Malariologist

Nyamuk malaria Saya pernah didamprat orang karena salah menyebut istilah kedokteran. Istilah ini kelihatanya sederhana saja tapi bisa salah kalau dikombinasikan dengan profesi kedokteran.

Istilah tersebut adalah malariologist. Asal katanya adalah malariology yang artinya ilmu tentang penyakit malaria. Sedangkan orang yang menguasai ilmu itu dinamakan malariologist. Sesederhana itu sebenarya. Persis seperti kata biology yang artinya ilmu biologi sedangkan orang yang ahli dalam bidang biologi disebut biologist.

Biologist=ahli biologi, malariologist=ahli malaria. Masalah baru timbul setelah ketika malariologist dipegang oleh seorang dokter dan memang ilmu tentang penyakit malaria seyogyanya dikuasi oleh para dokter. Tapi kalau seorang dokter yang juga malariologist bisakah kita sebut sebagai dokter ahli malaria? hmm… tenyata tidak. Sebab dalam ilmu kedokteran ternyata tidak ada spesialisasi ahli malaria, yang ada ahli jantung, ahli penyakit dalam, dll…

Apakah ada malariologist yang dikuasai oleh bukan dokter? Kalau dokter yang malariologist bagaimana menyebutnya? disebut dokter malariologist? wah salah salah nanti saya didamprat lagi…
Lebih baik nanti lewat email tanya sama Den Sepuh sajalah biar lebih afdol.

2 Komentar

Filed under curhat

2 responses to “Malariologist

  1. he?masa bilang dokter ahli malaria aja di damprat?
    galak amat tuh dokter. eh tapi dia dokter atau bukan?
    kalo bukan dokter bisa jadi malariologist?
    di kampusku aja jurusan medical biology, tapi kayaknya lulusannya bukan jadi dokter.., mungkin bisa jadi malariologist itu ya..

  2. hihihi.. di “damprat” itu bahasa saya yang agak berlebihan kali ya.

    Soalnya kejadian didalam sebuah diskusi yang agak emosional, tapi biarlah saya gak papa juga kok, secara dia itu ibu ibu gitu.

    di kampusku aja jurusan medical biology, tapi kayaknya lulusannya bukan jadi dokter.., mungkin bisa jadi malariologist itu ya..

    Berarti memang bisa seorang malariologist tapi bukan dokter.. hmm

    *manggut manggut sambil pegang janggut.. eh dagu maksudnya*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s