Silat Lidah ANTV

Apa yang diingat dari sebuah stasiun TV? kalo orang bilang MetroTV maka saya ingat Eva Julianti, Meuthia, Najwa, Gadiza, Vivi dst…

Kalo orang bilang TPI saya ingat Sandra Dewi, kalo RCTI ingat serial OB, Indosiar ingat Mamamia, Trans TV ingat Astrid Sudarwanto, Jak TV ingat Dugem, SCTV ingat PPT, O’Channel ingat Work Hard Play Hard, Trans 7 ingat Empat Mata Tukul, kalau ANTV? gak ada yang bisa saya ingat.

Belakangan ini ANTV sering tayangin iklan acaranya sendiri yang keliatannya seru banget. Pas lagi browsing TV (pindah pindah channel TV buat cari acara yang bagus) saya nemu acara itu. Judulnya Silat Lidah.

Banner Silat Lidah

Ini acara riuh, heboh tapi gak jelas arahnya. Mau serius kok banyak yang main main, mau becanda kok pada serius pake berantem segala.

Kemarin malam saya nonton Silat Lidah untuk yang kesekian kalinya. Tahulah saya bahwa ini acara memang tidak serius tapi dikemas dengan format yang sok serius. Pake 6 panelis segala rupa dan dipandu oleh seorang host yang cablak bernama Irwan Ardian. Nih host mengingatkan saya pada Dede Yusuf yang juga pernah jadi host yang cablak disebuah acara TV lawas.

Tiap tiap episode mengusung tema tersendiri seperti “Wanita = tong kosong”, “Pacaran sama cowok metrosexual”, “Kencan pertama”, “Selingkuh dgn saudara tiri” dsb. Host nanti akan melempar topik ke para panelis yang terdiri dari 6 wanita (kenapa harus wanita semua?).

Panelis Silat Lidah

Biasanya yang jadi panelis orangnya itu itu juga diantaranya Melissa Karim, Ria Irawan, Julia Perez, Ratna Sarumpaet. Tapi kadang juga suka ada Putri Patricia, Djenar Maesa Ayu, Aline, Dominique, Sandrina Malakiano, Fira Basuki dan Lula Kamal. Mungkin ada panelis tetap dan ada panelis tamu, saya gak ngerti. Tapi yang jelas mereka semua sama saja.

Begitu topik dilempar seorang panelis diminta menanggapi tapi belum tuntas ditanggapi panelis yang lain sudah nyeletuk menanggapi tanggapan panelis yang sedang menanggapi. Merasa diserang panelis saling beradu argumen gak karuan dan konyol.

Dari sini bisa keliatan bahwa ternyata Ria Irawan itu blo’on. Tapi Ria jujur, cuek dan gak takut keliatan blo’on. Sering kali Ria tidak menjawab substansi pertanyaan dan mengalihkan dengan guyon dan sindiran.

Melisa Karim selalu berusaha tampil cerdas. Walaupun tidak semua jawabanya cerdas. Tapi yang masih bagus dari Melisa adalah karena dia cantik. Sering saya tidak simak jawabannya karena nyimak orangnya.

Sandrina, Fira dan Djenar selalu menjawab sebaik baiknya dan memang keliatanya mereka punya wawasan yang luas sehingga punya kemampuan menjawab walaupun keliatan menjawab dengan hati hati.

Aline, Dom dan Putri sering kehabisan jawaban. Kalo Aline datar banget bilang; sama dengan jawaban si anu atau setuju dengan si anu tapi kalo Putri suka belagu sok marah marah ke host dan bertingkah macam macam. Dom cuma enak dilihat.

Ratna Sarumpaet selalu didengar, selalu punya jawaban walaupun misalnya dia dapat giliran menjawab terakhir. Jawabanya serius dan tendensius. Selalu punya dasar argumentasi jadi susah di serang, maklum senior. Ria sering senang kalau dipuji sama Ratna (padahal gombal ajah).

Julia Perez (Jupe) sama dengan Ria yang gak pintar tapi maunya tampil cerdas walhasil jadi sok pinter, sok modern dan sok ngartis. Saya sering pindahin channel kalo dia lagi jawab. Tapi Ria masih mending karena jujur dan pintar ngebanyol, kalau dilihat dari sisi ini sebenernya Ria bukan blo’on tapi karena kurang wawasan ajah jadi gak bisa jawab.

Jupe sering jadi bahan olok olok Ria dan Melisa karena sok intelek. Tiap kali Jupe pakai bahasa yang sok bule itu Ria langsung bilang bahasa Bojong Kenyot dan yang lain langsung gerrr… si Jupe mah cuek bebek muka badak.

Lula Kamal adalah yang paling top diantara semuanya, berani adu argumentasi dengan Ratna dan jawabannya cerdas, sering kali membuat Ratna keliatan blo’on seperti Ria atau Jupe saja.

Irwan ArdianHost Irwan Ardian sering kesal dengan kelakuan panelis yang chaos tapi keliatannya dia memang menginginkan hal itu terjadi walaupun tidak jarang dia keliatan bener bener BT.

Kesimpulannya ini acara gak ada isinya. Saya sering kasihan dengan penonton TV yang kirim surat untuk diberi masukan. Mereka tentu mengharap masukan yang benar benar positif yang bisa memberi solusi problem yang sedang mereka hadapi.

Tapi jawabannya gak pernah ada yang bagus karena cuma obyek canda dan kekonyolan panelis, selalu kacau balau dan bahkan sering menjerumuskan. Sang host sering ikutan menyimpulkan hasil diskusi yang tidak jelas. Salah satu contohnya seorang pengirim surat minta saran untuk bisa lekas punya anak. Kemudian Irwan dengan enteng bilang mbak kalo gak berhasil dengan suami mbak bisa coba dengan saya…

Kalau becanda dilingkungan mereka sih masih bisa dinikmati tapi kalo sudah melibatkan masyarakat luas maka bisa jadi berbahaya karena bisa jadi ada yang tersinggung. Mungkin karena alasan inilah konon MUI menganggap acara ini tidak pantas.

Tapi yang lucu ada sebuah komunitas Pencak Silat merasa keberatan dengan penggunaan judul acara Silat Lidah. Mungkin karena ada unsur kata Silat padahal kata Silat disitu sama sekali tidak merujuk ke Pencak Silat.

Katanya lebih tepat pake nama Debat Kusir, hmm… ntar kalo para kusir delman pada protes gimana? wah bakal runyam nih, acara OB di RCTI bakal diprotes oleh Ikatan Office Boy Indonesia, trus Mamamia di Indosiar bakal di protes sama Paguyuban Orang Italia di Italia.. hehehe

serius ah…

Sayang sih sebenarnya kalau dihentikan karena seru berantemnya. Pesan saya kalo nonton acara ini gak usah ambil hati nasihatnya atau isinya, nikmati saja kekacauan diskusi mereka. Kalau nonton tokoh berdebat di Today’s Dialog bikin pusing tapi kalo liat mereka berantem di Silat Lidah bikin kita nyengir.

50 Komentar

Filed under televisi

50 responses to “Silat Lidah ANTV

  1. Kalo TPI, yang saya ingat justru sinetron si “Entong” mas, gimana ga inget. Pagi, Siang & Malam diputer berulang-ulang. Sebaiknya ganti saja nama TPI menjadi Televesi Per-Entong-an Indonesia.

    Maaph komennya OOT, selebihnya setuju ama opini mas ttg Si-Lid😀
    Btw, minggu ini kok ga tayang ya ?😦

  2. acaranya yang membingungkan buat saya,
    mau ketawa ndak bisa
    mau serius ndak bisa
    mau ngimana, terpaksa ganti channel

  3. @Jiewa, heheh iya si Entong, sering dengar ponakanku bilang begitu tapi aku gak pernah nonton.

    @aRul, ganti ajah, banyak yang lebih bagus..

  4. telkomsel_veronica

    Harusnya Judulunya ganti Bukan Silat Lidah tapi “Ngelantur Show”… sesuai dengan isinya

  5. zulist

    klo di Trans TV sy ingatnya sama Riani Djangkaru … yg sukanya di pucuk gunung, dasar laut, hutan rimba …tapi tetep saja wajahnya cuanteeekk

  6. Ade

    1. “Kalo orang bilang TPI saya ingat Sandra Dewi”.
    (TPI, saya ingat si Entong)

    2. “kalo RCTI ingat serial OB”
    (RCTI, saya ingat Sinetron-sinetronnya, termasuk Soleha)

    3. “Trans TV ingat Astrid Sudarwanto”
    (Trans TV, saya ingat si “Mak Nyus”), Kalo Astrid, hampir di semua TV dia juga suka ada mas.

    4. “Jak TV ingat Dugem
    ( bukannya kalo dugem jagoannya si O’channel ya?)

    5. ” O’Channel ingat Work Hard Play Hard”
    ( acara O’channel yang paling sering dilihat sama orang itu Rekomendasi, dan Lika-Liku Jakarta) kalo belum pernah liat, coba deh ditengok.

    6. “MetroTV maka saya ingat Eva Julianti, Meuthia, Najwa, Gadiza, Vivi dst…”
    ( Metro TV, saya yakin yang paling diingat adalah program Padamu Negeri)

    7. “ANTV, yang saya ingat program olah raganya lah”

  7. bener, acara kurang kerjaan, ngapain sih mas di ulas sampe segininya. makin seneng deh produsernya.

    btw, silat lidah itu, kalo aku translate ke english, temen2 bule ku pada ngeres gitu..kirain bahasa indonesianya french kiss…whoahahahaha.

    hush, astagfirullah aladziim

  8. @zulist,
    emang masih ada Riani, udah lama saya tunggu gak nongol lagi, sekarag digantiin banayk host jejak petualang yang lebih junior

    @Ade,

    3. “Trans TV ingat Astrid Sudarwanto”
    (Trans TV, saya ingat si “Mak Nyus”), Kalo Astrid, hampir di semua TV dia juga suka ada mas.

    Tapi yang saya ingat cuma di Trans ajah yang dia bagi bagi TV. Di TV lain jarang nemu, gak hafal jadwalnya soalnya

    @mulia,
    Udah gak nongol tuh acara, kayaknya protes protes efektif, jadi gak ditayangin lagi deh, atau karena Blog? hehe GR dah

  9. ratna

    menurutku ini sebuah fenomena. mungkn saja Anteve pengen bilang bahwa cara berfikir masa kini itu adalah seperti ke 6 cew itu. dan standart wanita modern adalah sexy dan berwawasan terbuka serta memandang suatu hal hanya dengan rasio tidak lagi sentimentil dan emosional seperti wanita indonesia. semua mua pake perasaan truz nangis….

  10. boy

    Kalo aq suka liat paha nya aja heeee… heee
    hot gitu lo…

  11. bungaindah

    Budayawan Muda, Lucu yaaa, kalau pencak silat pada protes, hal ini wajar mas Budayawan Muda, krn Kata silat Lidah, semestinya tidak digunakan untuk acara yang tidak PAS””

  12. @ratna,

    dan standart wanita modern adalah sexy dan berwawasan terbuka serta memandang suatu hal hanya dengan rasio tidak lagi sentimentil dan emosional seperti wanita indonesia.

    oh gitu ya mbak, tapi sayang rasio yang bagus itu tidak benar benar dipakai untuk mengisi acara ini.

    Menurut pengakuan Fira Basuki petunjuk dari pengarah acaranya adalah njawab tapi tidak boleh mikir… nah loh…

    @boy, hehehe boleh boleh ajah…

    @bungaindah, namaku Wibi mbak. Jadi menurut mbak bungaindah acara itu baiknya dinamakan apa?

  13. Menyia-nyiakan frekuensi publik saja.

  14. Djoelian A. K

    Kalo gue sih seneng liat Ria Irawan yang judes itu, makin cantik N’ seksi ja,tp menggairahkan …jgn sampe absen ya ria……

  15. sama, aku juga lebih suka liat paha melissa karim yang selalu terbuka. roknya selalu di atas lutut. Aku berharap, kameramennya yang jeli, bisa nyorot celdamnya…

  16. peoplewithoutfuture

    g usa bingung, ni acara emang dibikin kaya gitu gak jelasss!!!!! tapi buktinya kakak perempuan saya dan pacar saya suka banget (aneh ya????)

    mungkin menurut konseptornya wanita2 yang ada di silat lidah tu mewakili sifat2 wanita pada umumnya.

    dan kenapa cenderung disukai perempuan2 (soalny yang banyak kirim surat perempuan), mungkin mirip dengan kehidupan mereka sehari hari para wanita yang suka ngerumpi.hehehehe… .

    piss buat perempuan2 indonesia

  17. kalo gw sich suka banget ama jupe yang kalo menjawab pertanyaan atau menganalisa sebuah masalah suka ga jelas malah memamerkan tubuhnya yang seksi doang, eh salah tapi malah sok seksi kali yeeee……………!!!!!!

  18. ria irawan komentar mu asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiik banget lho !!!!!!!!!!

  19. acara yang membuat perempuan terlihat bodoh. aku kira sih begitu^^

  20. biara

    acara yang kurang menarik karena bayak pembicaraan yang tidak berdasar hanya argumen saja yang bahkanhj menyesatkan.

  21. meskipun acaranya ga asik (dan saya selalu pindah chanel kalo lagi tayang), itu masih lebih mending daripada SINETRON2 yang bener2 gak mutu dan gak kreatif itu…. atau sinetron udah gak layak dibahas lagi..? :p

  22. tarno

    si tolol ratna sarumpaet jadi ketauan goblog,tolol dan kebodohanya.

  23. nIla

    Silat lidah?…gue mah asyik2 aja,fenomenal bo…
    -katanye cwo ga suka tp ko banyk bangt yg koment
    -yg ga suka liat,org yang sembunyi dr kekurangannya alias jaim
    -ocehan fanelis”membumi”,ga ada susah ….nyantai bo.
    -cukup menghibur…emang bukan acar serius kan.
    -coba diundang yang asli gila…exp:indiB. atw yang sekalian serius&cerdas exp:siapa yaa..ada g ya artis yang cerdas? hehehe

  24. Gamma

    Pagi ……

    Saya sangat seneng ngikutin silat lidah, tahu … gak ??? tak kasih tahu ya…. saking pinginnya ngeliat, kalau pagi-pagi saya dah telp bosss dulu kira-kira datang jam berapa heeee jadi bisa nont di ruang boss, abisnya sekarang jam tayang j. 09.00 jadi rada repot, waktu j. 08.30 masih enak, nah kalau malam yang j 22.00 seringnya gamma dah tidur.

    btw, boleh tahu gak baju yang dipakai Ria Irawan tadi pagi bagus banget beli dimana?? mahal gak ??
    Salam,
    Gamma

  25. @Gamma: hai🙂 wah mana saya tau mbak beli dimana bajunya ria, ngefans banget yah? selamat deh, semoga boss suka dateng telat yah, jadi bisa nonton terus.

  26. PeGGe'

    Mange podo ndak seneng yo karo acara ni? Kok aku sneng yo? Aku bingung…..!!!

  27. zee

    silat lidah tayangan yang tidak ada sisi positifnya sama sekali, mendorong orang utk menghalalkan debat yang gak ada baiknya bagi pihak terkait. klien minta bantuan mencari solusi bukannya dibantu malah menambah permasalahan menjadi tidak jelas gara2 jawaban dari panelis yang mementingkan egonya sendiri. jadi lebih baik tayangan silat lidah “diblokir” saja

  28. anto gaper

    silat lidah acaranya tak berbobot terkadang nyleneh asal nyeplos apa lagi tuh si cowoknya serius banget, ogah ahhhhh……

  29. indra

    guwe ga setuju ma kalian semua.justru menurut guwe acara ini keren banget meskipun acara ini sering ngeluarin nbayolan ga jelas tapi kalo kalian bener-bener merhatiin ada isinya yang bisa diambil kecuali kalo kalian smua emang bego n lebih suka nonton sinetron ga jelas ma FTV ga penting.

  30. MirAClee

    aq suka nonton silat lidah coz membahas semua masalah yang bikin aqtambah seneng ada ria irawan yang suka nyeloteh spontan luchu pula
    sukses tuk silat lidah

  31. cymut_cablak

    iyah acara kurang kerjaan, mendingan ngepel rumahku…wkwkwkw….panelisnya cuma MC (modal cangkem) doang….hehehe….tapi asyik kok…menyegarkan terutama si JUPE n meLLisa karim…

  32. trixie#05

    gw suka silat lidah,, kocak2…
    acara gini seru,, ga da skenario or yg dibuat2,, yg goblok ya goblok tp pe de,, thats why mrk jd celebrities…lagian ga spenuhnya ni acara kosong… berisi jg menurut gw…wkwkwkwkw…

  33. trixie#05

    ni acara keren lha menurut gw!
    lucu…konyol…fresh…

  34. endah

    Acara yang tidak penting..
    Tidak bermakna dan tidak berisi..
    Mungkin stasiun TV yang menayangkan cuma ingin nyari kekosongan jam aja…
    Sangat disayangkan, karena terlihat menjatuhkan “isi otak” wanita…
    Saya pernah lihat beberapa kali dan bener-bener gak ada isinya.. Yang saya nikmatin cuma lucu aja ngeliat beberapa orang yang gak pinter tapi sok pinter… Kasiannya mereka mau aja ditampilin seperti itu..

  35. @endah:

    Hei Endah, ada perkembangan baru tuh.
    Silat Lidah sekarang panelisnya bukan cewek lagi tapi cowok diantaranya Joko Anwar, Iwet Ramadhan, Marcelino, Ivan Gunawan, Ronald Suryapraja dan Iwan Sastro. Tapi konsepnya gak berubah sama seperti yang dulu.

    @trixie#05:

    Sekarang hostnya si Irwan Adrian itu galak loh! pakai peluit seperti wasit sepak bola lengkap dengan kartu kuning dan kartu merah, pakai panelis diberi kartu merah maka tidak boleh bicara. Ivan Gunawan pernah dapet kartu merah sekali. Rupanya kegilaan panelis sudah bikin Irwan mpet juga kali yah…

  36. andri

    acara apaan,gak cewek ato cowok banyak omong tapi gak berguna bagi masyarakat bener cymut_cablak modal cangkem doang

    saya sering liat kalo yang lain pada iklan semua, tapi liat yang dibawah meja kan yamg cewek pake rok (LUMAYAN KALO2 BUKA DIKIT)

  37. aStarI

    hm..gw suka acara silat sidah..meskipun komentar2 para panelisnya kadang suka “enggak Penting”, tapi kan menurut gw acara ini tujuannya bwt lucu2an aja ga bwt serius..jadi ya gw sih menikmati acara ini bwt menghilangkan kelelahan…

    bwt yg tersinggung atas penggunaan kata “silat”…duh, pliss deh ga penting bgt..grow up kid.. menurut gw kata “silat” itu kan bhs indonesia umum yang boleh digunakan oleh smua masyarakat indonesia satu nusa satu bangsa bhkan orang luar yang blajar bhs indonesia…yang mana kata “silat” itu sendiri artinya ga melulu sesuatu yang diawali dengan “pencak”..hm..itu orang mungkin ngerasa pny hakcipta bwt kata “silat” kali ya…caps de…

  38. ani

    aq gemeeeeezzzzzzz banget ngeliat muka IRWAN,pengen nyium n bobok bareng…..aq mau lho jd temen boboknya IRWAN……..

  39. ani

    aq suka banget sm IRWAN,gemeeeeezzzzzzzzzzzz pengen nyium n dibobok in.mau dong jadi temen boboknya……………….

  40. lala

    gw suka banget tuh silat lidah, acaranya rada2 gokil. apalagi dengerin ibu2 yang adu pendapat .
    gw sering ketawa dengerin ria irawan ngomong, kadang komentarnya suka gak nyambung. tapi yaaa…. cukup menghibur lah. paling nggak untuk mengisi waktu santai gw, gw terhibur banget…

  41. ivan

    Acara yang melecehkan kaum perempuan. Mestinya LSM perempuan protes acara ini!

  42. Ages

    Q rasa acara silat lidah tuh lmyan menarik, tapi rada2 ‘enggak mutu’ (sori banget buat penggemar silat lidah). soalnya topiknya basi, bkn yng lg in-in nya, truz jawabannya pada ngaco (mksdq ga memuaskan). gitu aja.. thx buat yg bca

  43. Program Silat Lidah yang di adakan di ANTV menurut saya sangat membosankan kalau yang di undang hanya selebritis terus menerus tapi kalau boleh saya sarankan Acara silat lidah itu yang di undang misalnya para Pengamat politik lainnya

  44. lea

    OM IRWAN GANTENG DECH………..BTW MIRIP MA GURU Q LOooooooo………………..ACARANYA BAGUS KOK………TERUSIN YA……..

  45. saya usul nih , gimana kalau acara silat lidah menghadirkan tokoh/korban nya dalam topik yg akan di bicarakan/tanyangkan , pasti akan lebih seru , pa lagi ama ketemu jupe tambah riuh

  46. menurutku…

    sekali lagi, menurutku: acara ini lumayan lucu kok. gampang dicerna dan gak ribet… asal jangan panelisnya Lia Waode… wah gak banget deh.

    kehadiran Jupe disana? ya kalo aku bilang, emang diposisikan (oleh produser dan mungkin oleh dirinya sendiri) sebagai si cantik nan dungu! sama kayak ria irawan yg sering mengeluarkan komentar yg ‘asal’. tp lately, ria irawan juga sering ngeluarin komentar yang ‘nggenah/serius’ dan terlihat kalo aslinya ni wanita ga bloon2 bgt.

    cuman karena ya..itu.. tiap orang disana nampaknya emang sudah diplot untuk posisinya sendiri2 dan saling melengkapi: ada yg serius/smart- ada yg ngebanyol- ada yg tolol.

    melisa karim menurutku smart wlo kadang bahasa inggrisnya agak maksa.

    paling suka sama djenar deh. dan fenny rose juga…

    paling suebel 1/2 mati kalo panelisnya bintang2 ABG seangkatan ayudia bing slamet- yang berusia dibawah 20 tahun. duh, sungguh kekacauan yg tidak menghibur. (klo ria irawan kan masih lmyn menghibur)

    sekedar opini saja…

  47. Silat Lidah..jujur aq seneng liat Ria Irawan..ngegemesin sih jawabannya..
    Tp..kadang aq juga agak senewon liat silat lidah…krn bukan buat masalah jadi selesai malah bikin rumit masalah.
    Tp..walau begitu…sukses ya..buat silat lidah..mungkin dari jwban2 yg sprt itu yg disukai para penonton….hehehe..mungkin kallee…
    ya..walaupun demikian aq tetap nonton silat lidah.. krn bahan ujian q utk UAS jg mengenai silat lidah tp dibuat menjadi versi english gitu…

  48. Silat lidah itu acara pelecehan martabat wanita.Kenapa yang ditampilkan bukan wanita yang hebat, pandai berdebat dengan argumentasi yang “mentes”(bernas=beras berisi)? Eee……yang muncul malah wanita blo’on kagak tahu masalah.Acara yang payah, kata anak saya yang SMP (anak saya lagi senang belajar berorganisasi shg merasa geli melihat kepongahan panelis dan host-nya.

  49. Edy

    Silat lidah acara yg tidak bermutu dan bikin kita
    sakit kepala liat cerewetnya perempuan ….lebih pindah chanel aja deh, drpd ntar puyeng 7 keliling…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s