadi, dia emang udah lama banget ngebahas Roy Suryo, salah satunya

    http://priyadi.net/archives/2004/09/12/roy-suryo-kembali-beraksi/

    Buat Mas Priyadi, anda mestinya minta maaf Roy Suryo, ketemuan, silaturahmi, kesian lho dia….

    sekarang Roy Suryo udah digosipin dan dimaki-maki oleh banyak orang (sebagian besar ikut2an tanpa tahu detail, kayak masalah metadata, gamba porno, dsb)….. Sadar donk, apalagi bagi yg muslim, sama aja makan darah daging saudaranya sendiri… sadar donk…sadar…sadar….

    Plz, buat blogger se-Indonesia. STOP GOSIP, tulis blog yg isinya bermanfaat, apa saja, mau tentang linux, IT, ilmu sosial, dsb….

    ~STOP GOSIP on BLOG

    Great minds discuss ideas; Average minds discuss events; Small minds discuss people. -Eleanor Roosevelt-

  66. Kurang kerjaan

    Kurang Kerjaan

  67. Terima kasih laporan pandangan matanya blogger, kalo pandangan matanya pakar IT ada gak ya? mungkin ada kali ya lewat sms, kalo dari PERS ada yang tau linknya gak?

  68. d3viLs

    Judul berita d Detik pun masi menebar peperangan “Roy Suryo Sesalkan Hanya Sedikit Blogger Vokal Datang Berdialog”
    Kesannya Bloger yg takut ketemu sm dy…pinter bgt muter balik.

  69. @Wibisono Sastrodiwiryo:
    Ah, maksud saya semacam pelabelan dan stigma aja, mas.. :P Mungkin kutipannya agak hiperbol ya. :)

  70. ENDA NASUTION ITU MASA LALU

    hahahahahahahahah!!!!
    *kabur

  71. sampahdigital

    :D wah…mas roy suryo :D enak lo dapet alun gratis :D biar bisa nge blog juga :D

  72. Ping-balik: headline berdasarkan SMS « Blogger dan Hacker

  73. komariah

    Bagaimana mau mencerdaskan bangsa, wong mau nyusun anggaran pendidikan aja – maju-mundur
    senang juga ngasih komentar meski telat

  74. KUMPULIN BLOGGER CUMA BUAT CUCI NAMA TUH SI OM ROY..

    TAKUT DI SERANG MASSA YA OM ROY??

  75. heru

    Terima kasih mas, ceritanya mendetil sekali…
    Ternyata bener memang tong kosong nyaring bunyinya… dan mampu berputar2 seperti gasing…

    Mr. RS ini sudah dikritisi orang IT setengah mati tapi tetep belum berubah ya…

    malah saya kepikiran apakah tidak lebih gampang mengubah kalangan pers aja ya? jadi kita mulai ngadain kampanye ke media massa untuk tidak mengutip dari Mr. RS… mirip2 kampanye “jangan bugil di depan kamera” gitu…

  76. Iqbal

    ibarat kata pepatah : tong kosong berbunyi nyaring

    cheers,

  77. lengkap!…terima kasih untuk liputannya…!

  78. Saya cinta damai, tapi lebih cinta harmony… yang namanya pembungkaman bebebasan berbicara melalui media umum adalah kebiadaban modern yang patut dihentikan.

  79. hmmm… nunggu dialog (mas pri + mas eko) VS roy ahhhh. Pasti lebih dari seru, Data validnya (mas eko dan mas pri) VS celoteh ngawur nya om roy, disaksikan wartawan dan praktisi IT indonesia. :nohope:

    :ngacir:

  80. matur suwun mas…
    cerita singkat yang mendalam…..
    minta ijin link ke http://forum.ponorogozone.com/

    terima kasih sebelumnya.

  81. Wah seru juga yah…jujur saya pribadi ga mengerti duduk persoalannya, tapi ini sangat menarik untuk saya baca, kekeke yang jelas bagi saya pribadi penyataan mas roy itu ga ngefek…ga usah di ladenin mas…tapi hidup kritis itu juga perlu…

  82. jui

    lucu da…

    masalah soal pertemuan ini tak dipunlikasikan secara luas, mana mungkin ada yang tahu dan pergi?

    adakan dikampus yang tak banyak diketahuan orang, mana mungkin para Blogger tahu universitas apa itu? banyaknya Blogger biasanya lebih kenal akrab dengan Universitas Bina Nusantara, coba saja adakan acara jumpa blogger di Kampus Bina Nusantara yang pada biasanya Blogger berkuliah maka hasil akan jauh lebih memuaskan. terima kasih..

  83. seneng deh baca komentar teman-2 blog… respondnya buannyaak ya mas…. wah bisa-bisa jumlah pers sama pengeblog lebih besar para pengeblog nich….. bisa bikin perkumpulan… kayak serikat blog selruh indonesia… jadi bila ada yang melecehkan bisa kita tuntut gimana teman-teman semua…

  84. Ferry

    Roy Suryo tipe orang yang rela mengkambing hitamkan seseorang demi keuntungan pribadi, hati2 dengan orang seperti ini. Terbukti dengan bermodalkan mulut besar dia bisa menjadi seorang pakar. The lowliest kind of person.

  85. SEPRIADI

    thanks atas posting nya mas
    eh nanya ni mas..
    roy suryo itu sapa ya mas…?
    dia jago ya….?
    hacker ya..? k0k ga pernah dengar seh..?
    ato dia cuma pintar ngomong doang..?
    mohon di jawab untuk redaksi dan pembaca yang lain…

  86. arafat

    roy suryo who????

  87. Menurut saya dari yang saya baca ringkasan diskusi diatas, sebenarnya Roy Suryo ikut dalam diskusi itu adalah untuk berkelit dari kesalahan dan membersihkan namanya sendiri sekalian menunjukkan bahwa dia superior. kelihatan dari jawabannya yang terkesan mengambang.
    Mungkin alangkah baiknya jika sekali waktu diadakan suatu confrence melalui media messengger dengan roy suryo dan para blogger biar mereka sama2 ngluarin unek2nya. Skalian biar semua pertanyaan dan jawaban terdokumentasi, supaya yang ga ikut bisa tau semuanya.

    Selain itu juga saya melihat pers juga ambil bagian seperti yang dibilang roy suryo.
    gimana gak kacau, si roy suryo uda kacau ngasi komentar ditambah pers yang mbesar-besarin berita, jadinya ya gini ini, semua pada amburadhul. Alhasil Efek yang paling dekat terasa ya, blogger dicap negatif dan pemblokiran situs “dewasa. padahal situs dewasa itu hak semua pengguna internet di atas 18 tahun.

  88. wah, sebuah catatan sejarah blog tercatat disini.

  89. sebulan jadi blogger, kok begini ya kenyataannya. saya jadi malu. Apa gak ada yang lebih penting daripada membicarakan orang lain. misalnya “blogger goes to school” atau “blogger peduli bencana alam”. bukannya sekumpulan orang-orang pada pesta blogger
    Atau emang ini uniknya blogger, ketika yang posting bilang begitu kita nurut aja, jadi blogger jangan latah, jangan marah, SENYUMLAH BLOGGER.
    masih banyak dari penduduk Indonesia ini yang ingin tahu tentang blog.

  90. mas, kenapa gak begini aja. lain kali kalau kita klarifikasi ke roy, kirim sms, trus ntar kita post ke blog sms nya dia itu. yah intinya kita yang isi-in blog nya dia. Biar kita punya catatan aja. Hehe.

  91. sampahdigital

    :D ternyata tanggapan tentang roy suryo bermacam2 :D ada yang kenal kang Suryo sebagai berbagai macam rupa dan karakter :D

    _____ :D maap posting 2 kali :D _____

  92. herman

    wah… udah lah mas-mbak. gakusah di ladenin anak caper itu. toh masih banyak orangorang yang lebih bermanfaat meski pendidikannya tidak setinggi dia

  93. pinguin

    Wah capek ngurusi Si Roy, Omong kosong doang.

    Mending deket-deket ma om Onno.. Hee lebih bermanfaat

  94. Selamat atas terselenggaranya acara ini, namun kasihan PERS jadi kambing hitamnya Roy, sabar ya PERS, mudah-mudahan dia diberi petunjuk oleh yg maha kuasa.

  95. Ping-balik: art of my life :: Membuat Blogger Posistif Untuk Indonesia :: April :: 2008

  96. isuenk

    kalo emang perseteruan antar Roy Suryo dg Eko Juniarto ini udah lama, malah mungkin sudah dimulai sejak 2004 atau sebelumnya. Mungkin ada hubungannya dengan mail terbuka berikut (minta ijin link ke) http://www.mail-archive.com/itb@itb.ac.id/msg43658.html

    cerita konflik awal mungkin ada di situ.

  97. Donna

    aduh… roy suryo itu pakar boongan!
    satu2nya yang benar2 dia pakar cuma ahli pornografi!

  98. terserah deh roy suryo mau ngomong apa. udah males dengernya. pfuh!

  99. wah … senangnya bisa lihat dosesn saya sekarang dah jadi rektor …

    btw, blog bukan cuma di indonesia aja di kena cekal .. di beberapa negara juga di cekal …. perlu adanya admin per negara untuk blog2 tersebut … supaya bisa saling bina da nsaling jaga .. ya gak cuy … ( sukur2 kalau di copy sama roy suryo .. asal positif.. yang omong mau roy suryo kek .. ki joko bodo kek .. emang gw pikirin )

    kalau sespuh IT gw lebih setuju Kang Onno W Purbo… dia orang yang di red carpet .. jadi menurut gw dia bakal segen ngusik … dia ada forum sendiri dan forumnya sangat bermanfaat untuk praktisi IT …

    gw pernah liat acara roy suryo di TV cuma TV apa gw lupa ( jarang nonton TV euy, mending baca detik, simple :p ) menurut gw acaranya biasa aja dan lebih ke pemula… memang banyak jayus aja bapak satu itu hehehe…

    blog betul adanya bahwa sesuatu yang bersifat trend, tapi tidak sementara .. selama ada yang mau pasang iklan di blog, selama itu pula tetap akan ada blog … sayangnya roy suryo omong sepatah2 aja .. jadi korelasi nya gak jelas sama orang lain ..

    cuma waktu masalah lagu indonesia raya, itu memang agak bingung saya .. apa ya roy suryo ngaku itu dia yang nemu apa gimana … bodo amat deh .. yang penting gw udah liat lagu indonesia raya dulu kayak gimana .. dan gw masih hapal lagu indonesia raya yang sekarang … what the heck ..

    soal foto2 di rekayasa dan yang komenat di tv adalah si roy suryo .. ya bodo amat menurut gw … namanya juga internet… tukang ojek juga bisa menduga sesuatu gambar beneran apa bohongan…

    intinya:
    blokiran terhadap beberapa situs, menurut gw ya memang sesuatu yang positif .. namun pelaksanaannya harus arif dan tegas ( bukan bijaksana loh, gak perlu bijaksana lagi kalau udah tegas heheh)

    feeling gw nih, bentar lagi pemerintah mau buat internet makin murah… cuma kalau internet dah murah … adek2 kita pada sibuk cari gambar bokep kan bagus juga .. ( bukan anak kecil aja loh yang sibuk cari bokepan.. sampe kakek2 juga ada yang masih cari bokepan lewat inet )

    seharusnya, pendidikan internet dari sekolah menengah itu perlu .. walau tanpa komputer atau praktek .. mereka bisa tau .. internet itu bagusnya buat apa sih … ( balik lagi deh ke DIKNAS .. capek deh gw kalau udah usul ke diknas .. )

    dan yang lebih efektif lagi .. kalau kita mensosialisasikan kegunaan internet ke orang2 terdekat kita ..

    cuma kalau kitanya masih demen nyari bokepan .. ala mak jan … kelaut aja deh kita hahahha

  100. ah, jadi penonton aja. Males ngikutin berita “pakar ngales” itu, gak mutu.Orang kaya gitu dibilang pakar,bah.

  101. oalahhh gini doang toh hasilnya? jadi yang salah kutip wartawan ya om roy? apa ya mungkin ya wartawan satu indonesia ini kuping nya conge’an smua? huehuehue.. aneh !

  102. rosydesigner

    aihhhh, gue baru belajar buat blog nih
    help me please
    good luck buat semua

  103. makanya, hati2 kalau berbicara, menulis, dan bertindak.
    he he he

  104. saran

    PENJAHAT BIADAB SEMUA KALIAN PARA BLOGGER….

    NGAPAIN SIH ISI BLOG CUMA BAHAS ROY SURYO ???? BENER2 BLOG SAMPAH…..

  105. zim

    dasar roy k****l (roy kapsul maksudnya,,)

    sejak kapan sih dia jadi beken ?
    sejak doi mulai tebak2an foto bugil artis asli / palsu ya ?

  106. salam blogger …..

    tetep ngeblog, maju teerrus pantang mundurrr …. :)

  107. Roy sendiri punya blog gak sich?
    Emang terlalu kuno kalo cuman mengandalkan email / sms saja setiap menjawab pertanyaan yang sama atau serupa.

    Wajar kalo dia menjawab nya dengan muter2x, hati2x u bisa diputer2x ampe lu pusing sendiri dan lupa yang u tanyain sama dia ;))

  108. fathur

    blog adalah hal yang baik, jangan dipersalahkan……
    sedikit atau banyak bangsa ini telah berkembang menjadi sebuah bangsa yang mengenal IT, karena bangsa ini telah menggunakan blog sebagai media komunikasi dan kreatifitas……

  109. Mau ikutan komentar….

    saya pernah jadi moderator untuk sebuah acara yang diisi mas roy… he he kayaknya hasilnya ya kayak gini. Suer… mas Roy itu retorika nya bagus… bagi yang ga “kuat iman” bisa terhanyut oleh pernyataan2 yang kadang malah keluar topik.

    Secara pribadi saya menghormati roy suryo karena kakak angkatan di komunikasi UGM. Namun tampaknya juga tidak bisa dipungkiri kalau ada beebrapa hal yang kurang bisa diterima… nah mudah2an beberapa point berikut bisa menjelaskan.

    1. Roy suryo bukan dosen UGM. Beliau pernah mengajar di komunikasi UGM sebgai dosen tamu (kalo ga salah) dan itupun mengajar fotografi.. jadi secara kompetensi keilmuan ga ada hubungannya dengan IT atau cybermedia. Jadi saya pikir mas Roy tidak merepresentasikan pendapat akademik UGM.

    2. Saya pikir mulai dari sekarang harusnya kita mencoba lebih bermain dalam ranah ilmiah. Artinya jangan cuma komat-kamit di media… trus akhirnya bisa salah kutip. Untuk mas roy jika ingin membuat statement sebaiknya mengutip dengan standar ilmiah, memaparkan metodologi dan mencantumkan sumber yang jelas…

    3. Untuk wartawan juga harus lebih cerdas… media harusnya bisa membedakan antara pengamat, pakar, atau praktisi… ini adalah terminologi berbeda yang memberikan konsekuensi berbeda. Saya pikir mas roy lebih cocok disebut sebagai pengamat.

    4. he he sebenarnya saya pribadi berharap ada bloger atau pakar IT (kayak pak ono) yang mau jadi “seleb”. Kayaknya selama ini orang2 yang bener2 pakar masih belum terekspose oleh media… salah media kah? atau memang karena pembawaan para pakar IT kurang “camera face” ha ha ha… nuwun sewu. Setahu saya Mas Roy itu bahkan dapat penghargaan pria berpenampilan terbaik dari salah satu majalah….

    5. Pemerintah jadi kelihatan bloon… setiap ada kasus cybercrime atau insiden dunia maya.. pemerintah sama sekali ga jelas posisinya… liat aja ID-Sirti,…. dari dulu situsnya isinya visi misi melulu… ada insiden virus, deface thd situs pemerintah… ID-sirti adem ayem aja… padahal tender hardwarenya katanya sampe M M an … emang sih biasanya orang komunitas lebih pintar dari PNS… :)) –> ini opini lho…

  110. profesor cinta

    ngaciiir…

  111. rajaiblis

    roy suryo ? pakar telematika ?
    ingin berbicara dengan semua blogger negatif ?
    secara off line ?

    lah … dengan satu blogger aja udah muter sana muter sini … menghabiskan lebih dari dua jam namun belum memberikan jawaban yg memuaskan … skrg mau bicara dengan semua blogger negatif ? mo butuh berapa tahun buat ngebahas itu cuma sekedar mendengar … hai … saya roy suryo mohon maaf karena sudah salah sebut dan menyamakan blogger dengan hacker.

    well … secara signifikan, nama roy suryo bisa saja masuk buku rekor karena dibicarakan hampir oleh semua blogger dan hacker … di Indonesia !

    hey roy .. aNE gak nuduh cuma menduga, boleh kan ? dan itu gak salah karena dijamin oleh UUD yg diperjuangkan dengan darah dan airmata. tidak juga bermaksud mencemarkan nama anda yg sudah baik. cuma, kalo bilang blogger = hacker … ya ampun … alangkah gapteknya ?

  112. Menarik ceritanya, kita liat aja kedepan, apa yang akan dilakukan dia but jangan terlalu diperhatiin ntar geer, tunggu aksi saya ^_^ haha

    lebih baik kita kembali aja ke semula ke tempat masing2, menjadi blogger positif, dan menulis semua yang berarti, blogger juga macem macem, ada yang menulis tentang IT, tentang kesehatan, tentang blog itu sendiri, tentang bisnis dll sayang waktu diabisin buat RS.

  113. kok kelihatanya roy suryo menang ya…

  114. Saya tidak pintar berkata2.
    Kalo punya kesempatan saya ingin menanyakan kepada bapak Roy Suryo. “apa sih yang bapak berikan kepada masyarak IT?” dan kenapa bisa dijadikan Pakar telematika kok bukannya kang Onno yang jadi pakar. malahan bapak yang jadi pakar. padahal saya tidak belajar apa2 dari artikel Roy Suryo. yang saya lihat acara tv anda sama sekali tidak menarik. maaf kalo kata2 saya salah.. harap di maafkan. tolong kawan2 rentangkan.. biar semua tau tulisan dari hati saya.

  115. Saya sudah melihat hasil rekaman dialog dengan Mr.RS, jawaban2 dia semakin ngawur.. ujung2nya media disalahin. Roy Suryo Tobat lo….!!!
    ” I’m Blogger, Not Cracker, Not Hacker, Not Biscuits “

  116. Sepertinya mas Roy membutuhkan lebih banyak blogger yg hadir dalam dialog nya – barulah beliau mau menjawab secara tegas dan to the point, bukan jawaban diplomatis yg terkesan ngambang. Ya nggak mas Roy …. http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/12/time/221059/idnews/922441/idkanal/398 …. :)

  117. roy suryo roy suryo….. nama ini memang jadi gunjingan banyak orang.. mengutip yang dikatakan ahmad dhani di youtube dia bilang roy suryo ndak paham soal foto, ini hal yang lucu, bukan menghina ya , cuma aku mencela sedikit, kebangetan kalo ndak ngerti soal foto , nah sekarang malah nyamain blogger sama hacker , foto aja lum paham kok malah ke yang lebih besar, hal yang luar biasa lucu,

    emang sih banyak di indo yang ndak ada kerjaan ini itu diurus tapi ndak jadi jadi, kalau saya sih mikir ini umurnya bakalan 1 bulan 7 hari.. setelah itu ya ada masalah baru, mungkin akan muncul fenomena baru kalau saya prediksi sih akan ada 1 anak manusia ganteng yang jadi dewa internet kalau ndak salah inisialnya L dan G hasil telesikia saya sih gt, kita tunggu aja 1 bulan 7 hari

  118. asu kabeh ! (Asu = arek suroboyo)

  119. kakean cangkem kabeh !

  120. tzero

    Bang Air Es ngeles mulu ah… baca ulasannya jadi ikut gregetan nih >:)

  121. Soul_Master

    Keren … saya sebenarnya sudah menduga pasti kalau diskusi dgn orang seperti Roy ndak bakal ada akhir yg jelas.

    ditunggu babak selanjutnya Roy vs Pers :)

  122. Ping-balik: Roy Suryo Sesalkan Hanya Sedikit Blogger Vokal Datang Berdialog | plinplan.com - Indonesian News Aggregator

  123. Soul_Master

    Keren … saya sebenarnya sudah menduga pasti kalau diskusi dgn orang seperti Roy ndak bakal ada akhir yg jelas.

    ditunggu babak selanjutnya Roy vs Pers :)

  124. roy suryo??siapa sih dia??yang kemaren diskusi tentang bloger yang jawaban ama pertanyaan aja ngelantur kemana-mana itu ya???

  125. roy suryo???
    siapa sih dia itu??
    yang kemaren debat ama blogger yah…yang jawaban ama pertanyaan muter2 gak jelas itu kan???

  126. muhammadamrul

    gimana, kalo kapan2 kita bikin uji kompetensi untuk roy suryo… ??

    jadi kalo dia gak mampu, berarti gelar pakar telematikanya wajib di hilangkan dari namanya..

    hehe

  127. Setelah membaca artikelnya sampai habis, aku menyimpulkan judul postingan ini tendensius atau lebih tepatnya propaganda.

    Mungkin maksudnya baik, untuk menyejukkan, tapi perlukah dengan cara begitu ?

    Inti reportase ini kurang lebih adalah : Roy Suryo
    Plintat-plintut. Pengecut !

    Terima kasih untuk jerih payahnya melaporkan pertemuan yang sia-sia itu. Salam.

  128. keren juga RS ditawarin blog untuk ngasih contoh yg blogging yg positif

  129. minyaknyongnyong says “Mungkin kamsutnya Pak Roni kalau blogger dicap jelek terus lama-lama bisa jadi hacker/cracker beneran. ^_^”

    bisa jadi jg sebaliknya hal tersebut di tujukan oleh komunitas blogger ke RS ini.

  130. Sebagai orang yang dulu pernah saling berkirim imil dengan mas Oy Uryo, saya bersyukur ada orang seperti dia.

    Semoga dia tetap vokal dan terus meningkatkan ilmunya.

    Keberadaannya telah membuat kita (para blogger) makin bersatu dan tertantang untuk membuat blog yang lebih baik dari yang sudah kita buat.

    Bila akhirnya mas Oy Uryo sadar (melek IT secara “kaffah”, sempurna) dan tidak vokal lagi, maka kita mungkin akan merindukan dia.

    Aku jadi tergerak untuk nulis di blogku tentang postingan ini. Sebuah postingan yang luar biasa cerdas dan lengkap.

    Salam kompak untuk semua blogger, semoga postingan ini dan komentar teman-teman dapat memperkaya pengetahuanku yang masih sangat minim.

    Pasti ada hikmah dari semua peristiwa yang kita temui. Tidak ada kejadian yang kebetulan, semua sudah ada yang ngatur dan kita tinggal mengambil peran.

    inysa Allah, kita makin kompak (ngeblog)
    Amin.

    Salam

    eshape

  131. aan

    Setuju untuk menghentikan pengutipan dari Roy Suryo, seperti yang dibahas pada bloggerdanhacker. Terutama ditujukan kepada detikinet, bung DBU sebagai yang berperan disana mungkin bisa diajak rembug agar detikinet mengakhiri pengutipan2 yang gak perlu dari dia.

    Masak sms aja dijadikan headline ? huh :p

  132. Ping-balik: Roy Suryo: Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia | Ilmu Komputer Dot Net

  133. wah, kok jadi tambah ruwet gini. capek deh

  134. Ping-balik: Pakar Telematika Gadungan | blog @ plinplan.com - uneg2nya team plinplan.com

  135. Ping-balik: | Dampak Dialog Terbuka | Catatan

  136. edu

    Mr. RS is such a bullshit yang pinter memanfaatkan publik awam yang tidak mengerti internet , dan mengklaim dirinya sebagai Pakar. Dari pada kita menyerangnya secara terbuka, – dan saya yakin ini akan menguntungkan dirinya karena menjadi publikasi gratis buat dirinya -, lebih baik para pakar yang lain juga memunculkan dirinya di “real world” not just di dunia maya. Hal ini akan menyadarkan masyarakat secara umum tentang perilaku pakar gadungan…

    Saya mendukung hal ini dan bersedia membantu strategi untuk memunculkan the real pakar sebagai saingan pakar gadungan.

    Peace

  137. kayaknya memang roy suryo raja ngeles ya?? pertanyaan dan jawaban nggak nyambung hasilnya buang biaya dan waktu.. tapi saya yakin dia sudah mulai dag dig dug nggak bakal sembarangan lagi deh ngomongnya moga² aja becoz mulutmu harimaumu :D

  138. makasih mas atas info nya…

  139. Ping-balik: Diskusi Blogger dan Roy Suryo di UBL | Newbie on the Blog | paydjo.Net

  140. sebulan jadi blogger, kok begini ya kenyataannya. saya jadi malu. Apa gak ada yang lebih penting daripada membicarakan orang lain. misalnya “blogger goes to school” atau “blogger peduli bencana alam”.

    gag baca pertanyaan ohm Koen ?
    yakin bisa ngadain ‘blogger goes to school’, paling sekolah langsung ngebatalin.
    ‘maaf mas, blog itu negatif, gag boleh diajarin di sekolah. kalo murid2 sini jadi hacker, nama sekolah bisa rusak’

    Hi Roy™

  141. juunishi master

    Wow, detail sekali ringkasan jalan diskusinya. Saya pribadi sih memang lebih suka baca di blog semacam ini daripada harus datang langsung.

    Agak bikin panas juga nih RS. Kalau memang benar itu yang terjadi di diskusi (dia jawabnya melenceng2 terus), saya jadi hilang respect sama dia. (sejak dia membuat pernyataan bahwa blogger itu tukang tipu, saya udah mulai panas)

    Cabut aja titel “pakar telematika”nya. Jangan pernah menyebut Roy Suryo dengan sebutan itu lagi.

  142. wah dah nyangka diskusinya ga akan sesuai yang di inginkan. trik waktu dn berbelit2 itu lho. hufff.. cepe deh. wah kalo dah nyebutkan personnya wah dah, pencemaran nama baik tuh, ya kan mas… “mereka” itu ternyata mas pri ama mas eko. wew. makin seru neh. bisa2 di bawa ke ranah hukum. itung2 penerapan UU ITE pertama hehehehe…. sip sip.

  143. Ping-balik: Random Thing (Again)! « -My Thoughts-

  144. Kalau media salah kutip mungkin wajar … lha ngomongnya ngalor ngidul tidak langsung ke intinya. Biar ngga salah kutip harusnya Roy bikin blog. Suatu pilihan yang sangat berat buat Roy mengingat resiko komentar2 pedas kalau di blog.

  145. Salam kenal,,,
    Makasih udah mau berbagi cerita ya Mas,,, Sayang banget gak bisa dateng karena ngantor,,, Tapi cerita Mas cukup membuat rasa penasaran saya sedikit terjawab.

    Makasih!!!

  146. mahma mahendra

    dari tulisan itu sih benernya, si roy datang tapi gak menghasilkan apa2. cuma nunjukin klo dia berani datang. itu aja

  147. beritanya saya link di blog saya

  148. mungkin dia ngga ngikutin ilmu padi kali ya , semakin banyak isi /ilmu semakin merunduk bukan semakin sombong

  149. kalo roy nyalahin wartawan… bakalan tambah seru nih… nunggu balasan dari wartawan yang katanya si roy “salah kutip”

    roy…roy… pinter ngeles kamu ternyata….

  150. mas roy suryo sendiri sepertinya sudah termakan omongannya yang ngelantur. Saat disuruh menjelaskan dia ga bisa.

  151. meong

    ok bgt mas wib…
    thanx ceritanya
    serasa hadir disana
    hehhehhehe
    btw banyak cewe cantik ga yang hadir di sana??

  152. Thx buat kutipan dialognya, menurut saya sich uda beda gak nyambung banget saat topik blog masuk desa ama IT masuk desa…….??? Beda banget kaleee….’n saya pikir Pers gak ngutip Roy juga gpp, ilmunya STANDARD2 aja koq klo saya liat di tv, cuma bisa ngecek keaslian foto aja tuch….software2 buat begituan mah banyak tinggal cari di google aje…..

  153. harusnya Om Roy.. waktu sesi foto bersama sesudah acara pake gaya memamerkan dada-nya…biar kita yakin bahwa foto2 yang mejeng di situs depkominfo kemaren itu betulan atau hasil rekayasa… hehehe…

  154. rinagu

    thinking positif sambil nyari duit di google adsense

  155. Ping-balik: Akhirnya Roy Suryo bertemu bloger Indonesia | BLOG BERITA

  156. numpang ngopi link nya mas… :)

  157. Cerita yang lengkap, terima kasih telah berbagi…

  158. maaf OOT, kamu sodaranya herry kodok ngerock ya?

  159. roy suryo aja masih bingung soal apa itu hacker , blogger, cracker,phreaker,carder,…. disitu aja dia bingung.. pasti jawabannya salah terus… udah bikin capek aja ngurusin dia.. hanya mencari ketenaran saja… so mending blogger jangan ngurusin roy suryo , tetap sesuai jalur tidak perlu berhenti karena ada pohon melintang di tengah jalan.. salam buat blogger semua.. nuwun

  160. kalangkabut

    —ngakak—

    saya dan bini sampe mau ke dokter lho karena mikir kita ini salah lihat salah dengar dan salah ingat tentang ucapannya roy…

  161. Saya tetap pada pemikiran bahwa perlu ada Asosiasi Blogger Indonesia. Nice review mas!

  162. Ping-balik: Eko Juniarto vs Roy Suryo « Budayawan Muda

  163. jelas akan menambah kepopulerannya om Roy Suryo dong mas hehehehe, padahal kan ….

  164. iSeNG-iSeNG

    kalau saya RS, saya juga tidak bakalan mau pakai domain ‘roy.suryo.info’ …. Edan apa? tiap hari saya harus hapus sekitar 100 – 1,000 spam yang menyapa saya dengan hangat Hi Roy!TM

    http://beritaheboh.wordpress.com/2008/03/30/roy-suryo-apa-sih-maumu-fenomena-blog-bukan-trend-sesaat/

    kayaknya bener ya dugaan saya di tulisan di atas bahwa DENDAM si RS ini LATENT … seperti bara api di bawah tanah gambut

  165. Ping-balik: Blognya AUDI 2 » Blog Archive » Blokir, Blogger dan Roy Suryo

  166. ucritpenyu

    Wuahaha….
    Belum kelar bener masalah dengan para blogger dan hacker,, Roy Suryo memperpanjang masa kontrak ke’artis’an dan ke’tenar’an dia dengan mencari masalah baru dengan kawan-kawan pers….

  167. ucritpenyu

    Om, mo minta izin mengutip sebagian tulisan buat opini di blog ya?

    Salam!

  168. x86free

    sudah sudah jangan berteman, peace man

  169. bli wib, ulasannya detail banget. thank reportasenya. keren..

    baca tulisan ini dan komen2nya, saya kok diam2 simpatik sama RS. rasanya ga fair saja kalau (hampir) semua blogger malah menyerang dia secara personal. saya jarang nemu blogger yg bs menjernihkan kesalahpahaman media soal hacker dan blogger itu. bs jd kita, atau saya sajalah, ada di antara sekian blogger yg trlalu emosional itu.

    tp di luar itu, sy pikir berdasarkan laporan bli wib yg detail ini, sptnya ajang kemarin itu malah jd pengadilan bagi RS utk mempertanggungjawabkan ucapannnya dia. makanya dia bisa ngeles dg mudah dan mengarahkan tudingan ke wartawan. dan, bagi saya, wartawan begitu seringkali terjadi. *pengalaman pribadi. hihi..

    karena itu, kalau ada diskusi lg dg RS, saya usul kita bikin diskusi yg lbh mendasar. misalnya soal kebebasan informasi atau kebijakan TI di Indonesia. itu akan lbh memudahkan kita menilai kapasitas dia, bukan menghakimi. atau mgkn BBC yg harus ngadain ya. yuk kita yg bikin. hihihi..

    thx

  170. Ping-balik: » Jangan Kutip Roy Suryo blognya fiona

  171. panjaaaaaang dan laaaaaaaaaaaammmmmaaaaaaaaaaaa…capeeeeee’ deeeeeeeeeeeeeeeeeeeh. Mana hujan ngga ada ojek ketemu orang jeleeek capeeeeeeeee deeeeeeeeee…h

  172. BLOG = papan tulis dan kapur.

    Ingatlah nanti, kita semua akan jadi :
    Ahli (pakar) Kubur.

  173. @saran:

    PENJAHAT BIADAB SEMUA KALIAN PARA BLOGGER….

    NGAPAIN SIH ISI BLOG CUMA BAHAS ROY SURYO ???? BENER2 BLOG SAMPAH…..

    Silahkan baca postingan saya yang lain, banyak kok yang gak bahas beliau :-)

    @ anton:

    Agak sulit menahan diri memang, soalnya ada beberapa tuduhan yang ia akui bukan pelintiran tapi memang dia sengaja dan itu alasannya karena untuk eye catching headline berita.. ah capek.

    Karena itu saya usul dialog lebih tertutup dengan mas Eko. Kapan kapan kalo beliau main ke Bali bisa tuh diundang beliau :-) tapi yah itu jangan buat menghakimi tapi buat dialog ajah, kalo dia mau semoga ada manfaatnya buat BBC dan semua.

    Tapi jangan dalam waktu dekat, bosen, ntar ajah kalo udah pada lupa.. hehe :-)

  174. Mungkin transkrip lengkapnya ada yang bisa kasih…”wis ta lah (kata orang surabaya) maju terus…!”

  175. huuuh RS ternyata tidak seperti yang saya kira sebelumnya bahwa beliau adalah “pakar” telematika, ternyata
    sungguh mengecewakan, seorang “pakar” tapi bersikap seperti itu

  176. Saya kira blog (seperti juga sms, e-mail, situs) sama saja, ada yang positif, ada yang dinegatifkan. Saya sendiri bikin blog, dan mengajari mahasiswa saya untuk bikin blog. Tujuan utamanya ya untuk saling berkomunikasi, sukur2 bisa lebih (bisa jualan, bisa saling tukar foto/gambar, bisa saling mengajari apa lah…). Itu saja sih… Hidup blogger!

  177. om2 semuanya,

    kalo bisa, adain acara 1 hari diskusi dengan RS. nah disitu keluarin deh semua uneg2 yg selama ini ditahan atopun ketahan. Dan lagian kita bisa lihat, bukti omongannya si RS itu sebanding gak dengan omongannya yg TINGGI & SEMPURNA. perasaan dari pertama gue tau nih orang, buktinya nyatanya gak pernah ada tuh. Contoh : penemuan yg dilakukan oleh “airputih” di akuin oleh si RS, terakhirnya apa yg terjadi? Hanya Tuhan yg tau itu deh…

    RS = FULL OF BULLSHIT! NO NATO (No Action TALK ONLY!)

  178. Ping-balik: Roy Suryo Sesalkan Hanya Sedikit Blogger Vokal Datang Berdialog « The Brewok

  179. Menurut saya Roy Suryo tuh tipe orang yang cari populeritas dengan melempar stigma negatif ke pihak lain namun begitu ditanya kebenaran stigmanya dia malah menyalahkan yang lain. Katanya secara gentle ingin menemui para blogger ternyata diskusi ini sebenarnya karena dia gerah stigma buruk yang mulai muncul akibat kata-katanya yang menuduh blogger sebagai perusak dan ingin membersihkan namanya dengan menyalahkan pers. Sangat tidak gentle melempar kesalahan ke pers. Coba ada rekaman audio kata-kata dia yang menuduh blogger sebagai perusak, tentu dia tidak akan bisa mengelak lagi dengan menyalahkan pihak lain. Para rekan pers, bantu donk publish suara rekaman audio wawancara Roy Suryo yang menuduh blogger sebagai perusak.

  180. andzsr

    Semua hanya karena untuk eye catching headline berita ?!?!?!? capeee deh..

  181. Asus e'

    wuih….leegaaa, akhirnya bisa juga kasih koment…

  182. blogger kayak lagi kontes nguber kata kunci ‘roy suryo’. sudah ah, sama2 cari makan, biarkan mas roy berkarya dan saya berkarya. sama2 jaga perasaan saja. ‘kan sudah jelas2 ‘dibungkam’ UU ITE. menulisnya yang baik2 saja, buat blog yang membosankan namun sesuai cita rasa pemerintah yang ‘bijaksana’ sehingga jauh dari ‘dosa’ dan bau jeruji. manut2 saja dengan keinginan penguasa, kan ini negara diktator demokrasi.

  183. Thx mas buat liputannya, akhirnya kita semua tau kayak apa bung Roy itu..semua kembali keperson masing2. buat saya pribadi, memang dari dulu saya tidak respek sama pakar satu ini

  184. sangat disayangkan yah kehadiran teman2 yang vokal yang tidak bisa hadir.. dan kenapa acaranya ga selesai jumatan saja kan waktunya lebih banyak tuh? tapi salut buat teman2 yang sudah bisa hadir dan usahanya..

  185. apa mas Roy nggak pusing ya? kok jawabannya muter-muter ??????

  186. Ternyata bukan Pakar Telematika melainkan Politikus Telematika

  187. maztikno

    Para pakar pancen pembuat sukar… :D

  188. entahlah, apa maunya roy suryo
    dia selalu menyalahkan media

  189. Numpang kutip yah..tapi monggo dicek, takutnya dibilang salah kutip, kaya ucapan mas roy suryo

  190. mdianapriyanto

    roy kan emang bisanya ngomong doang
    NATO (no action talk only)

  191. grandchief

    aku dukung mas semua-semua yang positif
    jadi jangan hanya pandai membuka situs porno
    oh ya lam knal

  192. Joe

    Sori iseng :
    1. Tulisan2 di awal ga bikin greget, malah bikin pembaca males nerusin baca. Sy jd mikir, acaranya yg benar membosankan atau penulisnya yg ga bisa merasakan?
    2. Ulasannya kurang berimbang malah cenderung ambigu.
    3. 100% maaf ya!

  193. akhirnya dia datang juga yah,,
    meskipun hasilnya kurang memuaskan, toh dapat ditarik kesimpulan kalau roy suryo itu berbelit-belit. Kita lihat saja seperti apa siy blogger positif dari roy.suryo.info

  194. asep251006

    yah.. klo aq bilang percuma ngajak dialog lagi, langkah satu-satunya dia bisa besar ataupun jatuh kan oleh pers.. nah dia udah bilang pers salah kutip, nah menurut pers ucapan RS bener ga? klo salah, pers mesti ambil sikap dong..
    Ga’ perlu ke pengadilan (karena bisa di tebak hasilnya) tapi kembali ke per sendiri..
    baik media cetak maupun elektronik klo mo kompak, jangan pernah ngeliput roy kapanpun, maka dia akan pusing sendiri.. (tersungkur malah)

    Tapi sekali lagi kompak dan konsisten.. jgn seperti dulu pernah inget miss no comment? ktnya pers kecewa ama dia tapi tetep ngintil kemanapun.. nah mungkin RS merasa sampai saat ini dy begitu maka jadilah ” I’M the right man..”
    informasi paling besar di dapat masyarakat itu dari pers loh…

  195. Om, eh .. Mas … Matur Suwun Sanget atas tulisannya … gile … kerasa hadir mbaca tulisan dikau …

    Thanks …

  196. keep on blogging aja dah. pusing liat banyak masalah.

  197. sesuai perkiraanku, RS ga mungkin jelek2in blogger tanpa alasan. Ternyata alasan sebenernya adalah tulisannya Priyadi dan Eko Juniarto yang membeberkan siapa RS sebenernya.
    Dia pingin buat image jelek blog biar kalo ada yg baca blognya Priyadi, mereka ga langsung percaya

  198. Ping-balik: D’Day … « Agni & Bhagas’s Corner

  199. tetap semangat aja blogger

  200. proletarman

    Klo terus diperdebatkan ntar dia merasa orang penting. Omongan orang ga penting kan ga usah digubris. Dia menggonggong blogger kreatif terus… hahahahhaa

  201. Ping-balik: U-Radio » Dari Diskusi Blogger dengan Roy Suryo

  202. Komentarnya makin rame mas, saya salut sama mas Wib yang terus memantau isi komentar dan menjawab dengan cerdas, tanpa terliht menggurui.

    Saya juga nulis tentang blog ini dan mas RS di blog saya.

    http://eshape.blogspot.com/2008/04/kehangatan-mas-roy-suryo.html

    kompak selalu mas !:-)

    salam

  203. Ping-balik: Wartawan Salah Kutip (dialog roy suryo vs blogger) « Broadcasting Management

  204. Kemudian Roy mengatakan semua itu berawal dari dua orang Blogger yang tidak ia ketahui sebabnya selalu saja menyerang dirinya secara pribadi, dua orang Blogger tersebut adalah Priyadi dan Eko Juniarto.

    wah, beliau ini memang benar2 lihai memelintir fakta. seluruh posting saya tentang beliau selalu dilatarbelakangi oleh pernyataan beliau. jadi bukan ‘menyerang diri pribadi’ secara membabi buta tanpa alasan. kalau beliau gak ngomong apa2, ataupun ngomong tapi gak asbun, saya juga gak nulis apa2. isu ad hominem ini sebenarnya isu yang sama sekali gak ada.

    selain itu, pertama kali saya ‘berinteraksi’ dengan beliau adalah di milis genetika, kalau gak salah membahas tentang ‘analisis’ foto bjah, sukma ayu, metadata etc etc. justru beliau yang pertama kali menyerang ‘gak puguh’ dengan menuduh nyaris seisi milis ‘menghalangi investigasi polisi’, ‘memperkeruh suasana’, etc etc. bahkan eko mendapat ancaman pribadi lewat sms. jadi yang benar adalah sebaliknya, yang selalu menyerang pribadi lawan diskusinya ya beliau sendiri. soal masalah metadata gambar yang gampang diubah2 dengan mudah justru beliau gak pernah membahasnya sama sekali.

  205. Waduh, saya ketinggalan neh! Padahal pengen ketemu Mas Roy! Saya ingin tanya, kepada beliau “Sebenarnya mas Roy bisa nggak sih buat Blog?” :D kekekeke (katrox)

  206. Ping-balik: Ayo Jadi Blogger Berprestasi! | DuniaAnda.com

  207. @Priyadi:

    Baru muncul Pri?

    justru beliau yang pertama kali menyerang ‘gak puguh’ dengan menuduh nyaris seisi milis ‘menghalangi investigasi polisi’, ‘memperkeruh suasana’, etc etc. bahkan eko mendapat ancaman pribadi lewat sms

    Saya kok semakin yakin bahwa memang ada model manusia seperti ini.

    Saya pernah kenal beberapa orang yang nekat menyerang sebuah komunitas untuk mempertahankan diri yang sudah terlanjur terpojok. Kata Prof Ronny, Labelling Theory, ternyata memang ada manusia model begini.

    Yang membuat dia terpojok juga sikapnya sendiri. Sensitif kedalam tapi tak bertenggang keluar, mbuh lah, orang psikologi mungkin lebih tahu istilahnya.

  208. Ping-balik: Dialog Roy Suryo dengan Blogger « ::::::M i k o R a h a r j a::::::

  209. Numpang lewat ajah ah.. :lol:

  210. saya baca sampek habis postingan sampeyan :D padahal biasanya aku paling males sama postingan yg puanjang. Weslah saya jadi penonton saja :D
    /*Terimakasih atas laporan pandangan matanya :D

    (baru baca postingannya udah capek, blm baca comment2nya yg seabrek :( )

  211. dbyo46

    ‘pilihan?’ bull shit. untuk roy, lebih mudah melacak orang2 yg ‘iseng’ sama dia apabila hal tersebut dilakukan lewat SMS or Email. coz dia memang bisa dan punya kemampuan dalam hal itu. klo pakai blog, bisa2 tuh blog di jahilin terus ; )
    gw benci sama tindakannya terutama pada kasus b’jah dan alm.Sukma Ayu. Aib orang koq di siram metanol > o

    saya sendiri hadir dalam diskusi tersebut. diskusi kurang greget karena waktunya yang mepet. salut untuk roy yg sudah mau datang. dan mas Riyogarta yg mau ‘head2head’.

  212. Sampai sekarang saya tidak habis pikir kenapa media begitu ‘cinta’-nya sama mas Roy. Menurut saya para blogger yang juga pakar IT banyak banget. Mungkin para blogger dan pakar IT yang lain sudah saatnya lebih unjuk gigi dan lebih ‘media friendly’ supaya bukan cuma mas Roy saja yang dijadikan referensi oleh media massa.

  213. Koq Roy mbuat istilah “pelintiran media” ya?? Sayang aku dah gak pasang TV card di PC. Gak sempet capture pas RS di acara Good Morning. Disitu jelas2 dia menegaskan, deface2 akhir2 ini pasti kerjaan para blogger. Apa itu termasuk kutipan media wong dia siaran langsung.

  214. Gw bookmark dulu lah ni halaman, tar kalo ada waktu luang baru baca-baca lagi.. seru nih keliatannya

    +iR+
    http://www.jadul.org/

  215. Mas Pri dan Eko…

    Ini adalah pilihan anda untuk menegakkan kebenaran…

    Dibelakang Roy Suryo itu, pasti ada suatu kejadian yang diluar pengetahuan kita yang mengehobhkan si RS di blog-blog ..

    Dan prediksi saya, di belakang Roy Suryo ada sesuatu yang besar, berjamaah, dan urusan besar ( entah positif, entah negatif .. tapi perasaan saya sih negatif hehe )

    Wartawan adalah CS Roy Suryo ( sebagian ), karena UU ITE ini asalnya dari DPR, dimana wartawan pun sudah ‘biasa mangkal’ disana..

    Secara humaniora, RS cukup supel menurut saya..

    Pilihan untuk mas Pri dan mas Eko adalah:
    1. Mengalah untuk cari aman
    2. Menantang RS debat di depan publik ( kalau perlu sekalian media TV ) …

    semoga kita dapat mengungkap bersama … apa sih yang terjadi di balik hal ini tanpa kita sadari .. apakah menguntungkan rakyat .. atau justru merugikan rakyat

    mengenai blogger = hacker / cracker .. menurut saya itu cuma alasan provokatif supaya semua blogger pada ribut dan emosi aja … kalau mau .. somasi aja biar lebih serius .. beres kan ?

    saya curiga, di balik ini semua .. ada sesuatu berlangsung secara berjamaah untuk kepentingan sekelompok .. blogger hanya jadi pengalih perhatian karena mudah untuk di provokasi ..

    Salam,
    Dari Rakyat..

    Untuk Rakyats

  216. Akhirnya permasalahan mengkerucut juga. Perseteruan perang dingin rupanya. Luar biasa laporannya, agak mendetail. Blogger adalah bagian dari suara murni masyarakat. Beruntung ada internet dan blogger, perjuangan yang tidak terlaksana melalui media formal, akan menjadi menarik diperjuangkan melalui media informal. Yaitu Blogger. Soal negatif dan positif tergantung dari penulisnya. Setuju jika Om Roy memberikan cara-cara membuat blog negatif. Ditunggu pemaparannya dari artis IT kita ini.

  217. Wah baru baca. :D
    Saya sangat setuju kalau akan diadakan dialog antara RS vs Priyadi dan Eko.

    Saya masih yakin kalau RS hanya cari sensasi, tapi dampak cari sensasinya itu bisa merugikan orang lain. Sampai sekarang akhir persoalan dari blogger = hacker belum tuntas. Dan seperti yang dipaparkan oleh RS, dia sama sekali tidak serius untuk mengakhiri permasalahan ini.

  218. Ping-balik: Suami malas » øEvolusi blogø

  219. kok ada ya orang kayak gitu.. ga habis pikir……

  220. Ping-balik: Dampak Dialog Terbuka

  221. Mas Wibi, saya menulis berita di marsinah.com dengan sumber dari blog ini. Komen ini bermaksud minta ijin “ngutip” semoga tidak keberatan.
    [-O<

    romsun.pramudito

  222. @romsun.pramudito:

    Monggo mas, dengan senang hati :-)

  223. Sebenarnya saya tidak bermaksud menuduh para blogger dan hacker itu jahat seperti cracker. Terus terang waktu itu saya memang belum tahu perbedaan blogger, hacker, dan cracker. Awalnya setahu saya hacker = cracker (tapi beda dengan crakes ya??!). Sekarang saya ‘sedikit’ mengerti kalo hacker itu kemampuannya untuk menyerang kemudian menutupi kelemahan sedangkan cracker itu memang bertujuan untuk meng-’crack’ (acak-acak).
    Karena ada beberapa blogger yang jahat dengan menuduh saya tidak bisa apa-apa (Priyadi dan Eko) dan karena saya tidak banyak tahu perkembangan web versi 2.0, termasuk blog, maka saya menganggap bahwa semua blogger itu jahat.
    Yah, namanya juga cari sensasi mas. Dalam komunikasi massa itu kan ada cara mencari sensasi, termasuk sok pintar. Ya.. gitu deh.

  224. joni

    Terakhir saya dengar si Roy ini mengatakan dirinya BUKAN PAKAR telematika, melainkan PENGAMAT telematika. Hehehe…. lutuna :)

  225. jacxx

    royy banyak bacottt luhhh
    ngomong kagak ada yg bener

    aneh tapi nyata ternyata ada manusia kek gini :(

  226. sekarang, ada pertanyaan baru!!
    1. yang memberikan kuasa kepada roy suryo untuk menentukan blogger negatif dan positif itu siapa???
    2. berikut kutipan dari tulisan diatas
    Kemudian dialog dimulai dengan penjelasan dari Riyogarta tentang topik dialog semula bukanlah “Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia”, judul topik tersebut adalah pilihan dari Roy Suryo.

    kenapa roy memilih judul “membuat blogger positif untuk Indonesia”, memangnya sudah separah apa blogger Indonesia ???

    3. kenapa Indonesia masih mendengarkan si roy suryo??? punya keahlian apa dia??? bisanya keluarin statement yang konyol.

  227. tazlucu

    Oh Syukur-lah
    Saya kira dia pakar gitu, maksudnya pakar gambar2 porno atau malah pakar seks. :)

    Roy Suryo, Master of half truths, lies and denials.

    Tapi salut sama “makhluk” ini, “kualitas”-nya bisa nembus ke Pemerintahan.

  228. Blogger sama seperti sebuah ruang, sebuah rumah untuk kita berkumpul, itu saja…

  229. Terima kasih sebelumnya artikelnya mas, membantu kita mengetahui apa yang terjadi.

    Mungkin kalau yg jadi moderatornya Guru/Dosen pak Roy Suryo, mungkin beliau bisa menjawab dengan lebih ilmiah dan lebih “hormat”.

    Tapi sekuat apapun kita berargumen akhirnya keluar statement “itu kan menurut Mas aja toh?”

    Waduh aku kok jadi mengutip Roy Suryo lagi nih, sial..

  230. roy suryo jugaaaaaa manusiaaaaaaaaaaa ….

  231. Ping-balik: I think .. » Dialog Blogger Dengan Roy

  232. Ping-balik: 9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2008 » Benny Chandra dot com

  233. kang roy memang dari dulu kayak gitu , mending suruh ikut kampanye damai

  234. frograynz

    wah mas, saya jadi mengerti kenapa roy suryo antipati ma blogger.. padahal saya menganggap blog itu media informasi yang cocok untuk khalayak umum karena selain gratis, juga gampang. yah terserah si roy aja yang nganggap gmn, gara2 blog gw (kebetulan bukan di wordpress) banyak adik2 kuliah gw yang terbantu kuliahnya..

  235. roy suryo
    aya aya waee

  236. pekerjaan yang sia-sia adalah pekerjaan yang paling di benci Allah.

  237. Ping-balik: roy suryo « Ysfksh's Blog

  238. Sip… Saya Setuju… maju truz mas suryo ^^

  239. Emang nih skarang mending kita generasi Muda Blogger Indonesia ngebuat Internet jadi Makin Asyik tanpa adanya Politik demi Kemajuan bangsa Indonesia.

    Ngeblog Demi Kemajuan Bangsa Oke ……

    Silahkan liat” yah
    Kenangan Indah Blogger Bekasi
    News and game Update
    Linux and Open Source

  240. Wah jadi pusing baca komentar diatas…

  241. wah,,,
    bnyak bgt komentarnya,,,

  242. nice banget gan artikelnya.. lengkap dan isinya sangat bagus.. kira2 ada situs yang memiliki artikel seperti ini juga ga y??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s