Fariz Rustam Munaf

farizTahunnya sekitar pertengahan 80an. Waktu itu musik Indonesia didominasi oleh lagu lagunya Rinto Harahap, Obbie Mesakh dkk. Anehnya saya kurang tertarik dengan lagu lagu mereka.

Fariz Rustam Munaf hadir menjadi sosok idola saya. Fariz sering gonta ganti band. Bersama teman temanya dia pernah membentuk Jakarta Rythm Section, 7 Bintang, dan masih banyak lagi. Tapi yang menjual tetap sosok Fariz ketimbang nama Bandnya.

Berawal dari kesukaan saya pada Fariz saya mulai mengenal Dian Pramana Putra, Deddy Dhukun, Younky Suwarno, Dorie Kalmas dst. Duet Fariz dan Dian di single Iman dan Godaan sungguh tak terlupakan. Bahkan saya lebih dulu suka Fariz dibanding yang lain seperti Chrisye atau Vina Panduwinata.

Jika kebanyakan orang mengenal lagunya Fariz yang fenomenal adalah Sakura atau Barcelona maka untuk saya single yang paling berkesan adalah Jumpa Kedua. Single ini bertanggung jawab menggiring minat saya akan musik ke arah yang lebih baik.

Dalam single itu saya temukan kolaborasi musik etnik kolintang dengan harmonisasi yang sampai sekarang rasanya belum ada yang bisa mencipta kolaborasi yang lebih harmonis dari itu. Skillnya dalam bermusik memberi pengaruh kuat pada musisi yang lain, bahkan pada musisi yang dianggap Dewa Gitar seperti Eet Sjahranie.

Memasuki era 90an nama Fariz mulai tenggelam. Saya kangen sekali dengan karya karya barunya. Diakhir 90an dia tampil dengan keadaan fisik yang kurang sehat membuat saya sedih.

Tadi pagi saya baca dia tertangkap polisi karena kepemilikan 1,5 linting ganja. Duh hancur rasa hatiku melihat idola masa remajaku terperosok kedalam lembah narkoba jahanam.

Doaku, semua ini telah terjadi semoga mas Fariz kuat dan menjadikan ini sebagai langkah awal untuk berubah dan suatu hari nanti bisa Jumpa Kedua dengan Kurnia dan Pesona yang pernah mampir dimasa yang lalu.

31 Komentar

Filed under curhat, musik, tokoh

31 responses to “Fariz Rustam Munaf

  1. tuyul_k3c1l

    numpang yah mas….
    the 1st nih..
    yah itulah salah satu fenomena yang ada pada para artis kita.
    mereka telah lebih senang menghabiskan uangnya dengan konkow di bar, diskotik dll, yang notebene dekat dengan narkoba.
    sehingga menyebabkan mereka banyak yang salah jalan.
    yah kita doa’in aja semoga mereka segera tobat dan berubah setelah ditegur oleh yang diatas.
    amiiin

  2. idolamu menunjukkan dari generasi mana kau datang mas ahiehiahiea….

    dulu waktu muda saya ngefans karena fariz ganteng sekali😀

  3. @tuyul_k3c1l, amien (gak pake rais) juga mas

    @nananias, hehe… kalo sudah tahu mbok jangan dikomentari begitu, nanti orang malah pada tahu..🙂 yo wis lah ra popo, aku bangga kok. Fariz memang ganteng dua kali.

  4. Fariz juga salah satu musisi favorit saya karena musik-musiknya sangat berkualitas…

    yah…. mudah-mudahan kasus itu bisa menyadarkan dirinya dan kebanyakan orang akan bahaya narkoba…

  5. 😦 ada hubungannya sama badannya yang kurus kering ituh ndak ya

  6. eh anaknya kan kembar yah..lucu. kasihan sekali. narkoba itu dosa gak sih. kalo sedikit? kalo dosa kenapa banyak yang pake ya?mm..

  7. bumisegoro

    akur, aku juga lagu-lagu fariz RM, terutama Barcelona (mengingatkan pada kampung halaman, hehehe). waktu itu sering muncul di tabloid favorit: Monitor!

  8. @fertobhades, amien

    @-tikabanget-, mestinya sih begitu.

    @mulia, karena narkorba nyandu ya sedikit banyak tetep dosa, kok nanyanya gitu? Mulai mau nyoba apa gimana?

    kalo dosa kenapa banyak yang pake ya?mm..

    Ini pertanyaan orang baik. Orang baik yang menganggap semua orang takut dosa, padahal gak semua takut dosa, bahkan ada yang gak kenal dosa itu apa. Mari kita perkenalkan dengan contoh Fariz diatas… peace Mulia, jangan lupa puter jam satu jam lebih lambat yah!

    @bumisegoro, emang bisa dengerin lagu dari tabloid? hihihi bukannya tabloid itu buat dibaca.. gak gak becanda, saya ngerti maksudnya😉

  9. aku pengen nyoba, gak muna lah, penasaran. tapi takut dosa.
    ada lagu spanyol yang, mengingat banyaknya artis ngeganja, musti dinyanyikan artis indo juga kayaknya. liriknya gini:

    “legal legalization canabis, legalita i barato…legal legalization canabis basta de prohibition”
    artinya:..”legal legalkanlah ganja, karena jaminan mutu. legal legalkanlah ganja hentikan pelarangannya”

    hahaha… ini lagu ngetop banget di eropa jaman kita sma! cocok kan..

  10. waktu jaman tahun 80-an dulu, aku kagum banget sama FRM. apalagi waktu dia duet bareng nenok warisman. lagunya bagus, video klipnya keren. waktu itu nenok belum memakai jilbab. lagian, FRM waktu itu pipinya nggak kempot. dia keren kok dulu…

    sekarang FRM sudah beda. pipinya kempot. sempat juga sih bertanya-2 dalam hati: lho, kenapa dia hilang dari blantika musik indonesia? kemana perginya dia?

    waktu liat di tipi kalo tampangnya kurus kering, aku menduga kalo pamannya Sherina ini pasti ngeboat. bener juga. akhirnya dia diberangus sama polisi.

    moga-2 dia sadar…

  11. @mulia,

    hahaha… ini lagu ngetop banget di eropa jaman kita sma! cocok kan..

    Kita? emang SMA tahun berapa? kita gak sejaman Mul. Mul, bukannya mau sok nasihati tapi sekali coba gak bisa balik lagi loh, sama dengan sex.

    @jalansutera, lagu yang duet sama Neno Warisman itu judulnya Nada Kasih, video klip yang paling keren menurut gw itu Barcelona, disitu pertama kali gw lihat Karina Suwandi yang cakepnya selangit waktu itu. Sekarang mah Karina dah tante-tante.. 🙂

    …aku menduga kalo pamannya Sherina ini pasti…

    hihihi, gaya bahasa wartawan banget nih…

    moga-2 dia sadar…

    Amien….

  12. weks, mas wib, nasehatmu ampuh..aku langsung gak kepengen. sama kaya gak kepengen sex sebelum menikah. nauzubillah..heheh, makasih ya. btw, kamu diatasku atau dibawahku berapa tahun siy? tidak terlihat dari about nya. dari foto kaya sepantaran.

  13. @mulia, aku selalu salah ketik “mulia” jadi “mulai”

    btw, kamu diatasku atau dibawahku

    Aku berada didalammu.. hahahahaha
    penting banget yah itu? gak penting juga kan.

    dari foto kaya sepantaran.

    justru ini yang paling penting.. xixixi

  14. ah kamu sok penting wib..masa cuma mau jawab yang penting2 ajah. kalo aku gitu ya nggak ngeblog2 dunk. kan isi blog banyak yang gak penting.
    hahaha..
    peace wib..
    ##kaburr lagi ah##
    ps: berhubung gak jelas, mana yang lebih tua, aku panggil Wib saja, nggak usah pake mas. OK?

  15. @mulia, hihihi.. hmm.. gimana kalo kamu panggil aku dik wibi ajah… halah… yo monggo mau panggil apa aja yang penting klik

  16. ting tong

    kalau ada yang punya mp3 nya hasrat dan cinta, bagi2 dong

  17. vici

    Fariz RM musisi yg genius dan brilian, dia berani mendobrak arus musik 80an yg didominasi pop cengeng ala Obbie Messakh. kalo dengerin kasetnya, seakan ga percaya kalo lagu2 itu diciptakan, di arrange, dan dimainkan tahun 80an.
    Fariz RM emang cakep kok dulu, kt tante n mama gw. dan udah jadi rahasia umum kalo Fariz “make”.. gw denger dia dah tobat, tapi ternyata lingkungan pergaulannya masih ngebawa dia tuk nge-ganja…
    sayang sekali… padahal gw masih nunggu karya-karya Fariz..
    gw paling suka track Iman dan Godaan (duet mantap ama Dian PP), Barcelona (ternyata Eet yg ngisi suara gitarnya), sama Penari…

  18. The best Indonesia musician ever, ever! Gw masih tergila-gila sama Diantara Kata, Sandra Ameido, Sundown at Midnight, n Antartica (A Serenade of Hope). Wish him best….

  19. Album ‘Panggung Perak’ adalah salah satu album terbaik, yang pernah dikeluarkan musisi Indonesia manapun!
    Oh ya, lagu ‘Kurnia dan Pesona’ juga tak pernah berhenti berputar di playlist IPod-ku.
    Terimakasih Mas Fariz untuk nada-nada indahmu. Cepat bebas dan berkarya kembali!

  20. panji2008

    Saya kasihan berat sama mas Fariz RM.
    Apa lagu sakura dan Barcelona karyanya yang top itu juga ditimbulkan imajinasinya karena efek ganja itu ya.?
    Ayo mas Fariz buat lagu lagi yang lebih bagus lagi dari sakura/barcelona ,tanpa ganja.
    Tunjukkan kalau anda sudah tobat namun masih mampu berkarya.
    Saya dan berjuta penggemarmu masih setia menunggu karyamu.

  21. Energypsy

    Apapun yg dia kerjakan di kegelapan sana this guy is fukkin freak in music, no doubt! One of my idols!

  22. Tony

    Fariz Rustam Munaf,

    Concerning Babsie, why didn’t you all
    take real care all the past years. You all should be ashamed.

    Tony Montana

  23. praspras

    bagi saya seorang seniman diapresiasi atas dasar karya2nya, bukan dari perbuatanya.. karena dia seniman bukan ulama… so fariz still one the best indonesian musician…ever, along with jockie surjoprajogo, eros djarot, guruh sp, chrisye and dian pp

  24. Faiz

    Fariz RM, di awal tahun 1980 (akhir1979) pernah nggegerin Indonesia, ketika meluncurkan album ke-2nya: SAKURA, bagaimana tidak,remaja yg belum genap 20 tahun bikin terobosan hebat dlm bermusik, dia mencipta,mengaransir,memainkan seluruh instrumen musik (Bass, Gitar, Drum, Perkusi,Syntheziser, Piano dll) di studio seorang diri tanpa bantuan orang lain, dan jgn dikira album yg dihasilkan biasa saja, album tsb sungguh istimewa, complicated dan melompat jauh dari jamannya, pd saat itu ia dijuluki “anak ajaib”, “multiinstrumentalis Indonesia” dan seabreg puja n puji

  25. Dr. Ramadhanil Pitopang

    Saya punya seluruh album musiknya Fariz Rustam Munaf, mulai dari Panggung Perak, Musik rasta, Trapesium, Duet bersama Neno Warisman, dan lain-lain.
    Beliau berhak mendapatkan penghargaan sebagai pembaharu musik Indonesia menggusur lagu-lagu “3 jurus/ lagu cengengnya” di era 80-an.
    Fariz sangat piawai dan cerdas memainkan seluruh alat musik dengan warna baru yang sedapppppppppp…… dinikmati, tentunya oleh orang yang selera musiknya tinggi juga toh..
    Wassalam.
    Dr. R. Pitopang
    Dulu Pemusik tahun 80-an sekarang Dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Sulawesi.

  26. archy

    fariz musisi yg bikin nilai fisika saya 3…

    inget waktu itu lagi ujian.. dan berbarengan fariz dateng ke bandung buat jumpa fans & promo bareng band superdigi. gw& temen nekat pergi nonton jumpa fans nya.. dan akhirnya telat dateng ke sekolah buat ujian.. he.he.he..

    yup.. saya juga punya koleksi lengkap kasetnya.. walau sekarang sebagian albumnya sobek sama anak saya.. well belum ngerti dia…
    mulai album pertamanya selangkah ke seberang, sakura dsb.. sampe album dia duet sama syahranie.. sayang album limited edition dia curze.. apa gitu lupa.. thn 2007 enggak sempet dapet..

    tapi jumat besok ( 25 juli 08) gw mo nonton konsernya di rollingstone mag. see ya there…. guys..

  27. saya fans beratnya mas faiz, ya..memang mas faiz disamping guanteng juga smart..dulu aku sampe terbawa mimpi kalau aku menjadi kekasihnya he..he..he.., sekarang hatiku berduka kala dia dalam cobaan..semoga tabah ya mas faiz.

  28. saya fans beratnya mas faiz, ya..memang mas faiz disamping guanteng juga smart..aku suka sekali lagu-lagunya syair dan nadanya selalu berkesan terutama lagu yang sempat aku dengar terakhir ” Persimpangan Cinta ” aku juga kangen banget tuk denger kembali suaranya mas faiz, dulu aku sampe terbawa mimpi kalau aku menjadi kekasihnya he..he..he.., sekarang hatiku berduka saat mas faiz dalam cobaan..semoga tabah ya mas faiz..

  29. Handaru

    Ada yang punya video klipnya “New Sakura” ga? bagi dong…. Klw ga salah waktu itu sy lihat diacara TOP POP produksi TVRI, Fariz RM lg keren2nya tuh

  30. giantStep

    kapan Fariz release album lagi ya ?… dimana ya bisa nemuin album2 Fariz yang lama2 … udah muter2 toko kaset .. hampir sama sekali gak bisa ditemukan lagu2 lamanya Fariz (versi original) … seperti sakura, sandra ameido, interlokal, selangkah ke seberang .. andai ada yang bersedia membuat kompilasi lagu2 tersebut ? .. by the way, buku tulisan Fariz sudah keluar .. judulnya “Living in Harmony” … tulisannya terlalu tajam ya, apa gak takut dimusuhi orang … tapi harga suatu kejujuran berkarya memang mahal … Maju Terus Fariz Rustam Moenaf …

Tinggalkan Balasan

