Pengaruh Dalam Bermusik

Ari LassoAri Lasso feat Bunga Citra Lestari dengan single Aku dan Dirimu sedang naik daun. Radio radio gencar memutarnya. Sejak pertama kali dengar saya sudah merasa ini nada gak asing buat saya. Kebiasaan saya kalo dengar nada yang tak asing selalu mencari asal nada tersebut. Setelah dengar untuk yang kedua kalinya saya baru sadar ternyata reff lagu itu mirip reff singlenya Aerosmith yang berjudul Crazy.

Berikut lirik Aku dan Dirimu:

Tiba saat nya kita saling bicara
Tentang perasaan yang kian menyiksa
Tentang rindu yg menggebu
Tentang cinta yang tak terungkap

Sudah terlalu lama kita berdua
Tenggelam dalam gelisah yang tak teredam
Memenuhi mimpi mimpi malam kita

Reff:

Duhai cintaku sayangku lepaskanlah
Perasaanmu rindumu sluruh cintamu
Dan kini hanya ada aku dan dirimu

Sesaat di keabadian

Jika sang waktu bisa kita hentikan
Dan sgala mimpi mimpi jadi kenyataan
Meleburkan semua batas
Antara kau dan aku…. kita

back to Reff

Bunga Citra LestariSaya gak tahu siapa pencipta lagu Aku dan Dirimu tapi kemungkinan besar dia sangat terpengaruh lagu Aerosmith yang judulnya Crazy itu. Kemiripan terutama dibagian reff Aku dan Dirimu: “Duhai cintaku sayangku… ” dengan reffnya Crazy: “I go crazy, crazy, baby…”

Berikut lirik Crazy oleh Aerosmith:

Come ‘ere baby

You know you drive me up the wall
The way you make good for all the nasty tricks you pull
Seems like we’re makin’ up more than we’re makin’ love
And it always seems you’ve got something on your mind
Other than me
Girl, you gotta change your crazy ways – you hear me

Say you’re leavin’ on the seven thirty train
And that you’re heading out to Hollywood
Girl, you’ve been givin’ me that line so many times
It kinda gets that feelin’ bad looks good

That kinda lovin’ turns a man to a slave
That kinda lovin’ sends a man right to his grave

I go crazy, crazy, baby, I go crazy
You turn it on – then you’re gone
Yeah you drive me crazy, crazy, crazy for you baby
What can I do, honey
I feel like the color blue

You’re packin’ up your stuff and tryin’ to tell me
That it’s time to go
But I know you ain’t wearin’ nothin’ underneath that
overcoat and that it’s all a show

That kinda lovin’ makes me wanna pull down the shade, yeah
That kinda lovin’ yeah, now I’m never gonna be the same

I go crazy, crazy, baby, I go crazy
You turn it on – then you’re gone
Yeah you drive me crazy, crazy, crazy for you baby
What can I do, honey
I feel like the color blue

I’m losing my mind
Girl, ’cause I’m goin’ crazy

I need your love, honey, yeah
I need your love

I go crazy, crazy, baby, I go crazy
You turn it on – then you’re gone
Yeah you drive me crazy, crazy, crazy for you baby
What can I do, honey
I feel like the color blue

Waktu mendendangkan lagu Aku dan Dirimu ini saya selalu terpeleset ke lagu Crazy, kenapa yah..?? Mungkin karena sudah  mengenal lagu Crazy lebih dulu. Ini sama waktu saya dengar single Andra and the Backbone yang judulnya Sempurna, intro gitarnya mirip lagunya Kansas yang judulnya Dust In The Wind yang dirilis tahun 1977.

Kalo kemiripan intro bisa lebih banyak lagi ditemukan seperti singlenya Dewa19 yang judulnya Larut, intronya mirip Hysterianya Def Leppard. Ngomong soal Dewa19 kita tahu Dhani banyak terpengaruh oleh musiknya Toto, Queen, Led Zeppelin, The Beatles dll.

Sehingga banyak musiknya yang jadi agak bernuansa dan mirip dibeberapa bagian seperti intro single Kosong mirip dengan Jealousy nya Queen. Pangeran Cinta, beat drumnya mirip dengan beat drum Imigrant Song nya Led Zeppelin.

Terpengaruh dan menjadi mirip sih sah sah saja tapi terlalu banyak mirip juga akan mengurangi orisinalitas. Lebih baik mirip diintro seperti lagu lagunya Dewa19 daripada mirip di reff, sebab sebagian besar lagu meletakkan jiwanya pada bagian reff.

Coba deh click satu satu link diatas dan bandingkan kemiripannya…

7 Komentar

Filed under musik

7 responses to “Pengaruh Dalam Bermusik

  1. mahma mahendra

    klo ngomongin orisinalitas 100% sy rasa susah tu. soalnya ya gimana ya… . banyak banget jenis musik yang sudah diciptakan. dengan banyaknya lagu kemungkinan mirip akan sangat besar. hehehe… .

  2. wib, aku masih hidup..lama sekali tak berkunjung kesini. si Bunga lestari itu seksi banget yah. perasaan dulu waktu baru keluar gak se cihuy sekarang deh. keren make up artist nya. tapi ari lasso kok dari dulu gitu2 aja yah..ah gue fisik amat sih mainnya.

  3. @mahma mahendra:
    iya, memang gak ada yang 100% original

    @mulia:
    hei… sibuk yah? ya memang itu resiko jadi artis pasti yang dinilai penampilan mereka dulu. Ari gak seperti Bunga kali yah, kan cowok beda ama cewek, lha kok jadi urusan gender. Tapi sedikit banyak ngaruh sih, cowok mah penampilan nomor dua, cewek lebih perhatian.

  4. “…cowok mah penampilan nomor dua, cewek lebih perhatian.”

    you know why?

    karena kebanyakan lawan jenis cewe (read-cowo) lebih akan menilai penampilan mereka duluan, sedangkan cowo sadar, bagi lawan jenis mereka (read-cewe), penampilan mah bukan yang utama, tapi kemapanan lah.

    jadinya, cowo lebih perhatian sama kemapanan mereka daripada cewe.

    teori penarikan lawan jenis mulia.

    LOL::Jadi gender geneh. maap salah forum. -:D

  5. Nah, sama deh. Saya juga berpikir gitu.
    Ada satu lagi, lagunya Dewa 19 yg judulnya “Angin”. Melodi awalnya mirip “i can’t get no satisfaction”-nya Rolling Stones.

  6. gw, pay, ma ari yg bikin lagu itu bos, gw ma pay bikin lagunya ari bikin liriknya, melody reff nya mang spintas mirip (kalau mo di mirip miripin), he2…..

  7. @Dian:

    Oalah ini toh penciptanya, blogwalking juga.
    Met datang di blog gw deh…
    Well… teruslah berkarya, thats all I can say Boss.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s