Teori Konspirasi Bom Marriot 2

Pagi 17 Juli, jam sembilanan saya terbangun oleh telephone dari sepupu di Bali yang menanyakan perihal bom di hotel Marriot Kuningan Jakarta. Saya kaget dan langsung online dan di twitter telah ramai tweet tentang bom ini.

Sejak awal saya bertanya-tanya siapa pelaku pemboman kali ini. Hubungan AS dan Timur Tengah tidak sedang memanas, bahkan cenderung lebih baik sejak Obama terpilih menjadi Presiden.

Hotel J.W Marriot adalah hotel yang penjagaan keamanannya sangat ketat karena sudah pernah dibom sebelumnya. Perlu strategi dan perencanaan yang sangat matang untuk meledakan bom kembali disana.

Noordin M Top adalah teroris yang diduga menjadi dalang dari pemboman ini oleh beberapa pengamat seperti Sidney Jones. Opini Sidney Jones ini akan menggiring spekulasi kearah dalangnya adalah M Top semata dan tidak terkait jaringan sebelumnya yaitu JI.

Pelaku teknis bom bunuh diri dilapangan memiliki ciri yang sama dengan jaringan M Top. Tapi apakah ini murni design dari M Top sendiri? Dengan melihat bagaimana kondisi jaringan M Top sekarang yang sudah tidak seperti dulu lagi ketika Dr Azhari dan Imam Samudra masih hidup, saya meragukan mereka sendiri bisa melakukan semua ini.

Faktor faktor seperti tingkat kesulitan yang tinggi untuk melakukan pemboman kembali di Marriot, kondisi jaringan M Top yang sudah tidak seperti dulu lagi, kondisi politik di Timur Tengah yang tidak sedang memanas, membuat saya mensinyalir bahwa pelakunya tidak dalam format seperti yang dituduhkan oleh Sidney Jones.

Lalu apa? Melihat timing dari pemboman ini patut dapat diduga motifnya adalah politik. Cuma saja mesti hati hati untuk tidak terplot oleh pidato SBY beberapa jam setelah bom.

Banyak pihak yang sangat berkepentingan dengan siapa yang akan jadi Presiden RI nanti. Lawan politik SBY tentu saja berkepentingan tapi apakah mereka pelaku pemboman? Sebagian orang melihat SBY melalui pidatonya seperti ingin menyiratkan kearah situ.

Siapa Presiden RI dikemudian hari akan menentukan nasib kepentingan kepentingan banyak pihak di Indonesia. Indonesia adalah negara yang strategis tidak saja dalam kawasan Asia tapi juga dunia.

Sejak kampanye pilpres isu kepentingan kepentingan ini sudah menyeruak. Mulai dari isu neoliberal yang didaulat sebagai wakil kepentingan asing di Indonesia. Tidak berlebihan juga kalau saya katakan asing sangatlah ingin presiden terpilih nanti dapat mengakomodasi kepentingan mereka. Entah kepentingan ekonomi maupun politik.

Konstalasi kekuatan capres terbagi dua: SBY-Boediono lawan Mega-Prabowo dan JK-Wiranto. Jika SBY mengusung visi yang lebih pro investasi asing maka lawan politiknya pasti akan sebaliknya. Para investor asing tentu tak mau bukan SBY yang terpilih. Tapi mereka tidak mau ikut campur urusan politik dalam negeri seperti mencurangi pilpres misalnya. Mereka juga mau melihat Indonesia menjadi negara yang demokratis.

Melihat perkembangan perhitungan suara yang mengarah kepada kemenangan SBY maka mereka bisa berbesar hati. Tapi surut lagi setelah melihat gelagat bahwa hasil pilpres ini bisa di gugat melalu MK jika cukup bukti bahwa pilpres tidak beres. Bukti yang paling krusial untuk dapat menggugat pilpres adalah DPT yang kacau balau. Jika bukti bukti itu dapat meyakinkan MK maka pilpres dapat diangap tidak sah dan harus diulang. Kacau balau kalau begini.

Melakukan intervensi seperti di Irak/Iran akan merusak Indonesia sebagai negara yang sudah mengarah ke demokrasi. Usaha yang dilakukan oleh Mega-Prabowo untuk menggugat pilpres melalui MK sangat mengkhawatirkan pihak yang ingin melihat SBY-Boediono segera dilantik.

Melihat bagaimana kondisi sosial-politik di Indonesia dimana keadaan keamanan yang pernah cacat oleh peristiwa pemboman teroris sangat mungkin dilakukan pengalihan perhatian melalui operasi intelijen dengan modus terorisme.

Operasi intelijen dengan modus terorisme ini akan memberikan dampak politik yang sempurna antara lain:

  • Tidak memiliki dampak merusak sendi sendi demokrasi Indonesia secara langsung karena masyarakat percaya yang salah adalah teroris.
  • Proses gugatan pilpres ke MK oleh Mega-Prabowo menjadi terganggu karena Prabowo memiliki profil masa lalu yang dapat di mis-identifikasi sebagai pelaku pemboman.

Seperti layaknya operasi intelijen, pelaku selalu dari komunitas lokal yang gampang diperalat. Golongan garis keras yang fanatik sangat mudah diperalat untuk kepentingan ini. MOSAD melakukannya di Palestina terhadap HAMAS yang dikemudian hari berbalik merepotkan mereka. CIA melakukannya di Afganistan melalui Osama bin Laden untuk memerangi Rusia yang dikemudian hari juga berbalik menghantam Amerika.

Sementara itu para pengamat Barat akan terus memberikan pencitraan dimedia bahwa ini murni terorisme dengan kondisi yang sangat spesifik dan cenderung dipaksakan. Ditambah lagi CIA sekarang sedang membentuk sebuah komisi yang akan membantu mengungkap siapa pelaku peledakan bom aneh kali ini.

Bisa ditebak hasilnya siapa…

Ini juga bisa menjadi bukti kenapa M Top tidak tertangkap. Karena dibutuhkan sosok seperti M Top pada situasi yang seperti ini. Konsep jangan dilumpuhkan dan cukup dilemahkan saja sudah teruji sejak jaman VOC dimana oara Ketju merajalela di kerajaan Mataram.

Cuma saja hasilnya tidak pernah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya…

31 Komentar

Filed under politik

31 responses to “Teori Konspirasi Bom Marriot 2

  1. siapakah “M toop” kali ini?
    jangan2?
    komen callighan di : http://romailprincipe.wordpress.com/2009/07/17/konferensi-pers-bom-jw-marriot/

    meski saya ndak mau bahas ini lagi..atutt…

    Salam damai, banyak yang mengasihi dan berharap teroris atau dalang semua ini bertobat..

  2. Hercule Poirot selalu dengan sinis berucap, “Kita mulai saja dari faktor uang.”
    Kalau para investor dan eksekutif asing dibuat takut dan enggan beraktivitas di Jakarta, lalu ke mana mereka akan memindahkan uang dan aktivitasnya?
    Mungkin M-Top malah sudah lebih tahu jawabannya.

    • bakuisa balsak

      maksudnya ini tertuju kepada negara lain ?
      banyak yang mensinyalir ada negara berkepentingan mengalihkan wisatawan keluar dari indonesia dan mengalihkannya ke negaranya….

      yang jelas negaranya memang terbukti lebih aman dari teroris..
      kuncinya adalah warga negara kita tak boleh permisif terhadap teroris…

      konon untuk orang luar yang datang ke indonesia banyak yang mudah bikin ktp…

      tapi untuk wni khususnya keturunan cina yang udah tahunan tinggal di indo, kadang dibuat susah bikin surat…

      piye toh pemerintah kita?

  3. Ping-balik: Teori Konspirasi Bom Marriot 2 « Jakarta 45

  4. Mantep bangat kutak-katik tiori konspirasinye mas wibi.. Nyang jelas, siape aje nyang jadi pelakon “bedasi” bom Marriot-Carlton tempo ari, ntu orang ude paham betul semue peta mikro ame makronye eni republik..
    Saye grendengan juga soal eni di: http://idhoy94.wordpress.com/2009/07/18/jakarte-mleduk-lagi/
    Tabe’ gan! Wassalam..

  5. iRHoTeP

    To those stupid bombings mastermind:

    Don’t you have any other scenario options? We’ve seen it all, and it was soooooo damn easy to point the whole thing to you. You should begin to hiRe some story writer (not sinetron story writer though), so we wouldn’t see another tasteless conspiRacy theories you’re about to made.

    Please!! Broaden your knowledge!! Read some books or something for your references. Stop being a very boring person(s)!

    Thank you!

    #iR#

  6. Top of the Top diletakkan pada M. Top. Siapapun pelakunya, sungguh tidak dimengerti untuk apa dia melakukan kekejaman keji seperti ini.

  7. dah sampai mana konspirasi teorinya nih?

  8. Wibisono Sastrodiwiryo

    @romailprincipe: salam juga🙂

    @koen: hmm.. itu bisa jadi teori tersendiri, tapi kalau pakai teori awal saya maka mereka sudah antisipasi itu, CIA akan datang ke Indonesia mengungkap pelakunya, masyarakat senang dan investasi tidak lari ke Malaysia, cukup MU saja🙂

    @idhoy: iye bang idhoy, abang atur aje baeknya gimane…🙂

    @iRHoTeP:🙂

  9. Nope. Was just kidding. Sorry.

  10. @koen: sorry for what? i missed one first line of iRHoTeP’s comment… me sorry..🙂 hehe…

  11. jadi kira2 siapa yang diuntungkan dari kasus ini bang?

  12. siapapun pelaku pemboman,dia adalah pengecut.salam kenal.

  13. iRHoTeP

    @mas Wibisono: tenang mas, arah pikiRan kita sama kok. Komentar di atas ditujukan buat para mastermind yang tampak sekali sudah kehabisan ide.

    Anyways, sengaco, seaneh dan sekonyol apapun teror bom kali ini, ini adalah tindakan yang benar-benar gak berperi kemanusiaan.

    Dan bila benar pak SBY secara jujur akan menemukan dan menghukum keras pelakunya dan otak di balik teror kali ini, rakyat Indonesia sudah menyaksikan sumpah Anda itu.

    Kita lihat saja perkembangannya, siapa yang jadi kamb… eh, pelakunya.

    #iR#

  14. iip

    Catatan:
    1. Masalah DPT tidak begitu signifikan, MK bahkan sudah memberikan jalan keluar tepat sebelum pemilihan berlangsung. Jadi kalau sampai disidangkan di MK, rasanya MK akan mementahkan
    2. Bom Bali 2002 dan Bom JW Marriott 1 2003: jadi tak begitu berkaitan dengan pemilu di Indonesia. Kalau ada yang mengkaitkan dengan pilpres, barangkali penumpang gelap gerbong teroris, yang ingin memanfaatkan situasi
    3. Yang masih relevan tentu pendudukan amerika di Afganistan dan Irak, meskipun Obama sudah memberikan janji manis pada pidatonya di Mesir, faktanya Afganistan dan Irak masih membara.

  15. hrdgtv

    teori yang menarik,, tapi bagaimanapun pembunuhan tetap pembunuhan..

    http://lowongankerjadiglobaltv.wordpress.com

  16. engeldvh

    SIAPA PELAKUNYA????
    APA ALASANNYA???
    MENGAPA BISA TERJADI????
    Simak ulasannya di:
    http://engeldvh.wordpress.com/2009/07/21/opini-luar-biasa-bom-kuningan-ii/

  17. HELEH! sydney john koar-koar lagi! Asal ngomong tuh sydney john.dia tuh pemecah persatuan bangsa.

  18. Apa kabar…mas
    Saya lama gak pernah main kesini..
    Mohon dimaafkan..

    Mantap benar mas ulasannya…
    Memang benar.. seringkali terlupakan.. bahwa skenario boleh apa saja..
    Hasil akhir hanya satu yang boleh menentukan..
    DIA yang punya hak preogratif.. terhadap apapun

  19. LING CIENG

    AKSI BOM BISA SAJA INGIN MENGALIHKAN WACANA PEMILU TIDAK JURDIL,DAN BISA SAJA TERORIS ITU PRO NEOLIBERAL YANG INGIN TERUS MEMANFAATKAN KEUNTUNGAN, SKETSA PELAKU BOM BISA SAJA DIA BUKAN PELAKU TAPI KORBAN,MUNGKIN ADA YANG MENYIMPAN BOM DALAM TAS NYA,/DISURUH MENGIRIMKAN TAS ITU KE HOTEL,TERORIS PAKAI TRIK UNTUK MENGELABUI,MANA ADA ORG INDO YG MAU MATI HANCUR OLEH BOM,ORG INDO BISANYA CUMA BIKIN PETASAN!!!

  20. AKSI BOM BISA SAJA INGIN MENGALIHKAN WACANA PEMILU TIDAK JURDIL,DAN BISA SAJA TERORIS ITU PRO NEOLIBERAL YANG INGIN TERUS MEMANFAATKAN KEUNTUNGAN, SKETSA PELAKU BOM BISA SAJA DIA BUKAN PELAKU TAPI KORBAN,MUNGKIN ADA YANG MENYIMPAN BOM DALAM TAS NYA,/DISURUH MENGIRIMKAN TAS ITU KE HOTEL,TERORIS PAKAI TRIK UNTUK MENGELABUI,MANA ADA ORG INDO YG MAU MATI HANCUR OLEH BOM,ORG INDO BISANYA CUMA BIKIN PETASAN!!!

  21. Bakule Apem

    Heeeehehehe………biasa cong……SBY “ndrama”…..dgn mimik dan gesture…….nya yg aduhai…… (pembisiknya al: para cecunguk….Malarangeng bersaudara)…… Demikian al….”demi rakyat saya bersumpah…akan memerangi terorisme…….” halah…tonil zaman dardanela…..tempo doeloe. Lebih keren Kang Sujiwo Tejo di iklan:……” demi Allah….dan demi Sulastri ibuku,,,,, saya tidak dibayar….untuk…..”…. Siiiip

  22. Ping-balik: Menelanjangi Osama Bin Laden « ANTI RADIKAL PRO NASIONAL

  23. cariciri

    sejak semula, awal saat munculnya beberapa cawapres dan pasangannya, sdh sedikit banyak menunjukkan bahwa akan ada intrik politik dan akan dibumbui dgn tndak kekerasan, saat jalan menunjukkan kebuntuan.
    Upaya mendopleng pihak yg slama ini dituduhkan sbgai kelompok teroris indonesia, adalah cukup lihai, upaya untuk mengelabui masyarakat.
    akan ada person2 dgn kapabilitasnya yg akan mengarahkan opini agar alur berpikir kita tidak sampai mengarah pada intrik politik, tidak mengarah pada person yg menjadi aktor intelektual. (perhatikan dibeberapa media).
    akan ada person2 yg mnjdi kaki tangan mr.X, utk membentuk opini2. tapi, mungkin inilah saatnya, waktu Indonesia utk berbenah, diantara puing2 keserakahan.

  24. Semakkin banyak teori yang memabahas semoga bisa cepet terungkap siapa dalang di balik ini semua…

  25. jadi boneka nya barat gitu mang?

  26. Biarlah tuhan yang akan membuktikan, kebenaran pasti akan terungkap meski banyak yang ingin menyembunyikannya…

  27. commend 171 luar biasa dahsyat artikel anda sangat bermanfaat bagi saya. dan jangan lupa berkunjung ke situs saya.

  28. Ze

    kalo ga suka dgn teori, boleh kita lihat dari pengalaman………..
    kasus komando jihad yg ternyata binaan dari intelejen…………..NII KWIX yang sampai saat ini dibiarkan bekeliaran walaupun sudah di laporkan berbagai ormas itu juga binaannya intelejen,,
    di luar…..
    kelompok taliban itu juga didikan militer as
    saddam husen merupakan mitra as dalam menghadapi komunis ………………………….
    gerilyawan anti castro juga dibina oleh CIA……..
    dll…
    sejarah di atas bukan teori lg, tapi udah ada pengakuan dan bukti …..so itu sudah merupakan salah satu tugas intel untuk melakukan counter intelegen, masalahnya adalah intelegent berbuat untuk siapa? dapat dilihat dari target opini…..so silahkan beropini dgn jernih……………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s