Anugrah Planet Muzik 2008

Pada saat saya buat tulisan ini dibuat acara Anugrah Planet Muzik (APM) masih berlangsung dan disiarkan langsung oleh GlobalTV dengan Sarah Sechan sebagai Host.

Acara yang konon sudah berlangsung selama 8 tahun itu katanya untuk memberi penghargaan kepada para insan musik dari negara-negara berbahasa Melayu supaya musik Nusantara bisa lebih bermartabat di kancah Global. Negara yang berpartisipasi diantaranya Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Tapi kenyataan jauh panggang dari api. Hingga detik ini sementara baru ada 3 kategori yang diumumkan pemenangnya, antara lain:

Artis Wanita Baru Terbaik (Best New Female Artiste):

  1. Farah Asyikin – Malaysia (pemenang)
  2. Gita Gutawa – Indonesia
  3. Mila – Malaysia
  4. Rini Wulandari – Indonesia
  5. Ussy Sulistiawati – Indonesia

Artis Lelaki Baru Terbaik (Best New Male Artiste):

  1. Aliff Aziz – Singapura
  2. Diddy – Malaysia
  3. Faizal Tahir – Malaysia (pemenang)
  4. Ihsan – Indonesia
  5. Syed Azmir – Singapura

Duo / Kumpulan Baru Terbaik (Best New Duo / Group):

  1. D’Cinnamons – Indonesia
  2. Matta – Indonesia
  3. Meet Uncle Hussein (pemenang)
  4. Ran – Indonesia
  5. She – Indonesia
  6. The Titans – Indonesia

Dari ketiga kategori itu pemenangnya semua artis Malaysia. Saya mulai bertanya dalam hati tentang kredibilitas APM ini. Apa saja yang jadi poin penilaiannya?

Dari semua pemenang dalam tiga kategori awal ini tidak ada satupun yang saya kenal baik artisnya maupun lagunya. Mungkin mereka lebih dikenal di Malaysia ketimbang di Indonesia.

Padahal artis Indonesia yang ikut masuk nominasi sudah dikenal baik di Malaysia seperti RAN dan BCL.

Saya mulai berpikir APM ini hanya sebuah strategi untuk bisa mengangkat musik Malaysia atau Singapura agar dapat duduk setingkat dengan artis kita diajang penghargaan.

Sungguhpun demikian ternyata tidak cukup efektif karena dari tahun ke tahun pemenang APM tidak serta merta menjadi sukses menembus pasar Indonesia. Sebaliknya artis Indonesia lebih banyak memiliki daya tembus ke pasar Malaysia.

Berikut saya kutipkan dari sebuah media online Malaysia Utusan.com.my yang mencerminkan dugaan saya:

Sejak kali pertama APM dianjurkan pada tahun 2001 di Singapura, saban tahun acara muzik itu tidak terlepas diheret ke kancah kontroversi.

Bukan saja dengan perjalanan anugerah yang dikatakan semakin lama semakin membosankan serta tiada perubahan, malah pemilihan pemenang dan senarai pencalonan juga ada kalanya dipertikaikan sehingga ada yang mengatakan penganjuran APM sekadar melahirkan jaguh kampung sahaja.

Tahun demi tahun, ramai yang sudah mula meragui kredibiliti APM sehingga timbul pertikaian ke mana arah tuju APM dalam memberi ruang kepada artis dari Malaysia, Singapura dan Indonesia untuk menembusi pasaran muzik negara masing-masing.

Sebagai contoh, isu artis Indonesia yang mudah menerobos pasaran Malaysia sudah lama dipertikaikan dan menjadi bahan perbualan hangat sehingga ada artis tempatan yang berasakan sudah tiba masanya pihak-pihak tertentu membuat sesuatu dalam mengurangkan kebanjiran artis Indonesia ini.

Lalu, menerusi penganjuran APM itu sendiri, ramai yang berpendapat, ia platform yang cukup berpengaruh untuk membawa karya artis Malaysia menembusi pasaran muzik Indonesia.

Namun, entah di mana silapnya, tidak ramai artis kita yang berjaya menembusi negara bekas jajahan Belanda itu terutama sekali mereka yang pernah menggenggam trofi APM yang dikatakan sungguh berprestij itu.

Tidak baguskah muzik kita sehingga tidak mampu untuk diterima masuk ke sana?

Adakah dengan kemenangan mereka di APM tidak membawa sebarang erti kepada pemerhati muzik negara serumpun?

Atau APM lebih kepada pengagihan anugerah kepada artis tiga negara serumpun ini dalam menyedapkan hati mereka yang bertanding?

Nama-nama seperti Vince, Dia Fadila, Nikki, Noryn Aziz, Jaclyn Victor dan Sarah Raisuddin (sekadar menyebut beberapa nama), semuanya pernah merangkul gelaran terbaik di APM tetapi dilihat tiada langsung usaha untuk membawa mereka ini ke peringkat lebih jauh.

Kalau dilihat tulisan Shazryn Mohd. Faizal diatas dugaan saya semakin kuat. Selamat deh buat Malaysia yang sudah berhasil memenangkan artisnya di ajang penghargaannya sendiri. Saya kasihan banyak artis Indonesia senior yang diundang dan duduk di bangku penonton, mereka harus menyaksikan semua acara itu sampai selesai… halah, what a torture.

Sekali selamat buat Malaysia, lumayanlah kalah direalitas tapi menang di ajang penghargaan yang dia buat sendiri, selamat selamat selamat..🙂 lanjutkan mimpimu… APM ajang bergengsi? ah sorry to say, bagi saya artis Indonesia gengsi dong ikut APM, ajang yang tidak kredible…

95 Komentar

Filed under musik

95 responses to “Anugrah Planet Muzik 2008

  1. mi2

    Anugerah Planet Musik – Bukan anugerah dari malaysia…. tapi dari singapura… Saya orang Brunei… saya tidak memihak siapa-siapa… yang saya tau juri yang memilih ada 9 juri tuk kategori terbaik… 3 juri dari setiap negara…. so it fair…
    Saya memang tau musik indonesia ….lebih banyak genre, ya… saya akui musik indonesia memang bagus…. liat aja kategori album terbaik, lagu terbaik & kumpulan terbaik di menangi oleh GIGI… emang bagus sih… lagu2 GIGI…. terutama lagu nakal & 11 januari…

  2. Jed

    ya….kayaknya Malaysia mulai ketakutan sama yang namanya Indon(esia) apa lagi sejak demokrasi di sini mulai ngaruh ke sana juga…

    Jed at http://jed.revolutia.info

  3. Ini pertanyaan menarik: Kenapa musik negeri jiran (Malaysia-Singapura-Brunei) sulit menembus dunia musik Indonesia dan sukses di sini? Tebakan saya, karena jumlah pemusik di Indonesia sendiri sudah terlalu banyak dan mencakup berbagai aliran😀 Jika mereka tidak membidik genre yang masih/sedang sepi (misal: Diva-divaan seperti Siti Nurhaliza atau Hip-hop seperti Too Phat), rasanya sulit bagi mereka untuk bersaing dengan artis-artis ‘tempatan’.

  4. musiclover

    hello!

    udah nonton APM hingga akhir ngak? Gigi mendapat 3 piala. Untuk Kumpulan/Duo Populer, Lagu Populer, dan Lagu Terbaik. KD menang Artis Wanita Terbaik . selainnya dimenangi artis malaysia. buka mata dan telinga pada muzik malaysia dan singapore juga dong. biar komentarnya objektif.

  5. frime

    biar aja mereka banyak yang menang toh, SEMUA LAGU MEREKA BERBAHASA INDONESIA EYD.

  6. agn

    udah biasa difasilitasi sih, jadi kalau bersaing males. Nah, akhirnya untuk urusan kayak gini juga musti dikatrol :D… Tapi kita lihat deh realitas dilapangannya aja, lebih laku mana musik sini apa sono! hehe

  7. frime

    biar aja mereka menang di kandangnya… toh :
    1. lagu mereka EYD, secara moral bangsa kita menang
    2. mereka TIDAK akan disukai artisnya di Indonesia
    3. kualitas mereka terbukti sebagai plagiator

    silahkan simak

    http://www.4shared.com/file/41870148/46c1fe47/frmie-spertidulu.html

  8. anien

    betul sekali…setubuh!!!!
    aku pikir itu semua hanya dijadikan strategi pemuzik malay untuk memperkenalkan artisnya ke indonesia. padahal semuanya (style/fashion, logat, perform) nyontek ama artis2 indonesia like ari lasso, once, armand, bahkan perform-nya sok dimirip2in RAIN. kan nggak pantes. hehehehe….!!!!
    emang apa sih yang didapat mereka???? padahal mulai dari artis, host, konsep, semuanya nyewa indonesia. palagi neh….denger2 menghabiskan biaya 5jt ringgit (wah…!!!! separuhnya lari ke indonesia neh!!! hehehe!)
    soal kredibel n gramornye sih masih lebih oke AMI 2008 yang di selenggarakan RCTI secara mendadak (panas kali ye….!!!!) apalagi kalo dibandingka jamannya AMI SHARP dulu atau PANASONIC Award (Wuuuiiiiihhh…..jauuuuuuuh. sejauh Indonesia-Belanda. hehehe)

    end….!!!!

  9. karim

    u’r typical indonesian
    sebab utama lagu indonesia begitu mudah masuk ke malaysia dan lagu malaysia pula begitu sukar menembusi indonesia adalah kerana cara berfikir rakyat kedua-dua negara ini nyata berbeda.

  10. anien

    kalau dilihat dari:
    * kredibilitas: aku sih nggak begitu tahu tentang artis malay or komposisi musik, tapi menurut aku agak norak aja!! masak dari 6 katagori (malaysia cuma 1 trus sisanya indonesia) eeeee….yang menang malaysia. kalau…
    * prestice/gengsi: aku lebih prefer AMI 2008 yang diadakan dadakan sama RCTI (mungkin panas kali yeee….hehehee!!!) atau AMI waktu masih disponsori SHARP (AMI SHARP) atau PANASONIC Award. tapi, mungkin menurut mereka gengsinya dapet karena bisa masuk tipi-nya indonesia kali ya…
    * Biaya: denger2 sih biayanya sampai 5jt ringgit (plus/minus Rp. 15 M). terlalu mahal untuk sebuah panggung taraf konser local (kabupaten/pensi). tapi bisa jadi sih..coz buat bayar slot GlobalTV yang nggak ada iklannya dan nyewa artis2 indonesia yang …ehm….komersil2. hehehe. trus apa dong yang didapet??? nggak buang2 duit tuh???!!… jadi inget ma Panasonic award (pasti balik modal tuh…!!!! als. Panasonic cuma numpang nama. hehehe)

    jadi intinya mereka cuma mengadakan event ini untuk memperkenalkan artis2 mereka (yang rata2..maaf…nyontek, dari style/fashion, perform, bahkan suaranya…benar2 tanpa improve) ke indonesia. jadi nggak rugi dong 5jt ringgitnya (kan bisa masuk tipi-nya indonesia. hehehe)

  11. ooo begitu ternyata konspirasinya, baru paham🙂

  12. kechup

    sejak sy nonton acaranya di TV saya udah melihat akal juri untuk mengangkat artis mereka. nama2 yang tak populer kok bisa2nya meraih piala melewati artis Indonesia skelas Dewa, Nidji dan lainnya. selamat buat malaysia. liat saja rakyatmu, lebih kenal lagu malaysia atau indonesia? (up::: hanya opini)

  13. wah iya kemaren saya nongoton APM itu kok lama2 jadi ilfil … ini penilaiannya gmn se? saya jamin hampir 90% lebih artis2 malay/singapor yang jadi nominasi nggak dikenal di indo, dan saya yakin hampir semua artis2 indo dikenal banget di malay/singapor, banyak lagu2 mereka yang hits disana..

    tp kenapa kemaren kok kayak gitu??… walaupun pada akhirnya GIGI meraih 3 award utama di APM tadi malam, tetep ilfil aja gitu..

  14. Selamat ‘n sukses yaaaaa……..

  15. agung

    menurt gw apm thn ini sengaja di gelar di KL biar artis malay banyak yg menang dan penjuriannya juga tdk fair.menurut gw ngapa artis indonesia bnyk yg gak menang karena:
    1.jumlah pengguna hp dan internet dr indonesia kalah banyak dgn mereka.
    2.jurinya juga gak fair
    3.ya………malay kan tuan rumah malu dunk kalau gak bnyk menang.
    gw gak kenal ma farah sasikin,faisal tahir apalagi ma meet uncle.gw heran ngapa bisa menang.kalau bisa apm 2 dinilai dari 3 negara jgn hanya artis tersebut terkenal diindonesia,misalnya faisal tahir penjualan album di indonesia ngeboom pa gak,truz artis yg lain juga baik dr kita maupun singapura.jd menurut gw 2 lbh fair jgn kalau tuan rumah malaysia pemenangnya ditentuin lewat popularitas disana.menurut gw apm thn ini ajang dr malay,oleh malay dan untuk malay.

    artis indonesia emank dikit yg menang tapi secara kualitas dan popularitas kita unggul jauh atas penyanyi lain.sudah kita ketahui bahwa gita gutawa penyanyi yg wuahhhhhh……juara umum di festival luar negri di negara orang saja dia juara kok bisa sih di apm gak menang sedangkan farah assikin 2 siapa………..

    kalau apm penjuriannya masih kayak gitu tahun depan mendingan rsi ubah format deh,,,,jgn malu2in jiran.2 ma aja dng korupsi katanya singapur dan malaysia anti korup bgt…

  16. @mi2:

    Saya orang Brunei… saya tidak memihak siapa-siapa… yang saya tau juri yang memilih ada 9 juri tuk kategori terbaik… 3 juri dari setiap negara…. so it fair…

    dari komposisi itu bisa dilihat panitia tidak mengadopsi asas proporsional, dalam demokrasi dikenal asas itu, siapa yang terbanyak maka jumlah wakilnya juga sesuai.

    dengan komposisi penikmat musik asia tenggara seperti sekarang porporsi juri seperti itu justru tidak fair.

    @musiclover:

    buka mata dan telinga pada muzik malaysia dan singapore juga dong. biar komentarnya objektif.

    Mata dan telinga kami selalu terbuka, cuma kok mereka tak terdengar, itu masalahnya.

    @karim:

    u’r typical indonesian
    sebab utama lagu indonesia begitu mudah masuk ke malaysia dan lagu malaysia pula begitu sukar menembusi indonesia adalah kerana cara berfikir rakyat kedua-dua negara ini nyata berbeda.

    and You’re typical Malaysian.. hehe
    kita semua tahu cara berpikir keduanya berbeda, tapi anda tak menjelaskan bagaimana perbedaan cara pikir itu bisa menentukan keberhasilan. Menurut saya Indonesia lebih kreatif dan Malaysia lebih tertib, thats why. Rakyat Malaysia lebih mudah diatur ketimbang rakyat Indonesia yang lebih suka improve dan bebas

    @ sandynata:

    tp kenapa kemaren kok kayak gitu??… walaupun pada akhirnya GIGI meraih 3 award utama di APM tadi malam, tetep ilfil aja gitu..

    Untuk yang senior mereka gak berani terlalu banyak melenceng, tapi untuk yang muda mereka berharap ajang ini bisa mengkatrol artis mereka.

    Yang paling menggelikan adalah untuk kategori Duo / Kumpulan Baru Terbaik (Best New Duo / Group):

    1. D’Cinnamons – Indonesia
    2. Matta – Indonesia
    3. Meet Uncle Hussein (pemenang)
    4. Ran – Indonesia
    5. She – Indonesia
    6. The Titans – Indonesia

    Ada 5 artis muda Indonesia yang dikenal baik di sini maupun disono tidak berhasil keluar sebaagi pemenang, sementara yang menang group yang namanya saja baru dengar kali ini.

  17. ah, biarkan saja…
    tak perlu kita mengurusi acara gak penting itu…:mrgreen:

  18. yuuup betul banget, biarin ajjaaaa kita buktiin di pasaran aj okeh….

  19. setuju …
    ngapain dipermasalahkan, bikin mereka makin tenar aja

    * langsung tidur setelah kategori ke-3 *

  20. Huekekek,ketawa ngakak bc variasi komentarna,,tp beneran,,kyna di smua chanel radio ga pnh dgr lagu2 yang menang,,hehe

  21. kalau ngomongin APM semalam :@ sempet sewbel c….tapi lumayan juga cih lagu2 malay….tapi ga fear banget……….. banyak kemajuan juga mereka! tapi aku kok ga tau ya pemenang2 yang dioraih mereka yang aku tau cman siti nurhaliza aja… yang lain aku ga tau,,,,

    hidup GIGI in mbak KD

  22. irman

    malaysia harus bisa belajar tuk berpikir objektif biar tdk banyak yang ngeremehin artisnya hanya saran lagu malaysia tuh harus lebih fun jangan2 gtu2 ja meski kta tahu ada jaclin d sana yg smua dh tao kemampuannya tp te2p ja ga go internasional bahkan gak go indonesia and how do you think now? uppsss!!!!! sowry

  23. Areena

    Saya orang Singapura. Artis & muzik Malaysia juga berkualiti dan tidak kurang hebatnya, bahkan banyak lagu-lagunya menjadi siulan rakyat Singapura. Orang Malaysia & Singapura begitu terbuka menerima artis2 & lagu2 Indonesia. Cuma orang Indonesia yang masih belum open minded. Sorri to say this, tapi saya rasa orang Indonesia terlalu gah dgn muziknya.

    • by you

      Hi Areena

      Thanks buat kritiknya, kita tahu bahwa sokongan untuk musik indonesia dari singapore, Brunai dan malaysia sangat berarti, karena itu adalah baromter untuk menentukan kualitas musik indonesia di asia.

      //”Cuma orang Indonesia yang masih belum open minded. Sorri to say this, tapi saya rasa orang Indonesia terlalu gah dgn muziknya.”.//

      Saya rasa Orang Indonesia sangat welcome jika ada musik dari negara serumpun masuk keindonesia,

      sebagai contoh di tahun 90’an, group band malaysia membanjiri Indonesia “exist, search, , Slam, Siti Nurhaliza DLL ” bahkan beberapa kali saya rutin mengikuti konser promonya😀 , tangga lagu di beberapa radio juga di juarai oleh lagu dari mereka . tetapi Indonesia tidak pernah resah dan takut kalau nantinya musik indonesia akan kurang laku, seperti ketakutan pemusik malaysia saat ini.

      Dari situlah pemusik indonesia bisa bangkit untuk mengasah kreatifitasnya.

      Bukan karena orang indonesia yang tidak open minded dengan musik luar, tetapi memang aliran / genre lagu yang masuk dari luar belum sesuai dengan soulnya peminat muzik di indonesia.

      Sekarang mari ciptakan lagu lagu yang kreatif yang bisa merangkul peminat dengan cara yang fair untuk kemajuan industri muzik asia .

      CAYOO

    • Bener banget yang dikatain by you,aku dukung deh ,palagi ku kan orang indonesia, hai Areena kamu tuh sirik ya emangnya siapa artis malay and singapur yang kedengaran di indonesia,cba lihat ,buka matamu .trus kamu melek dong lihat artis kita yang udah pada sukses disingap0re and malays.trus ku kasih komen 100% deh buat by you komennya bagus bnget .dasar za tu si Areena.sorry to say this.mang malay and singapur yang ga ngeh sama musiknya eeeeeeeeeeeeeeeee!!!!!

  24. sha

    Kategori ‘TERBAIK’ di pilih oleh juri yg pastinya ada wakil setiap 3 negara.. oleh itu, mestikah ada spekulasi yang Malaysia syok sendiri dan tentukan siapa pemenangnya?? Bukannkah juri dari setiap 3 negara begitu bijak menentukannya kalau artis itu memang berbakat dan layak menerima award tersebut. Adakah kalian sudah mendengar muzik dari Malaysia dan Singapore lantas menentukan mana yang hebat. Kalau belum, cubalah dengar dahulu muzik2 daripada artis2 yang menang award dan tanya semula adakah mereka memang berbakat atau pun hanya omongan kosong sahaja. Jangan jadikan alasan album mereka tidak di jual di Indonesia dan kalian tidak mendengar muzik mereka. Banyak medium lain yang boleh digunakan. Saya mendengar muzik daripada ketiga2 negara dan saya dapat nilaikan yang mana lebih sedap didengar.

    Kategori ‘POPULAR’ pula adalah hasil undian peminat ketiga2 negara. Kalau artis Indonesia tak menang, jangan salahkan orang Malaysia/Singapore yang vote artis kegemaran mereka. tetapi tanya lah pada diri kamu, adakah kamu vote untuk artis kamu. Jangan jadi seperti tin kosong, bunyinya kuat tetapi isinya tiada.

    Terima kasih ^^

  25. Tamimi

    Uuppss…maap kalo telat nih
    Sempet bingung liat awalannya….ko kek gini..? Mana peterpan..? mana nidji..? dll..? akhirnya ambil beberapa kesimpulan :
    1. Strategi negeri sebelah buat ekspansi ke indo via Astro (ngapain juga global nyiarin…??)
    2. Menghormati tuan rumah…jadi beberapa artis Malaysia banyak menang
    Meski akhirnya GIGI menunjukkan “gigi”nya😀, tapi tetep bingung dengan criteria penilaian.
    Sempet mau ketawa pas Faizal nyanyi..jadi inget kangen band…..untung indra L bruggman ngga ikutan tampil dan menujukkan dada bidangnya..bisa klepek2 tuh…heuheuheu
    Pisss ahhhhhh

  26. blow

    untung gw ga sempet nonton award bodoh itu..
    btw.. the Rock, Backbone, dewi dewi, mulan jameela ga masuk nominasi yaaah…
    waaah.. ntar bisa di somasi tuh award bodoh ama Ahmad Dhani!

    trus.. trus..

    Slank gw gimana? ga juga?
    ckckckc…
    Slank rockin USA man!

  27. Suhartono

    Saya menyikapi masalah terpopuler. kalo memang pemenangnya ditentukan melalui vote. Kenapa tidak ada informasi bahwa ada ajang penghargaan Planet Muzic. Setidaknya di televisi atau media cetak di infokan adanya vote untuk pemilihan penyanyi, kumpulan, lagu terpopuler. makanya orang indonesia nggak banyak yg vote bahkan mungkin ga ada yg vote. Jelas aja Indonesia kalah vote. Entah itu sengaja dari malaysianya di seting untuk tidak diedarkan nominasinya di Indonesia. Atau penyiaran di Indonesia yang nggak optimal menginformasikan nominasinya. buat stasiun TV di Indonesia juga harusnya mengesampingkan hak siar untuk hal-hal semacam ini yang sifatnya bertanding antar negara. Harusnya semuanya ikut mendukung artis indonesia. Bukan malah mementingkan hak siar nya aja.

  28. apapun katanya..
    yang harus diakui oleh malaysia adalah..
    mereka menggunakan pelafalan indo dalam lagu2 mereka..sejak kapan mereka menggunakan kata bisa( boleh, dapat) ,kamu (engkau), dingin(sejuk), dan masih banyak lagi deh…
    kalau menurut gue tak perlu dibikin ajang yang tak objektif seperti itu.. lagu artis malay yang menang, sekalipun ga pernah gue dengar lagunya di radio…
    malah bisa menang..
    tapi sutralah..

  29. emma

    @sha, emang betul untuk kategori terbaik dipilih oleh juri dari 3 negara, cuma gw heran juri dari Indonesia siapa ya? Masa sih si Ussy dinominasikan. Tahun lalu malah mereka nominasiin Acha sama Irwansyah (untung aja mereka nggak masukin Kangen Band ) bikin gw bertanya2 juri dari kampung mana sih tuh? Seleranya rendah banget. atau jangan2 jurinya udah terkontaminasi selera musik malay2 sana. Masih banyak banget lagi orang2 Indonesia yg berbakat musik besar, tapi nggak dimasukin sebagai nominasi oleh juri2 itu.

    untuk kategori populer, jelas aja orang Indonesia nggak menang, lah kita2 nggak ada yang tau APM itu mahluk apaan sampe akhirnya ada siaran di GlobalTV itu. Gw yakin 99% orang Indonesia nggak tau atau bahkan nggak pernah dengar soal APM. Makanya nggak ada yg vote. Promosi APM di Indonesia teramat sangat jarang. Salahkan publicist APM yg nggak pintar mempromosikan APM di Indonesia.

    Gw setuju tuh sama pendapat yg punya blog ini bahwa mereka memang nggak berani ngutak-ngatik yg penyanyi senior, tapi untuk pendatang baru mereka coba mengkatrol dan mempromosikan penyanyi mereka. Penyanyi kayak gitu mah di Indonesia seabrek-abrek, nongkrong aja di sembarang cafe atau gigs, pasti nemu yg kayak si Faizal, Meet Uncle Hussain atau Farah Asikin.

    Yg paling konyol menurut gw Anugerah Cipta buat KRU, yg dulu nyontek lagu Abang Tukang Bakso dan Bintang Kejora buat dijadiin lagu Malaysia. Tukang nyontek/jiplak dapat Anugerah Cipta?????
    What the…..

  30. eva

    Buat Areena, jangan salahkan kami orang Indonesia yang tidak menyukai lagu2 malaysia , saya juga kadang ingin tahu lagu lagu mereka saat ini dan mendownload nya. tapi kebanyakan lagu lagu yang terkenal disana itu memang tidak disukai oleh penikmat musik di Indonesia, bukan kita tidak open minded.. tapi mungkin selera musik kita yang berbeda…begitu juga musik Indonesia tidak semuanya saya sukai melainkan musik yang berkualitas, seperti nidji, agnes monica dan lainnya.

  31. sha

    Sejujurnya terdahulu saya minta maaf kalau kata-kata saya ini mengguris hati kalian. Saya juga hairan bagaimana anugerah planet muzik yang sudah 8 tahun penganjurannya menimbulkan banyak ketidakpuashatian kepada banyak pihak. Dari segi penganjuranya juga begitu. Jika saya tidak silap, pada awalnya APM tahun ini akan dianjurkan di Jakarta, tetapi atas beberapa masalah, penganjurannya ditukar ke Kuala Lumpur. Atas sebab apa, saya tidak pasti.

    Saya juga tertanya-tanya mengapa ramai antara kalian tidak tahu mengenai undian yang APM jalankan bagi menentukan pemenang kategori popular. Saya mengambil contoh di Malaysia, pihak media (wartawan) akan menghebahkannya di surat khabar/majalah2 dan akan menyatakan cara/method untuk mengundi. Dari situ, kami (fans) tahu mengenai perkara itu, seterusnya mengundi untuk artis pujaan masing2. Sebagai contoh tahun lepas penganjurannya di adakan di Singapore, kami juga tahu mengenai votes tersebut dan even penganjurannya di Indonesia sekalipun kami pasti tahu. Oleh itu, saya juga hairan bagaimana seperti yang kalian katakan hampir 99% rakyat Indonesia tidak tahu mengenainya. Jika surat khabar/koran di tempat anda tidak menyiarkan perkara itu (votes) adakah orang lain yang perlu dipersalahkan.

    Saya juga sedih bila kalian menulis mengenai artis2 yang menang award pada malam tersebut. Dengarlah dahulu album2 dan lagu2 mereka sebelum kalian komen. Janganlah dijatuhkan hukuman sebelum mengadilinya terlebih dahulu. Jika kalian tidak pasti bagaimanakah caranya untuk mendengar lagu2 mereka, dengarlah di laman2 web yang ada seperti youtube.com, imeem.com etc.

    http://www.imeem.com/tag/?q=artist%3aFaizal+Tahir&f=music
    http://www.imeem.com/tag/?f=music&q=artist:meet%20uncle%20hussein
    http://www.imeem.com/tag/?f=music&q=artist:farah%20asyikin
    http://www.youtube.com/results?search_query=faizal+tahir&search_type=

    Dengarlah dahulu sebelum menghakiminya.

    Terima kasih ^^

  32. rio

    ya ampun…sumpah de…gw baru tau ada APM,dah 8 tahun ya???? trus napa di indonesia gak booming? TANYA KENAPA???????
    lagian capek ah komentar…klo yang menang dari malaysia lagunya bisa diputer di radio gw baru gw bilang bagus….ato lagunya bisa booming diindonesia gak?????? sapa yang mau jamin??????

  33. mahma mahendra

    tapi katanya gigi menang banyak disitu. trus gimana tuh?

  34. udah namanya artis terbaik… bukan artis popular. eh… tapi artis lelaki, artis wanita, & band paling popular juga dimenangi malaysia right? haha… mengapa tak vote… siapa RAN? apa itu BCL? mereka tak famous di malaysia duh… tapi dewa, peterpan famous benar.. eyh… yang menang artis terbaik memang terbaik… faizal tahir, meet uncle hussain, gigi, kris dayanti… heee….

    (lagu2 indonesia semakin boring duh… jualan album pun makin kurang di sini huh?)

  35. Intinya, biarkan pasar musik yang menilai. Toh award hanya penghargaan yang bisa bersifat subyektif. Untuk artis Indonesia, Gigi dapat 3 penghargaan toh hasil ini tidak jauh berbeda dengan AMI yang menempatkan Gigi sebagai salah satu grup yang tahun 2007 memang mempunyai kualitas musik yang patut diperhitungkan. Lagian publik Malaysia dan Singapura mngakui kok kalo musik negeri kita lebih berkualitas dibandingkan mereka. So…jangan terlalu phobia untuk urusan yang seperti ini…

  36. niki

    saya peminat artis malaysia, singapore & indonesia jugak. saya melihat ketiga2 negara punya bakat/kualiti/popular yang berbeda.

    jika dikatakan ngapa malaysia banyak menang. kerna penganjurannya dibuat di malaysia, rasanya kalian silap. tahun lepas penganjurannya dibuat di singapore. artis mesia jugak mendominasi 8 anugerah. sama seperti tahun ini. jugak 8 anugerah yang dimenangi. tiada kurang. tiada lebihnya.

    dalam ramai2 bakat di malaysia. Faizal Tahir adalah antara bakat besar yang punya masa depan yang cerah. dr segi paras rupa, suara, personaliti, & persembahan. dia jugak seorang musician & penggubah lagu. lantas menjadikan Faizal jugak antara penyanyi baru yang punya cukup ramai peminat masa kini. malahan marchel dari indonesia juga ingin berkolaborasi dengan Faizal Tahir kerana dia punya bakat besar.

  37. melsa

    ha..ha..
    lucu buanget ya ngeliat semuanya jadi adu argumen gini.
    Lagu malay, singapur dan artisnya mmg tdk terkenal di indonesia. Selain siti nurhaliza tak ad lagi yg bisa merebut hati kita. Jujur Indonesia bukanya tidak membuka diri untuk artis mereka, tp emg dasar nya yg mereka tawarkan itu sudah ad diindonesia dan maaf… tidak lebih bagus pula dari artis kita.
    dari segi lagu… boring banget dengernya, dari segi gaya… nyontek indonesia bo, dari segi lafal/lirik…. udah make ejaan indonesia.
    Maaf, bukannya kita tdk menghargai.
    Gw nonton APM sampe abis, dan jujur gw kecewa buanget dgn pemenangnya. ini kan penghargaan untuk 3negara, terbaik di 3negara, terpopuler di 3negara.
    Tapi kenyataannya, yg menang justru tidak pernah gw dengar sebelumnya. Gak ngerti juri menilai dari segi apa, karna Artis/Penyanyi Indonesia pasti sudah dikenal di malay dan singapura dan kualitasnya sudah terbukti.
    Kalau ini mmg ajang vote, bukan salah kita yg tidak memberi vote kpd jagoan kita. Tapi mmg sosialisasi nya disini tidak ad.
    Di indonesia tidak banyak yg tau ttg APM, bukan karna kita kolot tapi memang gaung nya tidak seperti award dalam negri.
    Apapun itu, Award APM tidak obyektif dalam memberikan awardnya.

  38. juminten

    owalaaah…koq pd ribut2 aj toh?aku penggemar berat musik dari aliran apapun dan penyanyi manapun, sik penting asyik…apalagi musik Indonesia..sumpah aku cinta mati, aku juga pasti mau utk dengerin musik dr Malaysia atau Singapore, asal gampang aku temui di radio atau TV, setidaknya seperti itu..tapi kenyataannya aku jarang ketemu dg musik dr negara tetangga..lha terus piye ? buktinya Siti Nurhaliza, Too Phat, & belakangan ada yg namanya Dafi jg dikenal di Indonesia, lagunya lumayan asyik jg.. jadi bukannya kita tdk mau menerima atau antipati terhadap musik dari ngr tetangga, tapi musik dari jiran memang jarang dipublikasikan di tanah air, mungkin kalau bisa pinter mensiasati selera musik dan bagaimana industri musik di Indonesia berkembang, aku yakin musik dari negara manapun pasti akan laku..yg penting bener-bener ngerti selera dan kualitas musik Indonesia, for all musicians, go a head ! minimnya musisi negara tetangga yg mampu menembus pasar tanah air karena mereka tdk tahu kondisi musik Indonesia, jadinya kalah bersaing dg musisi dr Indonesia sendiri,mereka tdk punya formula yg tepat..sukses tdknya karya musik yg dihasilkan tergantung peminat musik Indonesia dalam memberikan penilaian…kriterianya sudah jelas, tinggal bagaimana para musisi membuat komposisi karya yg baik..kalau tdk ada respon,berarti..sorry to say musikmu nggak sesuai permintaan..that’s easy right???…..matur nuwun…peace, love, and respect.

  39. kepada Juminten,

    bersama-sama kita meningkatkan muzik, budaya dan bahasa melayu yang digunakan di indonesia, malaysia, singapura dan brunei akan kelihatan dipersadana dunia. marila menonton APM 08 di ypu tube,, harap2 tahun depan akan dilangsungkan di Jakarta pula.

  40. APM 08 yang berlangsung dengan meriah sekali, artis dari Indonesia, Malaysia, Singapura telah bersatu untuk meningkatkan bahasa dan budaya melayu ke persada dunia. malah di Brunei juga dapat menonton rancangan ini, tak usah ribut akan perkara yang remeh, seharusnya kita mengangkat budaya dan bahasa kita ke internasional. terima kasih.

  41. Faisal

    Wo…. APM jangan diadain di Jakarta or Kota lainnya di Indonesia… ntar yang menang artis indonesia semua.. trus…. beredar gosip ada manipulasi or dll.. n kayaknya ada Event yang jauh lebih besar drpd APM seperti SCTV Music Award, Anugerah Musik Indonesia…dl…. APM mah ga penting….

  42. Baru dengar tuh APM…
    gimana mau memasukkan musik Malaysia kalau APM aja gak terdengar di Indonesia😛

    Salah bilang encik-encik mengatakan rakyat Indonesia tidak open minded. Kami menerima Sheila Majid. Kami menerima Siti Nurhaliza. Kami menerima Too Phat. Kami juga menerima P Ramlee.

    Dan dulu, ada acara Asia Bagus di TV Indonesia (RCTI), kami senang-senang aja kok.

    Promosi, encik..
    Promosi, encik..

    Itu kata kuncinya.
    Sejauh encik tidak berusaha memonopoli (seperti TV Astro yang mencoba memonopoli Liga Inggris), kami tidak akan menutup jalan untuk lagu Malaysia.

  43. Ping-balik: blog o’ e-zoodeen » Blog Archive » Anugerah Industri Muzik sudah 15 tahun!

  44. nedy

    aku tak faham kenapa kamu semua org indonesia perasan bagus..kamu kata kamu open minded tp sebenarnya TIDAK..malah sikak org2 kamu masih kekampungan,tidak matang jika di lihat drp banyak isu yang timbul…contohnya kamu kata lagu malaysia adalah bahasa indonesia..bodohnya pndapat kamu..itukan bahasa melayu..maka kalau org melayu brunei,singapore,malaysia,indon mestilah faham bahasa yg dinyanyikan dalam bahasa malaysia..tidak ada hak milik bahasa melayu itu bahasa indonesia!satu perkara lagi,dulu timbul isu menteri drp indonesia mahu saman kementerian kebudayaan malaysia kerana jadikan lagu “rasa sayang eh” sebagai lagu promosi tahun melawat malaysia..bodoh betul menteri indonesia itu kerana menurutnya lagu itu adalah lagu hak milik indonesia!padahal lagu itu dari kecil lagi aku dengar di negara ku ini..nenek dan datuk aku juga menyanyikan lagu rasa sayang eh..tapi org negara malaysia tidak pernah cakap lagu rasa sayang eh adalah hak milik malaysia..come on indon…open up your mind!daripada kamu komen pasal muzik lebih baik kamu majukan negara kamu kerana rakyat kamu amat susah dan miskin sehingga terpaksa menumpang negara aku untuk cari rezeki…kerja la bagus2 bantu negara kamu agar setaraf negara kami supaya rakyat negara kamu cepat2 dapat balik kampung…kesian deh..

    • eh kamu tuh,astagfirullah mulutmu dijaga dong jangan seenak udelmu aja klo ngomong dasar kurang ajar kamu tuh tak tahu malu kamu tuh harusnya bersyukur punya negara yang makmur bukanya menjelek2 kan bangsa saya indonesia,walaupun banyak bangsa kami yang kerja di malaysia itu wajar,berarti rakyatmu yang bodoh2 tahu,dan kekayaan negaramu tak sebanding dengan harga diri bangsa indonesia yang kamu jelek2 an,belum tentu negaramu akan maju terus pasti suatu saat akan kebawah,itulah kehidupan mungkin saja suatu saat nanti negaramu yang akan mengemis minta kerja pada kami,dasar tak tahu malu kamu tuh ya,kami bangsa indonesia sudah beruntung hidup ditanah air ini daripada kamu yang bisanya menyombongkan diri.dan kamu itu kalau ga punya kebudayaan tuh jangan colong dong kebudayaaan kami tau,kalau ga punya kebudayaan tuh lihat za jangan ziplak dan ngaku2 dong.masukan kata2ku itu sableng banget sih lu kamu tuh bukan manusia ya .negaramu tuh ga berdiri sendiri .semua negara membutuhkan sdm dari dalam maupn dari luar negeri.emangnya ga da rakyat malaysia yang kerja diluar negrimu.ingat dan mf kata2 kasar .aku tuh greget dengar kata-katamu yang sombong dan tak tahu aturan itu.

    • Aurora

      si nedy ni budak bengap tak sekolah. nampak sangat tak ikut tajuk wakakakak… kau tu jangan nak bongkak brade, negara kau tu merdeka dikasi tuan british.. dasar Maling idiot!!!

  45. Bener bangeet.

    Saya seumur-umur ya,.. ga tau ajang yang namanya “Anugrah Planet Muzik” itu tuh acaranya punya Indonesia, Malaysia and Singapore. Jadi (selama ini) saya kira itu tuh adalah Ajang Music Awards-nya Malaysia. JAdi selama ini sih cuek-cuek aja

    Weleh,.. weleeeh,…. Gimana mau nge-vote kalau tau aja nggak ya??

    Tanya Kenapa,…..

  46. malaysia itu malu low lagu”nya ga menang.soalx dia kan jadi tuan rumah.saya punya teman kuliah di malaysia dia bercerita sama saya di sana lagu INDONESIA meledak banget,sekarang lagi musim lagux Nidji.berjudul biarlah.biar ja kita ga banyak menang dalam ajang APM,tapi contohx lagu indonesia terkenal abiz,sumpah,mateeeee

  47. sha

    Untuk informasi kalian, Faizal Tahir telah menang anugerah di Anugerah Industri Muzik (AIM) Malaysia kelmarin :

    1) Artis Baru Terbaik
    2)Vocal Terbaik di dalam album
    3)Album rock terbaik
    4)Album Terbaik di

    So, saya rasa ini juga bukti Faizal tahir memang layak menang di APM sebelum ini..

    terima kasih ^^

    • reza

      Faizal Tahir bs dorong smua piala karena di malay ga ada saingan. . .
      coba di INDONESIA ngamen di bis pun bs di ketawain. . .
      prcuma lo smbong. . .

  48. kenapa lagu”malaysia orang INDONESIA tidak senang karena lagu malysia itu cengeng dan sedih,tapi kalu lagu indonesia gembira,tapi ada juga yang sedih.tapi sekarang banyak lagu lagu malaysia yang ngikuti lirik dan bahasa.INDONESIA.

  49. juminten

    hentikan perdebatan ini…..bukan saatnya lagi kita memperdebatkan topik yang usang ini. marilah kita bangun negara masing-masing dengan damai dan saling menghargai. lebih baik kita semua berintrospeksi dan tidak usah saling menyalahkan. marilah kita menjadi bangsa yang besar, bangsa yang dewasa dan saling menghormati.

    salam damai.

  50. yutoro

    semua manusia mempunyai selera masing masing. semua makanan milik masing masing negara adalah sesuai dengan negara tersebut.kita tidak seharusnya mengatakan makanan eropah itu tidak sedap makanan cina itu tidak sedap makanan malaysia itu tidak sedap kerana sebenarnya semua negara negara tersebut juga beranggapan demikian terhadap makanan indonesia.cuma yang ketaranya bangsa indonesia yang suka membanding bandingkan makanannya dengan makanan bangsa lain.kenapa pula saya memberikan contoh dengan makanan?kerana apa saja dari indonesia orang indonesia akan mengatakannya itu adalah yang terbaik.selidiki dulu dasar buka pintu negara indonesia dengan malaysia.bukan sekadar penyanyi bahkan urusan niaga saja sudah dipersulitkan oleh orang indonesia.tanya sama hati kamu kenapa negara luar tidak mau melabur(invest) ke indonesia.jangan lah menimbang indonesia dengan neraca timbangan indonesia tetapi dengan neraca timbangan dunia. dimanakah indonesia kini di sisi dunia.menyanyilah kalian sampai kapan berbangga diri lah kalian sampai kapan pokoknya kalian akan terpuruk tahun demi tahun dekad demi dekad kerana apa kerana bangsa indonesia itu tidak pernah sedar akan dirinya tak tidak akan pernah bisa di ajar

    • Aurora

      yutoro… lo tu tolol ya, kenapa marah2? malu ya dengan kenyataan musisi dan artis negara mu itu tak lebih dari sekedar SAMPAH!! terima kenyataan, lapangkan dada dan tarik nafas dalam2 ok? jangan karena sakit hati kamu justru merendahkan negara orang lain. you’re typical of Truly Asia!! sombong! tidak bermartabat dan lebih rendah dari binatang!

  51. 22 Mei! 1 bulan off?

  52. @Koen:

    Maklum mas lagi UAS, insyallah minggu depan dah selesai.

  53. izar

    ini lg ngomongin mengenai musik tp ko si nedi koment ttng tenaga kerja di indonesia,, dasar bodoh klo ga tau tentang musik jgn komen lu… btw tentang APM, saya masih bingung itu anugera musiknya malaysia atau singapura, klo dgn indonesia knp ko ga dikenal diindo,, terus kemarin di global saya liat ini penyanyi ko ga pernah sy dengar lagunya liat orang apalagi mw dikenal teruss menang dehhh mengalahkan penyanyi2 indonesia yang sebenrnya popularitas lebih di kenal baik itu di malay sngapura apalagi di indonesia mengomentari penyanyi indo dan malay,,,,, ad yang bilang di adili dulu br di hukum,, dengar dulu baru komentari….. gimana mw dengar klo lgnya merusak gendang telinga,,, gmn mw di kenal,, gimana mw di promosiin di indonesia,, lgnya mendayu dayu ga ada semangat hidup.,,, wehhh… bukannya tdk suka dengan artis malay,, buktinya kami suka sitti, sonia, to phaat karena lg2nya masuk di akal…. tp kemarin yang menang di APM,,, siapa ya,,, ga tau,,,? saya jamin kemarin tuh yang menang mereka tidak sepopuler penyayi indo yang masuk nominasi, bahkan di negaranya sekalian pun,,, sumpahhh…..maw bukti tanya aja masyarakatmu….?

  54. erlangga

    ga da masalah,mana yang menang atau yang kalah,kita sebagai orang indonesia yang mendukung bergeraknya musik dalam negeri ga perlu berkomentar yang macam2 tentang penghargaan yang diberikan kepada artis2 malaysia,yang pada dasarnya emang tidak dikenal diindonesia..itu menurut pandangan saya merupakan penghargaan yang diberikan guna memacu semangat jiwa muda pemusik malaysia yang baru lahir agar lebih bersemangat untuk berkreatifitas karena sudah mendapatkan penghargaan..kita musisi indonesia tidak perlu mendapatkan penghargaan secara formal seperti itu sepertinya..kalo saya bertanya mana yang anda pilih,dapat penghargaan dari sebuah anugerah tapi tidak dihargai pasar atau tidak mendapat pengharggan tapi dihargai pasar?

  55. Tieka

    Sudahlah.. Nggak perlu membahas hal-hal yang negatif. Buang energi. Masalahnya adalah kurangnya promosi APM di Indonesia, jadi hanya sedikit vote yang diberikan. Kalau soal musik, menurut saya, universal..bisa diterima dimanapun dan boleh dinikmati siapapun. Semangat diadakannya event ini kan untuk memajukan musik di 3 negara, juga sebagai ajang silaturahmi lah, hehe.. So, be positive guys. Peace to you all..

  56. saran

    klo mnurut ak sih artis2 kta jg yg slh, np mau diundang, kn da jelas2 dr thn ke thn bhw APM tu bkn sekelas mrk, klu boleh ak nilai klas musik indonesia banding malaysia tu 8:1/2 (8 utk indonesia dan malaysia 1/2, angka 1/2 itupun krn ada siti nurhaliza,too phat, dan raihan yg dulu prnh populer di indo), penilaiannya dr segi kualitas musik, variasi/genre musik, kreativitas, teknik vokal, laku apa tidak nya di pasaran, originalitas, pengalaman musik, pengaruh musikny, dll.

    Sebnrny klu artis kta gak dtg ke APM kan kta gak akn sekecewa skrg, brarti APM buat musik malaysia, spore, brunei saja. biar aja mrk mau ngapa2in bkn urusan kta. toh mrk bakal cape sendiri dgn musik2 norak yg hanya laku di negara sendiri,apalagi musik malaysia.., yaaa…ampuuuuun norak abissss…,aku da prnh dengar lagu band2 malaysia..,mau muntah mendengarnya…,anehnya justru yg malaysia pula yg menang…iiiihh…amit2.

    smoga ini jd plajaran buat para musisi indonesia, mmg bergengsi sih klu diundang ke luar negri, tp sbg saran ambillah undangan yg menaikkan martabat dan harga dr, klas APM jauh lbh rendah kualitasnya dibanding AMI ato Pansonic Award, ngabisin tenaga jauh2 buat nerima penghargaan murahan, mending dlm negri yg kualitasny sdh dpt dipertanggungjawabkn

  57. saran

    INDONESIA banding MALAYSIA —->
    8 (DELAPAN) : 1/2 (SETENGAH atau GAK SAMPAI ANGKA SATU )
    bayangkan aja jauh sekali perbandingannya

  58. sha

    saran says: “INDONESIA banding MALAYSIA —->
    8 (DELAPAN) : 1/2 (SETENGAH atau GAK SAMPAI ANGKA SATU )”

    ::::: saya bertanya kepada kamu, siapa kamu untuk beri nisbah 8:1/2 ?
    kamu musicion ya? erm, kalo music Malaysia begitu rendah tarafnya, kenapa artis kamu menyanjung artis Malaysia? kenapa Marcell mahu berkolabrasi dengan Faizal Tahir dan Estranged. Marcell menganggap music yang Faizal bagus dan Faizal seorang yang berbakat. So, siapa kamu (saran) if compare to Marcell??:::

  59. Adakah hubungan pencekalan inul di Johor bahru berhubungan dengan perlindungan terhadap artis Malaysia?

  60. saran

    sha
    Juli 26, 2008 pukul 9:41 am

    ::::: saya bertanya kepada kamu, siapa kamu untuk beri nisbah 8:1/2 ?
    kamu musicion ya? erm, kalo music Malaysia begitu rendah tarafnya, kenapa artis kamu menyanjung artis Malaysia? kenapa Marcell mahu berkolabrasi dengan Faizal Tahir dan Estranged. Marcell menganggap music yang Faizal bagus dan Faizal seorang yang berbakat. So, siapa kamu (saran) if compare to Marcell??:::

    ==================================

    Saya bkn sapa2, kamu gak tahu ya, kebanyakan artis malaysia sendiri yg minta ama artis indonesia buat kolaborasi, as usual…cara untuk mendapatkan pasar Indonesia…sama halnya siti nurhaliza. Kamu sendiri gak perhatikan ya bahwa lagu2 yang hits dlm setiap album siti nurhaliza itu diciptakan orang Indonesia minta, baik yang diciptakan me melly goeslow, Pongky Jikustik. …hasilnya memang gak memalukan lagu “bukan cinta biasa” yg diciptakan melly goeslow terkenal di indonesia karena melly yg ciptakan, coba org Malaysia sendiri yg buat lagu gak akan se-easy listening itu, kering kreativitas,kalo di indonesia lagu kalian (malaysia) gak bakal laku2 akhirnya dibuang jg ke tong sampahhh. kalian org malaysia mmg kaya tapi miskin kreativitas seni. Kalau menurut kamu atau marcell Faizal Tanah Airmu dan Es…trang…traNG…tranggg… berbakat apa salahnya marcell bilang begitu. Itu pendapatnya. Tapi jgn terbuai dengan pujian tapi tidak ada realitas. Itulah PERBEDAAN TERBESAR antara MUSIK MALAYSIA dan INDONESIA. Kami orang Indonesia tidak gila pujian dan sanjungan, tapi gila akan hasil kreativitas dan usaha kami untuk menjajah dan merajai musik kalian org Malaysia. SADARILAH ITU ORG MALAYSIA. Ambil saja semua anugrah musik APM bullshit itu (APM is nonsense in Indonesia), bagi kami merajai dan menjajah musik malaysia sudah merupakan kemenangan terbesar dalam sejarah. Bukti kemenangan lain adalah kiblat musik Malaysia sekarang sudah meniru2 musik Indonesia. Sampai2 dialek saja sudah meniru Indonesia. Aku yakin tidak lama lagi orang Malaysia akan berdialek INDONESIA bukan berdialek PAK CIK MAK CIK LAGI….wakakakakakakaak…JAYA NEGERIKU…JAYA INDONESIAKU…

  61. sha

    To saran,

    ternyata kata-kata kamu menunjukan kamu berkata-kata apabbila emosi kamu menguasai diri kamu. Saya tidak pernah merendahkan muzik indonesia. Saya berkomentar dengan kata-kata sopan, tetapi kamu?? saya pelik sungguh kenapa kamu kasar sungguh bahasanya. saya bukan mahu menidakkan muzik indonesia itu bagaimana,tapi yang saya komentari ialah kenapa kamu semua marah kerana kenapa artis indonesia tidak menang di APM. So, kalo kamu (saran) tidak mahu mengiktiraf anugerah di APM itu, kena bising2??

    kamu kata kiblat lagu malaysia menuju ke indonesia? saya tanya kamu, kiblat muzik indonesia menuju ke mana? muzik itu mana yang asli nya? mana yg originalnya? itu adalah muzik. Kurniaan tuhan. Jangan terlalu sombong dan taksub dengan kretiviti yg kamu ada. Kurniaan tuhan,patut di syukuri bukan di hina. Dan tuhan boleh ambil semula bila-bila masa

    **cerminkan diri anda, berkatalah dengan berhemah**

  62. saran

    Aku minta maaf kalau kata2 ku kasar sama kamu SHA, aku hanya emosi karena kalian orang Malaysia sering meremehkan kami orang Indonesia, tenaga kerja indonesia sering kalian siksa, kalian bilang kami orang indon (kata ejekan pada orang indonesia), kalian sering bilang kami miskin, padahal kami tidak semiskin yang kalian fikir, kami tak sebodoh yang kalian fikir. Kalau kamu (SHA) tersinggung aku minta maaf, sawalnya saya fikir kamu seperti orang Malaysia yang lain yang suka menjelek2kan bangsa serumpunnya sendiri (indonesia), OKE PEACE FOR U SHA, OK!!!

  63. saran

    SEMOGA JUGA KALIAN ORANG MALAYSIA SADAR BAHWA KALIAN TIDAK SELAMANYA LEBIH MAKMUR. “Dan tuhan boleh ambil semula bila-bila masa”

    SEMOGA KALIAN JUGA BISA BERCERMIN DIRI. SIAPA YANG MENABUR PASTI AKAN MENUAI HASILNYA. JADI JANGAN MERASA PALING MEMILIKI SEGALANYA DIBANDING YANG LAIN. KARENA BELUM TENTU PERASAAN “MERASA LEBIH/MAKMUR” ITU BENAR. PEACE FOR ALL!!!!

  64. saran

    KALAU KAMU TANYA KIBLAT MUSIK INDONESIA, “YANG PASTI BUKAN MALAYSIA”. PEACE “SHA” ‘N FOR ALL!!!

  65. nd1

    Ya whateva lah,mudah2an musisi Indonesia bs mempertahankan kualitasnya-sudah mulai pusing n mual2 negh skr kebanyakan lagu typical kangen band,wali,dan sejenisnya–kemalay2an geto aneh bgt bikin kuping gatel..

  66. kuku

    sudahlah..capek bacanya. yang ada malah nggak produktif. berantem mulu.

    pokoknya gini aja :
    1. Buat orang Indonesia, tetaplah menciptakan musik2 yang keren2, makin bagus dan makin aneh makin laku kemanapun. Kalo ‘musik yang bagus’ nggak akan ada yang bisa menghalanginya.

    2. Buat orang malaysia, singapore dan brunei, tetapkan dengarkanlah musik yang bagus. Karena musik yang bagus adalah hasil kreativitas yang tinggi, terjemahan terbaik dari hati dan pikiran.

    Nggak usah terlalu ribut soal APM, biarkanlah itu hanya menjadi berita pojok kecil di koran pagi, yang cepat berlalu tanpa kesan.

    DAMAI bagi semua

  67. Ucup

    Yah, kan tau sendiri semuanya bsa di atur. apa lagi tuan rumah yang ngak mau malu kalah di kandang sendiri. terpaksa mengenyampingkan kejujuran dan hati nurani. sekali lagi Hati nurani!. dua kali lagi hati nurani!. wah juri mah bisa di lobi, cincai lah tergantung brapa harganya.
    Sebenarnya kualitas vokal penyayi malon bagus2. cma ngak punya karakter. kaya j. victor di indonesia sih segambreng. paling yg ada karakternya yg masih exis sekarang siti nurhaliza yg lain lom keliatan. ama gendre musiknya kebanyakan METAL (Mellow TOTAL). trus ama lirik dan musik yg diciptakan. bagi orng Indonesia susah di cerna. kan semuanya itu satu kesatuan
    Cuma satu gendre musik yg berjaya yaitu nasyid. temen gw anak2 LDK seneng banget grup nasyid asal Malon. kyak brother dll.

  68. kantana

    saya org malaysia.. kenapa kita asyik nak bergaduh tentang hal yg remeh temeh.. sedangkan faedahnya pun takde.. kenapa kite tak menyokong kedua2 negara.. lagu2 kite majoritinya didengari di asia tenggara.. market kita kecil kalau hendak dibandingkan dengan orang barat.. kenapa kita tak boleh nak bertolak ansur.. kenapa kita tak boleh nak menyokong sesiapa.. saya tak nak menyalahkan mana pihak2.. cuma kita harus berubah.. kan bagus kalau kita bersama memajukan industri muzik kite semua.. bersatulah~~ 🙂

  69. Wandy

    Gila ternyata mang benar…Artis2 malaysia sekarang Betul2 EYD…jadi Pure deh niru indonesia!!! soalnya sebelum musisi malaysia Make EYD,jujur gw ga ngerti n ga nangkap apa kalimat y syair yg di ucapin penyanyi malaysia

  70. Wandy

    Oiya Meet uncle Husain…ko suaranya Ky amy search yah…Ko jaman2 buehela

  71. Iwan

    Nih gw kasih tau para pesohor musik yg berkualitaz dr negriku indonesia…….
    krisdayanti,agnes monica,peterpan,dewa,nidji,padi,rossa,melly goeslaw,glen fredly,ruth sahanaya,gigi,sheila on 7,marchell,iwan fals,slank,d masiv,afgan,n many more……..
    kalau boleh gw jujur MUSIC MALAYSIA TAK SEDAP DI DENGAR macam mana artis nya TAK SEDAP DI LIHAT,,SORYYY.

  72. Maaf akhirnya ke situs ini. Tadinya mau bantu adik buat tugas sosiologi. Cari tokoh cewek berpengaruh. Diputusin milih mbak KD. Pas ke kak Wiki, di sana ditulis, mbak KD menang APM (Anugrah Planet Muzik). Cari deh lewat bantuan om Google. Buka alamat http://www.apm.sg/, eh cuma halaman itu aja. Trus buka blog om Yud, ah tulisannya kekecilan, jadi aja buka blognya mas Wibi. Piye kabare Mas?

    Btw, musik itu punya sifat universal, sedikit beda dengan seni suara. Nah perbedaannya adalah bahasa. Cara lain agar musik sebagai alat komunikasi lebih diterima atau mengena. Ada satu masalah lain, yaitu dialek. Dialek ini menambah masalah pada fungsi musik sebagai alat komunikasi.

    Kita orang Indonesia, sudah memecahkan masalah ini 80 tahun yang lalu, inget sumpah pemuda loh. Jadi kita punya bahasa yang difungsikan untuk membuat persatuan di Indonesia. Sekarang ini, industri musik di Indonesia, mayoritas berbahasa Indonesia. So, udah pasti kalo penyanyi dari sabang sampai merauke kalo rilis album pake bahasa Indonesia ya pasti meluluhkan pasar musik. Walaupun harus ditunjang dengan faktor lain

    Contohnya, cakep gak orangnya, enak gak musiknya, banyak gak kelas pasarannya. Gitu deh.

    Saya juga aneh kenapa, artis2 Indonesia banyak yang suka di negara tetangga, padahal dari segi dialek aja beda, apa ganteng dan cantik2, yah bisa dibilang lumayan lah. Tapi gak tau kenapa?

    Masalah APM, surely, di Indonesia tuh nggak banget. Maksudnya gak populer, saya aja baru tahu akhirnya ditayangin di Global, setahu saya sih biasanya di TVRI, mungkin masyarakat sini tau TVRI seperti apa sekarang. Yang paling berkesan dari TVRI dulu cuma pas jam 9 malem, semua stasiun tv rame2 pake lintas beritanya TVRI. Pas buka website APM, sponsornya majalah “bintang”. Please donk itu kan majalahnya mama, ya mama mana peduli sama votingan. Pemasaran APM kurang.

    Sah2 aja sih kalo menentukan pemenang lewat voters, tapi ingat, besar ada tendensi kesubjektifan, kalo sekedar kategori populer, bolehlah. Cuma kalo yang terbaik, ya enggak lah ya.

    Nah sekarang kita ambil contoh, teh Siti, cantik iya, suaranya bagus beberapa tahun belakangan (buktinya kalah sama mbak KD di Asia Bagus), pamor setelah betapa ku mencintaimu dan bukan cinta biasa. Menurut penilaian saya, beliau itu memiliki USAHA YANG KERAS untuk bisa masuk industri musik Indonesia. Kedua hits di atas dialeg melayunya udah sedikit, santun iya, musiknya menyentuh hati, liriknya mudah dimengerti, NAAAAAHHHHHH, faktor2 ini yang bikin teh Siti sukses sampe di sponsorin sebuah bank lagi buat tur di sini. So, jadi siapa yang gak open minded. Tolak ukurnya sih minimal ada di jeda sinetron aja lagunya. Selain teh Siti, teh Seila, siapa sih yang intens ada di tv swasta INDONESIA.

    Dari sini wajarlah ada asumsi, bila APM tahun ini emang untuk hal2 pada komentar2 sebelumnya, jangan disalahkan pula.

    Jadi selain faktor bermusik, paras cantik, untuk menjadi tenar itu adalah KERJA KERAS. Bukan leawat ajang gj. Jadi bisa narik pasar musik di Indonesia??? Duh aduh. Sekarang baru terpikir.

    Mbak KD misalnya, mbak ini bisa terkenal di Singapur n Malaysia lewat KERJA KERAS. pertama menang dulu Asia Bagus, bikin lagu ost dulu, mulai rekaman, jalin kerja sama dengan musisi yang ahli, maka jadilah mbak KD kayak sekarang.

    Jadi ya gw tunggu aja hits2 dari penyanyi Malaysia atau Singapur. Ditunggu “bukan cinta biasa” yang lain.

    Coba tawarkan sesuatu yang general, bagus, tapi punya keistimewaan, jangan asal mirip gaya penyanyi lain terus bisa sukses.

    Oya mas Wibi thanks dah ngasih space artikel ini.

  73. JC 55

    Hahahahaha….this is so cool…

    Bebas donk beri komentar…gw emang smpat nonton APM smpe habis…memang seh menegcewakan krn bnyk pemenangnya yg sama sekali gk d kenal…nah skg gw mau ngomentarin uncle Husein ?? what d ……, kalian org malay kalo ke bandung d pinggir jalan sono no buanyak bgt band2 kyk uncle husein yg lg berjuang keras menembus musik tanah airnya sndiri…musik kalian so PLAIN !! perlu penyedap … about STYLE,gk banget deh…
    Jangankan d tanah air indonesia, di kancah internasional saja musisi Indonesia diakui ( so, utk org malay yg ngomentarin kami terlalu sombong tntang musik kita..YES TRUE COZ WE ARE PROUD OF OUR CREATIVITY DUDE !!)

    Ini sebagian kecil musisi yg sdh go international:
    1.White shoes and the couples factory (sekarang di kontrak ma produsernya CARDIGANS di US)
    2. Slank ( ROCKIN USA MAN )
    3.J-Rocks ( Diakuin di London)
    4.Gita Gutawa ( menang terus di ajang internasional)
    5.Mocha Band ( Jepang aja akuin kok, smpe d undang tour di sana)

    ini membuktikan kita bukan hanya jago d kandang sendiri, buktikanlah kalo musik Malay sedap d dengar di dunia juga…belum lagi kalo “The Changcutters” nembus pasar musik negeri Malay…wah gila mampus dah smua musisi sana…HIDUP INDONESIA !!!

  74. Crack

    Orang malaysia msh kampungan gayanya, walaupun kami tak semamkmur negeri mereka tapi we know how to dress.
    Org Malay terlalu manja sehingga mrk suka mengCOPY atau menJIPLAK hasil karya org lain.
    Budaya ma tarian tardisional Indonesia saja mereka JIPLAK dan dipatenkan di negara mereka. Apa Malaysia tdk punya budaya dan musik yang bisa dibanggakan ke Dunia ?? kasian bgt, ini adalah realita, jgn hanya menyuruh kami open minded, tapi kalian org Malay hrs Open UR EYES & EARS juga, melihat yg sebenarnya terjadi.

    Peace and Respect….

  75. erfan

    kok jadi berantem!
    Hal yang membuat musik Malysia kurang diminati karena kurang seragam. Kurang easy listening dan greget. Nah, itu yang harus dipikirkan publik Malysia, Singapoore, Brunei.
    Setelah ajang Asian Idol: Hady Mirza atau Jaklyin Victor tidak booming2 banget. Malah anjlok di pasaran.
    Terus Winni K yang menyanyikan lagu Kau Ada Di Mana (yang maaf jdai nggak enak benget didenger). Lagu itu kan ada di album Helena (finalis Indonesian Idol), dan Helena menyanyikannya jadi berkelas banget. Giliran Winni kok jadi kacau ditambah koreo yang bikin ngos-ngosan!

  76. erfan

    Musik Indonesia makin berjaya kok…
    Oublik Malysia, Singapur belum tahu saja masih banyak bibit2 berbakat yang belum keluar tajinya di sana. Afghan, Sherina, Gita, bisa jadi penerus yang membuat kalian terperangah.
    Belum lagi Dewi Lestari yang keluar dengan apik lagu-lagunya.
    Band-band lama maupun baru….
    Kita saksikan saja!!!
    Toh, Malaikat juga tahu Siapa yang kan Jadi Juaranya!!! (Meski Maliakat itu nggak bersayap, nggak cemerlang juga nggak rupawan)
    Nah, sekarang masing2 tunjukkan kehebatan musik negara kalian.
    Musik menjadi terbaik ketika bisa diterima di semua kalangan, di daerah mana saja. Karena musik adalah universal.
    Musik Indonesia! Publik malaysia dan Singapur sudah mengakuinya….Belum lagi anggun yang juga membuat publik luar terkagum-kagum akan musik etniknya. So….Siapa yang jadi juaranya? Malaikat juga tahu….

  77. mandar

    Karena diminatinya lagu-lagu indonesia di malaysia sampai-sampai pemerintahnya harus mengeluarkan kebijakan membatasi masuknya produk-produk kaset dan musik indonesia yang laris manis. Hi..hi..2x
    Aku ingatkan sama orang malaysia, “jgn suka mencuri budaya dan seni indonesia pantangan…miskin budaya bukan berarti harus plagiat dan menjadi bangsa pencuri…kalau malaysia mengaku bangsa yang beradab maka seharusnya merasa malu menjadi bangsa pencuri…aku kasih tau ya, batik itu budaya asli indonesia dari keraton yogya, jadi batik malaysia itu hasil plagiat terhadap batik indonesia, barongan (reog) juga hasil karya seni indonesia, minuman jamu jg milik indonesia, lagu sayonara juga punya indonesia. SATU HAL YG KALIAN ORG MALAYSIA TIDAK BOLEH LUPA, –Indonesia memiliki budaya melayu yaitu di daerah Riau, Kepri, Kalimantan, dan Deli serdang, tapi malaysia tidak memiliki budaya indonesia kecuali hanya budaya melayu saja. Jadi kami pasti tahu kalu kalian mencuri budaya dan seni indonesia. Bayangkan betapa kayanya Indonesia akan seni dan budaya”. PEACE!!!

    • human

      explain the minangkabaus (most are from negeri sembilan), javanese (significant places like johor and selangor), bugis (even the sultan of selangor is a bugis), boyan, etc.

      don’t that make their culture malaysia’s too?🙂

      *we kinda share the same culture

  78. Fitrasoekarno

    Saya heran juga knapa koq ejaan melayu disamain ma ejaan indonesia sebagai contoh pemergian(melayu) kepergian(indonesia) skarang oleh malaysia disamakn jdi kata kepergian itu terdengar pda beberapa lagu malaysia dan masih bnyak contok kalimat lainnya,pantas saja skarang kalo dibilang lirik lagu malaysia nyontek indonesia

  79. Y ampun pleace deh…. Kok jd pd rbut
    Sih cuman gara” itu doank, pr musisi ny j,
    Anteng” j tu, lo kok klian ngeributin
    Mereka. Yg prlu klian lakukun itu
    Bgaimana carany untuk bisa menymbung
    Hdp buat besok, g’k nymbung y….
    Wakkkkkkakkkkkkk

  80. saran

    tak ada kata terlambat untuk minta maaf lahir batin kepada semua orang di dunia ini..he2.., mumpung masih syawal..PEACE!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s